√ Pengertian Sponsorship : Tujuan, Manfaat, Jenis | dosenpintar

Pengertian Sponsorship – Halo sobat semua, Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai kali ini Dosenpintar.co.id mau menjelaskan sebuah artikel mengenai pengertian sponsorship beserta ulasan lengkapnya. Langsung aja yuk sobat simak artikelnya di bawah ini.


 

Pengertian Sponsorship Secara Umum

Sponsorship merupakan suatu dukungan finansial dari suatu perusahaan kepada suatu organisasi, seseorang, atau aktivitas yang ditukar dengan publisitas dari sebuah merek dan juga suatu hubungan. Dengan adanya sponsorship tentunya nilai dari suatu merek dapat meningkatkan. Saat memberikan sponsorship, biasanya perusahaan akan memilih target khalayak, penguatan citra merek dapat diperpanjang, keterlibatan merek, biaya yang efektif dan sponsor lainnya.
 

Pengertian Sponsorship Menurut Para Ahli

Sementara pengertian sponsorship menurut para ahli antaralain sebagai berikut:

  • Menurut mereka berdua sponsorship merupakan pemberian dana baik secara tunai maupun barter  terhadap benda kepemilikan dengan balasan berupa akses pemanfaatan potensial iklan yang berhubungan dengan kepemilikan perusahaan/produk tersebut.

  • Sedangkan menurut beliau sponsorship didefinisikan sebagai pihak yang melakukan investasi terhadap suatu/sebuah kegiatan dengan tujuan untuk mendukung perusahaan atau tujuan pemasaran.

Tujuan Sponsorship

Adapun tujuan dari adanya sponsorship antaralain :

  1. Sebagai alternatif iklan
  2. Menjangkau khalayak luas akan produk atau merk dari suatu perusahaan
  3. Mengenalkan produk secara detail agar mendapatkan hati konsumen
  4. Meningkatkan citra perusahaan
  5. Mengenalkan perusahaan kepada khalayak
  6. Menarik minat media untuk bekerjasama

Manfaat Sponsorship

Kegiatan sponsorship tentunya memberikan suatu manfaat tersendiri baik bagi perusahaan maupun produk dari perusahaan tersebut. Adapun manfaat dari adanya suatu sponsorship yaitu :

  • Dapat melancarkan iklan dari suatu produk melalui publikasi atau media massa yang meliputi event yang telah disponsori.
  • Dapat mendukung strategi atau kebijakan pemasaran.
  • Untuk memperlihatkan niat baik perusahaan guna melaksanakan tanggung jawab sosialnya.
  • Membangun hubungan antara perusahaan dengan konsumen.
  • Menambah brand equity
  • Memperkuat ikatan dalam pertukaran.

Jenis-Jenis Sponsorship

1. Field Sponsorship

Jenis yang pertama yaitu field sponsorship. Ini merupakan jenis sponsor yang berada langsung dilapangan, contohnya sponsorship dalam sebuah pertandingan sepak bola atau suatu event tertentu.

2. Televised Broadcast Sponsorship

Adapun TV Broadcast Sponsorship yaitu jenis sponsorship dengan menggunakan program TV untuk mengasosiasikan nama dari suatu merk atau perusahaan, atau juga dengan melakukan promosi dengan TV Program tersebut.