√Aspek Geografi dan Gejalanya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on
Rate this post

A. Aspek-aspek geografi

Secara garis besar, dalam menelaah dan mengkaji geografi dapat di klasifikasikan menjadi geografi fisik, manusia, dan geografi regional.

√Aspek Geografi dan Gejalanya Dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Geografi fisik

Geografi fisik merupakan cabang dari ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik dari permukaan bumi yang meliputi air, tanah dan udara dengan segala prosesnya. Selain itu juga, geografi mengkaji gejala-gejala alamiah permukaan bumi yang menjadikan pelengkapan dalam mempelajari geografi manusia. Geografi fisik ini bisa dijadikan pelengkap dalam mempelajari geografi manusia, sehingga keduanya tidak bisa dipisahkan. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi fisik ini terdiri atas geomorfologi, klimatologi, hidrologi dan lain-lain.

  1. Geografi manusia.

Geografi manusia merupakan cabang dari ilmu geografi yang mempelajari semua aspek gejala di permukaan bumi ini yang mengambil manusia sebagai objek utamanya. Sesuai dengan pembagian geografi ortodok, geografi manusia bisa dibagi menjadi geografi ekonomi, geografi perkotaan, geografi penduduk dan geografi pedesaan.

  1. Geografi regional

Geografi regional merupakan perpaduan dari geografi fisik dan juga geografi manusia. Geografi regional merupakan studi tentang variasi persebaran gejala dalam ruang pada waktu tertentu baik logak maupun kontinental. Mellalui analisis geografi, karakteristik yang khas dari suatu wilayah bisa ditonjolkan, sehingga perbedaan wilayah bisa terlihat jelas.

B. Gejala geografi dalam kehidupan manusia

Beberapa gejala geografi yang sering terjadi dalam kehidupan sehar-hari antaralain ialah cuaca, ilim, vulkanisme, gempa bumi, angin dan yang lainnya.

  1. Cuaca

Cuaca merupakan keadaan rata-rata pada satu tempat, meliputi daerah yang sempit dan waktu yang relatif  singkat. Cuaca juga sangat memengaruhi kehidupan manusia di muka bumi ini. Keadaan cuaca bisa diperkirakan dengan cara pengamatan.

Baca Juga :  √Macam Konsep Esensisal Geografi (LENGKAP)

baca juga : √25 Ilmu Penunjang Geografi : LENGKAP

  1. Iklim

Ilim adalah rata-rata keadaan cuaca pada suatu wilayah yang luas dan juga dalam waktu yang lebih lama. Iklim sangat berpengaruh sekali pada pergantian musim yang ada di indonesia. Keberadaan musim penghujan dan juga musim kemarau di indonesia sangat berpengaruh sekali pada kehidupan petani khususnya untuk kelangsungan hidup tanaman semusim, dimana pada musim kemarau petani akan menanam palawija dan pada musim penghujan petani akan menanam padi.

  • Gempa bumi

Gempa bumi merupakan gejala alam yang memengaruhi kehidupan manusia. Gempa bumi bisa dibedakan menjadi tiga diantaranya yaitu gempa bumi runtuhan, gempa bumi tektonik dan gempa bumi vulkanik, contoh dari gempa bumi tektonik ialah gempa yang terjadi di yogyakarta dan sebagian pulau jawa yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan juga rusaknya bangunan yang ada di wilayah tersebut.

  • Vulkanisme

Vulkkanisme merupakan peristiwa naiknya magma dari dalam perut bumi yang menuju permukaan bumi. Magma ini adalah campuran batuan dalam keadaan cair, liat, dan juga sangat panas. Aktivias magma sangat dipengaruhi oleh tingginya suhu magma dan banyak nya gas yang tekandung didalamnya.

  • Angin

Perbedaan tekanan udara dibeberapa tempat menimbulkan aliran udara dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendahyang disebut dengan angin. Untuk mengetahui arah angin bisa digunakan bendera angin dan juga mengetahui kecepatan angin digunakan alat yang disebut dengan anemometer.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Aspek Geografi dan Gejalanya Dalam Kehidupan Sehari-hari. semoga artikel ini bermanfaar bagi anda semuanya.

baca juga ;

Bagikan Artikel :