Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Jenis, Ukuran Lapangan dan Peraturan

Posted on

Bola Tangan – Halo sobat setia dosenpintar.co.id. Kembali lagi bersama saya, yang mana pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Sepak Bola. Maka selanjutnya kita akan membahas artikel tentang Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Jenis, Ukuran Lapanga dan Peraturannya secara lengkap, langsung aja yuk simak artikelnya diabwah ini

Bola Tangan
 

Pengertian Bola Tangan Secara Umum

Olahraga bola tangan hampir sama seperti sepak bola, hanya saja perbedaanya terletak pada cara memainkannya. Sepak bola dimainkan menggunakan kaki, sedangkan sepak tangan jelas menggunakan tangan untuk memainkannya. Selain itu jumlah anggota tim/pemain bola tangan lebih sedikit dibanding sepak bola.

Adapun pengertian bola tangan adalah cabang olahraga bagian bola besar beregu yang saling berlawanan satu sama lain, diamana  dalam satu tim terdiri dari 7 pemain inti dengan beberapa pemain cadangan.
 

Pengertian Bola Tangan Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli pengertian bola tangan adalah :

  • Menurut Haris (1991:12)

    Haris mengatakan bahwa permainan bola tangan juga memiliki prinsip-prinsip seperti cabang olah raga pada umumnya. Yang mana prinsip-prinsip tersebut seperti permainan bola tangan merupakan permainan tim, menggunakan tangan untuk memainkannya, serta hasil pertandingan ditentukan dengan banyaknya goal yang terjadi. Olah raga ini dikatakan sebagai bentuk modifikasi/gabungan dari sepak bola dan bola basket.

  • Menurut Mahendra (2000:9)

    Permainan bola tangan umumnya melatih kemampuan gerak dasar untuk membentuk kemampuan kecepatan gerak dan kekuatan selain tentunya adalah koordinasi dan kolektivitas. Permainan ini memerlukan gerak dasar yang menyerupai permainan bola basket, seperti kemampuan berlari cepat, lari mengubah arah dengan, melompat, melempar dan bergerak ekplosif.

  • Menurut Lutan (1998:67)

    Adapun menurut Lutan bola tangan merupakan sebuah permainan dengan irama yang cepat dengan melibatkan dua tim yang mana masing – masing tim terdiri dari tujuh orang dengan berbagai tugas, seperti mengoper, melempar, menangkap, dan mendribel sebuah bola kecil menggunakan tangan mereka sambil berusaha menciptakan gol ke gawang tim lawan. Tim dengan gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. Permainan ini terdiri dari dua babak dengan masing -masing babak sepanjang 30 menit yang dipotong dengan sepuluh menit istirahat.

 

Sejarah Bola Tangan

Olahraga ini sendiri sudah ada sejak zaman Yunani Kuno (130 – 200 Masehi). Namun pada zaman dulu olah raga ini bernama Urania, namun tentu saja peraturan serta cara bermainnya sedikit berbeda dengan bola tangan di zaman sekarang.

Pada abad ke 11 Masehi, permainan bola tangan berkembang hingga ke negara Jerman yang dipopulerkan oleh seorang pria bernama fangballspiel (dengan nama asli Walther Von Der Vgelweide). Olah raga Bola tangan kemudian tersebar sangat cepat sampai ke beberapa negara di benua Eropa dan Amerika, yaitu pada abad ke 14 Masehi, olahraga ini telah dimainkan di Denmark dan Perancis.

Kemudia bola tangan mulai mengalami beberapa perubahan peraturan pada abad ke 19 Masehi, yang mana permainan bola tangan harus dimainkan dengan 7 orang pemain. Tokoh – tokoh yang mengembangkan olahraga ini adalah seorang pria asal Jerman yang bernama Hirschman dan Dr. Karl Schelenz, yang dikenal sebagai penemu dari bola tangan lapangan modern.

Berkat mereka, bola tangan menjadi semakin populer hingga menyebar ke penjuru dunia. Sudah banyak kompetisi – kompetisi resmi yang telah diselenggarakan. Hingga pada akhirnya International Handball Federation (IHF) pun dibentuk pada tahun 1946 sebagai induk federasi bola tangan dunia. IHF pun kemudian mengadakan kejuaraan dunia bola tangan pada tahun 1954, dan telah tercatat memiliki kurang lebih 160 negara sebagai anggotanya.
 

Macam-Macam Bola Tangan

Ada tiga macam jenis permainan bola tangan, antaralain :

  • Bola tangan outdoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di lapangan terbuka.
  • Bola tangan indoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 7 pemain di lapangan tertutup.
  • Permainan bola tangan gabungan, dimainkan di lapangan terbuka, tetapi menggunakan peraturan indoor handball.

 

Ukuran Bola dan Lapangan

Ukuran Bola

Ukuran Bola dan Lapangan

Adapun ukuran bola tangan terdapat beberapa macam, untuk putra berusia 16 tahun ke atas, berat bola yang dianjurkan yaitu memiliki berat 425-475 gram. Lalu untuk putri berusia 14 tahun ke atas, berat bola yang dianjurkan yaitu memiliki berat 325 -375 gram. Sedangkan untuk putra dan putri dibawah 16 dan 14 tahun, berat bola yang dianjurkan yaitu memiliki berat 290-330 gram.

Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan Bola Tangan

Lapangan bola tangan memiliki ukuran yaitu, panjang 40 meter dan lebar 20 meter.
 

Peraturan Bola Tangan

Adapun peraturan dalam permainan bola tangan, antaralain :

Cara memainkan bola

  • Bola hanya boleh disentuh dengan tangan, kepala, badan, paha, dan lutut.
  • Setelah tiga langkah, bola harus dipantulkan.
  • Menahan bola paling lama 3 detik.

Aturan bermain di daerah gawang

  • Penjaga gawang bebas bergerak di daerah gawang.
  • Hukuman lemparan 14 meter bagi pemain bertahan yang memasuki daerah gawang.
  • Bola di daerah gawang hak penjaga gawang.

Mengembalikan bola ke daerah gawang

  • Diperbolehkan melempar bola memasuki gawang;
  • Tidak diperbolehkan menahan bola lebih dari 3 detik;
  • boleh membawa bola dengan berjalan di daerah gawang;
    lemparan sudut kalau bola keluar.

Aturan untuk penjaga gawang

  • Boleh melempar bola dengan segala cara.
  • Tidak boleh menahan bola lebih dari 3 detik.
  • Boleh membawa bola dengan berjalan di daerah gawang.
  • Tidak boleh membawa bola keluar dari gawang.

Terjadinya gol

  • Bola melewati garis gawang maka gol terjadi.
  • Kembali ke tempat semula setelah mencetak gol.

 

Cara Bermain Bola Tangan

Permainan bola tangan harus dimainkan hanya memakai tangan tidak boleh menggunakan kaki (di tendang), dan bagi pemain yang sedang memegang bola tidak boleh lari atau jalan, sementara yang tidak memegang bola harus ambil posisi.

Demikianlah artikel mengenai Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Jenis, Ukuran Lapanga dan Peraturan saya harap artikel ini dapat membantu sobat dosenpintar.co.id menambah ilmu serta wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Related posts:
Baca Juga :  Sepak Takraw : Pengertian, Sejarah, Sarana, Aturan dan Tehnik Dasar