√Bentuk Pasar : Barang, Modal Beserta Pengertiannya

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian

Pasar merupakan tempat penjualan menawarkan barang atau jasa sesuai taksiran harga penjual serta pembeli mendapatkan barang atau jasa yang sesuai dengan taksiran pembeli. Pengeritan pasar dalam ilmu ekonomi lebih konseptual, yaitu bertemunya eprmintaan dan juga panwaran. Dengan begitu sebuah pasar tidak harud dikaitkan dengan suatu tempat.

√Bentuk Pasar : Barang, Modal Beserta Pengertiannya

Pasar barang

Pasar merupakan pusat pertemuan penghasil dan pemakai, telah dikenal sejak zaman dahulu. Ketika sifat perdagangan masih berupa pertukaran barang (barter) yang awalnya timbul di persilangan jalur lalu lintas yang penting seperti di palabuhan. Basar kemudian meluas baik  bentuk, jenis komoditas yang idjual maupun proses transaksinya. Bentuk pasar dapat dilihar dari tingkat persaingan yang dapat dilihar dengan mengetahui jumlah pembeli dan juga penjual serta barang yang di perjual belikan.

  1. Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna ini memrupakan struktur pasar yang paling ideal, karena akan menjamin terwujudnya egiatan memprodusi barang atau jasa yang tinggi. Hal ini dikarenakan di pasar persaingan sempurna terdapat banyak sekali penjual dan pembeli dan setiap penjal mauppun pembeli idak bisa memengaruhi ke adaan di pasar, kerena penjua dan pembeli masing-masing ialah hanya merupakan bagian kecil dari pasar secara keseluruhan.

  1. Pasar persaingan monopolistik

Pasar persaingan monopolistik pada dasarnya ialah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli, oleh sebab itu, sifat-sifat nya mengandung unsur-unsur sifat monopoli dan unsur-unsur sifat pasar sempurna.

Baca Juga :  √Macam Kebutuhan : Primer, Skunder dan Tersier

baca juga : √Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

  1. Pasar oligopoli

Pasar oligopoli hanya terdiri dari sekelompok kecil perusahaan, yaitu beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar pasar oligopoli. Beberapa perusahaan yang mengusai pasar saling memengaruhi satu sama lain dan juga saling ketergantungan karena keputusan dan tindakan oleh salah satu dari perusahaantersebut memengaruhi perusahaan-perusahaan yang lain.

  1. Pasar monopoli

Dalah kehidupan sehari-hari, sering kita temui bentuk pasar monopoli, yaitu situasi pasar di mana hanya ada satu penjual produk dan produk tersebut tidak ada penggantinya. Oleh karena itu perilaku dalam pengambilan keputusan dipasar aga berbeda dengan pasaar persaingan sempurna.

  1. Campur tangan (peran) pemerintah

Monopoli ialah pengussaha tunggal, karena itu pemerintah biasanya turut ikut campur tangan dalam sektor yang dikuasai oleh pemerintah tersebut, untuk mencegah jangan sampai besarnya kekuasaan tersebut disalahgunakan.

Pasar input

Pasar input disebut juga dengan pasar faktor produksi, yaitu pasar yang menawarkan faktor-faktor produksi. Faktor produksi ini terkait dengan kegiatan memproduksi. Dalam kegiatan memproduksi, pengusaha-pengusaha terlebih dahulu harus memerhatikan keadaan dipasar barng.

Pasar faktor produksi alam (tanah)

Seperti yang kkita ketahui faktor produksi alam terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu, air, udara, sinar matahari, dan lain sebagainya. Akan tetapi yang akan kita bicarakan dalam pasar faktor produksi alam ini ialah tanah. Mengapa tanah? Tanah dalam kegiatan produksi ialah sumberdaya alah yang memiliki peran penting. Tanah juga diperlukan untuk mendirikan pabrik  atau kantorr, kios, lahanpertanian atau menjadi tempat bagi usaha lalin yang didirikan.

Pasar tenaga kerja

Pasar tenaga kerja merupakan tempat pertemuan antara pencari kerja dengan pemakai kerja.

  • Pasar tenaha kerja yang bersifat persaingan sempurna

Di dalam pasar ini  terdapat banyak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, dan tenaga kerja ini yang ada dalam pasar tidak tergabung yang bertindak sebagi wakil mereka.

Baca Juga :  √ Pengertian Uang : Fungsi dan Jenisnya

Pasar faktor produksi modal

Dalam setiap perekonomin kegiatan pemproduksi memerlukan barang modal. Dalam perekonomian ini sangat primitif sekalipun barang modal diperlukan, seperti jala, bajak, cangkul dan yang lainnya. Dalam perkonomian modern barang modal lebih diperlukan lagi. Modernisasi perekonnomian tidak akan berlaku tanpa barang modal yang kompleks dan juga sangat tinggi produktivitasnya.

Pasar faktor produksi kewirausahaan

Dalam kegiatan produksi satu perusahaan, keuntungan yang ditentukan dengan cara mengurangkan berbagai biaya yang dikeluarkan dari hasil penjualan yang diperoleh. Biaya yang dikeluarkan meliputi pengeluaran untuk bahan mentah, sewa, tanah, pembayaran bunga dan penghapusan. Jika hasil penjualan diperoleh dikurangi dengan biaya-biaya tersebut nilainya ialah positif maka diperoleh keuntungan.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Bentuk Pasar : Barang, Modal Beserta Pengertiannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Bagikan Artikel :