√4 Prinsip Geografi : Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi

Posted on

Prinsip-prinsip geografi

Secara teoritis dalam mempelajar geografi perlu dijiwai oleh prinsip geografi yang meliputi prinsip distribusi, pirnsip interrelasi, prinsip deskripsi dan juga prinsip korologi.

√4 Prinsip Geografi : Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi

  1. Prinsip distribusi

Prinsip ini pada hakikatnya merupakan terjadi persebara gejala-gejala geosfer yang ada di permukaan bumi, dimana disribus berbeda antara satu tempat dengan empat lainya. Gejala geografi baik yang menyangkut kondisi fisik maupun sosial tersebar luas di permukaan bumi, akan tetapi penyebarannya tidaklah merata antara wilayah satu dengan wilayah yang lainya. Dengan jalan mengambarkan dan juga memperhatikan persebaran gejala-gejala geografi di permukaan bumi maka bisa diungkapkan maslah-maslah yang berkaitan denga gejala dan fakta tersebut, bahkan juga selanjutnya dapat digunakan untuk meramalkan keadaan pada masa yang akan datang.

  1. Prinsip interelasi

Prinsip ini menyatakan tedapat hubungan antara gejala geografi yang stu dengan gejala gorafi yang lain dibumi. Oleh sebab itu setelah dilihat persebagarn gejala dalam satu ruang atau wilayah tertentu maka bisa juga diungkapkan hubungan antara gejala geografi lainya. Selain itu juga dapat diungkapkan hubungan antara gejala-gejala yang ada dipermukaan bumi. Misalnya ialah hubungan antara gejala fisik dengan gejala fisik, antara gejala fisik dengan gejala sosial dan juga antara gejala sosial dengan gejala sosial.

Dari interrelasi tersbut bisa di ungkapkan karekteristik geografi dari suatu wilayah, sebagi contoh usaha pembukaan lahan dihutan untuk keperluan area pertambangan akan menyebabkan terjadinya penebangan hutan dan juga berbahnya ekosistem satwa dan tumbuhan diarea hutan tersebut.

  1. Prinsip deskripsi

Prinsip ini pada intinya ialam memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang karakterisitik yang spesifik pada gejala geografi. Gejal geografi berdimensi titik garis, ruang dan juga bidang. Prinsip deskripsi ini tidak saja dilaksanakan dengan menggunakan uraian dan peta melainkan juga dilakukan dengan menggunakan diagram, grafik maupun tabel.

Baca Juga :  √Objek studi Geografi : Meterial, Formal dan Ruang Lingkupnya

Bentuk deskripsi harus bisa memberikan penjelasan kepada para pembaca agar bisa memahami tentang makna yang dibahas. Prinsip deskripsi digunakan untuk menjelaskan karakteristik gejala geografi yang dipelajari, dan distribusi keruangannya. Dalam geografi ini urutan kegiatannya antaralain ialah pengumpulan data, klasifikasi data, pemetaan, deskripsi tiap satuan pemetaan dan deskripsi tiap satu pemetaan. Jadi deskripsi baru bisa dibuat setelah dilakukan pemetaan tentang kajian geografi yang dimaksud.

  1. Prinsip korologi

Prinsip ini melihat permasalah geografi dari sudut pandang persebaran, interelasi dan interaksi nya dalam satu wilayan dan ruang tertentu. Ruang ini menunjukkan karakteristik kesatuan gejala geografi, kesatuan bentuk dan kesatuan fungsi. Misal kita melihat definisi bumi, tidak hanya meliputi bagian luar dai kelar bumi akan tetapi mencakup pula lapisan atmosfer yang mengelilinginya, termasuk air yang ada dibumi, baik ait yang dipermukaan maupun yang di dalam tanah, serta makhluk hidup yang ada didalamnya.

demikianlah artikel daru dosenpintar.co.id mengenai 4 rinsip geografi, semoga arikel bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Related posts: