√Besaran Pokok dan Satuan Standar : Pengertian, Macam dan Contohnya

Posted on
Rate this post
  1. Besaran pokok

Besaran-besaran pokok dalam fisika bisa dikelompokkan menjadi dua macam, diantaranya ialah besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok ialah besaran yang stuannya didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu, yang berdiri sendiri dan tidak tergantung pada besaran lain. Para ahli merumuskan tujuh macam besaran pokok

√Besaran Pokok dan Satuan Standar : Pengertian, Macam dan Contohnya

  1. Satuan standar (satuan sistem internasional)

Satuan ialah salah satu komponeen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran. Sebuah besaran tidak hanya mempunyai satuan saha. Besaran panjang ada yang menggunakan satuan inco, mil, kaki, dan sebagainya. Untuk masa bisa menggunakan sauan ton, gram, kilogram dan sebagainya. Adanya berbagai macam satuan untuk besaran yang sama kan menimbulkan kesulitan kalian harus melakukan penyesuaian-penyesuaian tertentu guna memmecahkan persoalan yang ada. Dengan adanya kesulitan tersebut, para ahli sepakat untuk menggunakan satu sistem satuan yaitu menggunakan standar sistem internasional.

Satuan dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya yaitu satuan tidak baku dan satuan baku. Standar satuan tidak baku tidak sama di setiap tempat, misalnya jengkal dan hasta, sementara itu, standar satuan baku telah di tetapkan sama di setiap tempat.

  • Satuan standar panjang

Satuan standar panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m). ketika sistem metrik diperkenalkan, satuan meter diusulkan setara dengan seperspuluh juta kali sperempat gari bujur bumi yang melalui kota paris. Tetapi, penyelidikan awal geodesik menunukkan ketidakpastian standar ini, sehingga batang platinairidium yang asli dibuat dan disimpan disevres dekat paris. Jadi, ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudah berubah.

Baca Juga :  √Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan : Wilayah , Peradaban , Agama
  • Satuan standar masa

Satuan standar untuk massa ialah kolgram (kg). satuan kilogram standar ialah masa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di sevres, prancis. Silinder platina iridium mempunyai diameter 3,9 cm dan tinggi 3,9 cm. masa 1 kg standar menekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 C.

  • Satuan SI waktu ialah sekon (s).

mula-mula ditetapkan bahwa satuan sekon sama dengan  rata-rata gerak semua matahari mengelilingi bumi. Dalam pengamatan astronomi, waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran, sehingga ini tidak dapat digunakan sebagai patokan.

  • Satuan standar arus listrik (A)

Satuan standar arus listrik ialah ampera. Satu ampera didefinisikan sebagai arus tetap. Yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua barang penghantar sejajar dengan panjangtak terhingga, dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan erpisahkan sejauh satu meter dalam vakum, yang akan menghasilan gaya antara kedua batang penghantar yaitu sebesar 2 x 10-7 Nm-1

  • Satuan standar suhu

Suhu menunjukan derajat panas suatu benda, sauan standar suhu ialah kelvin (K), yang di definisikan sebagai stuan suhu mutrak dalam termofinamika yang besarnya sama dengan   dari suhu titik triple air. Titik tripel menyatakan bahwa temperatur dan tekanan saat terdapat keseimbangan antara uap, cair, dan padat suatu bahan. Titik tripel air ialah 273,16 K dan 611,2 Pa. apabila dibandingkan dengan skala termometer celsius, dinyatakan sebagai berikut ;

T = 273,16 + tc

Dengan :

T = suhu mutlak, dalam kelvin (K)

Tc = suhu, dalam derajat celsius (C)

  • Satuan standar intensitas cahaya

Intensitas cahaya dalam SI memiliki satuan kandela (cd), yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya ayng memancarkan radiasi menokroatik dengan frekuensi 540 x 1012 Hz dan mempunyai intensitas pancaran  watt per steradian pada arah tertentu.

  • Satuan standar jumlah zat

Satuan SI untuk jumlah zat ialah mol. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam 1,2 x 1012 kg karbon-12. Partikel elementer merupakan unrus funda mental yang membentuk materi di alam semesta. Partikel ini bisa berupa atom, elektron, molekul, elektron dan yang lainnya.

Baca Juga :  √ Macam Besaran Alat Ukur : Panjang, Masa, Waktu, Listrik, Suhu

Demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Besaran Pokok dan Satuan Standar : Pengertian, Macam dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaar bagi anda semua.

 

Bagikan Artikel :