√Anggota Alam Semesta : Macam Galaksi dan Bintang

Posted on
4 (80%) 2 vote[s]

Di dalam alam semesta terdapat banyk benda-benda angkasa di andaranya ialah galaksi, bintang , meteor dan semua benda yang ada di angkasa. Berikut ini akan kami jelaskan tentang galaksi dan bintang, sedangkan tatarusya dan juga anggotanya akan kami jelaskan pada artikel berikutnya.

√Anggota Alam Semesta : Macam Galaksi dan Bintang

Galaksi merupakan kumpulan benda langit yang terdapat dialam semesta yang berjumlah jutaan bahkan juga mencapai miliaran. Menurut fowler kira-kira 12.000 juta tahun lalu galaksi yang jjumlahnya ribuan di alam semesta tidaklah seperti galaksi pada sekarang ini. Saat itu juga galaksi masih mmerupakan kabut gas hidrogen yang sangat besar yang berada di ruang angkasa. Kabut gas tersebut bergerak perlahan berputar pada porosnya sehingga keseluruhan seolah berbentuk bulat, dikerenakan gaya beratnya makka kabut gas hidrogen tadi mengadakan kontraksi di mana bagian luar dari kabut gas hidrogen tersebut banyak yang tertinggal. Di tempat yang rotasinya lambat/mempunyai berat jenis nya yangg besar terbentuklah bintang-bintang.

baca juga : √Objek studi Geografi : Meterial, Formal dan Ruang Lingkupnya

Gumpalan kabut hidrogen yang sudah menjadi bintang juga melakukan rotasi secara perlahan dan juga mengadakan kontraksi. Panas yang di pancarkan dari bintang yang terbentuk tadi suhunya akan semakin menurun. Lalu setelah berjuta tahun bintang tersebut mempunyai bentuk seperti benda di langit yang ada pada saat sekarang. Beberapa galaksi di magellan, galaksi ursa mayor dan galaksi yang dikenal dengan galaksi kita (our galaxy) yaitu galaksi bima sakti atau galaksi susunan jalan susu( the milky way system).

  1. Galaksi bima sakti

Galaksi bima sakti ini di temukan 18 juli 1783 olen astronom inggris yang bernama wilian hershel. Galaksi bima sakti ini sendiri terdiri dari 400 miliar bintang. Dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (dalam satu tahun cahaya=9.500 miliyar kilometer). Galaksi bima sakti adalah rumah bagi matahari kita dan juga planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi ini berbentuk spiral dengan ukuran rata-rata dan juga selalu membentuk sebuah bitang baru setiap tahunnya.

  1. Galaksi magellan

Galakksi magellan merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi bima sakti. Jaraknya kurang lebih 150.000 tahun cahaya dan juga berada di belahan langit selatan. Galakksi ini memiliki bentuk taksempurna.

  1. Galaksi ursa mayor

Galaksi ini berjarak 100.000.000 tahun cahaya dari galaksi bima sakti. Dan galaksi ini memiliki bentuk elips dan rapat.

Baca Juga :  √4 Prinsip Geografi : Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi
  1. Galaksi andromeda

Galaksi andromeda bisa dikatakan galaksi raksasa. Karena galaksi ini memeiliki diameter sekitar 200 ibu tahun cahaya atau dua kali lebih besar dari galaksi bima sakti. Andromeda mempunyai massa 300-400 biliun kali masa matahari. Bentuknya yang bulat khas dan ukurannya yang besar membuat galaksi ini mudah di amati dengan menggunakan teleskop sederhana galaksi andromeda berjarak 2,5 tahun cahaya dari galaksi bima sakti.

  1. Galaksi jauh

Galaksi ini terletak yaitu lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi bima sakti, dan juga termasuk galaksi jauh, contoh galaksi jjauh lainnya ialah galaksi silvery, triangulum dan juga whipool.

  1. Galaksi black eye (mata hitam)

Pada tahun 1781 seorang astronomi prancis, cherles messier, melakukan survey pemotretan terhadap galaksi dan nebula. Diantara galaksi yang telah di temukan oleh messier, ada saru galaksi yang mempunyai sifat yang aneh yaitu mempunyai cincin kabut dan juga berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang terang benderang. Kerena tampak seperti mata manusia, messier memberi nama galaksi tersebut denan sebutan black eye atau mata hitam.

  • Bintang

Bintang merupakan sebuah bendad langit yang dapat memancarkan cahaya dan juga panas sendiri. Bintang-bintang berbeda ukuran dan juga sifatnya. Beberapa buah bintang lebih kecil dari bumi dan yang linnya beribu kali lebih besar. Salah satu contoh bintang  ialah matahari.

Bintang-bintang terbentuk dari kabut debu dan juga gas yang sangat besar yang disebut nebula. Terbentuk dari kabut debu dan juga gas yang sangat besar yang disebut nebula. Terbentuknya bintang diawali dengan penumpukan debu dan gas, karena adanya gaya yang kuat, sehingga mendorong debu dan juga gas menjadi sebuah bola raksasa. Di setiap tempat gaya itu akan mendorong ke arah pusat bola sehingga tekanan di pusat semakin membesar. Akibat tekanan yang besar maka suhu akan semakin meningkat sehingga pusat bola akan menjadi panas. Semakin mengecilnya bola akkibat gaya tarik yang terus menerus, akan menyebabkan bola panas menjadi mengecil. Debu dan juga gas yang terus menekan ke arah pusat gas tersebut menjadi panas menyala dan terbentuklah bintang yang baru.

Baca Juga :  √Macam Konsep Esensisal Geografi (LENGKAP)

Demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id  mengenai √Anggota Alam Semesta : Macam Galaksi dan Bintang, semoga artikel inni bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Bagikan Artikel :