Pengertian Bola Voli, Sejarah, Ukuran Lapangan Tehnik dan Peraturan

Posted on

Bola Voli – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas artikel mengenai Pengertian Bola Voli, Sejarah, Ukuran Lapangan Tehnik dan Peraturan. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Bulu Tangkis. Daripada teman-teman penasaran langsung aja yuk simak artikel berikut.

Pengertian Bola Voli
 

Pengertian Bola Voli Secara Umum

Apa sih bola voli itu? Yaitu salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola sebagai medianya, dengan cara bermainnya yaitu menjatuhkan bola ke dalam sebuah petak lapangan lawan dan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Dimana terdapat net sebagai penghalang antar masing-masik tim.

Bola voli dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri atas 6 pemaian. Olahraga ini adalah salah satu olahraga dunia yang sangat diminati orang. Dan di Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak bermunculan.
 

Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

Sementara menurut para ahli pengertian bola voli antaralain :

  • Menurut PBVSI

    Menurut induk bola voli indonesia, bola voli merupakan sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau juga dua regu di lapangan dengan net sebagai pemisahnya.

  • Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi

    Sedangkan menurut mereka bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu dengan pemain 6 orang yang disetiap regu. Setiap regu berusaha memukul bola dan dapat menjatuhkannya ke sisi lapangan lawan melewati net.

  • Menurut Mahfud Irsyada (1991:183)

    Adapun menurut Mahfud bola voli merupakan salah satu permainan beregu dengan melibatkan beberapa orang pemain dalam rangka untuk mencetak poin dengan cara melewatkan bola diatas net dan menjatuhkannya didaerah pertahanan tim lawan sehingga bisa meraih suatu kemenangan.

 

Sejarah Permainan Bola Voli

Pada awalnya Olahraga/permainan bola voli ditemukan oleh William G. Morgan, seorang instruktur pendidikan jasmani. Olahraga ini ditemukan pada tanggal 9 Februari 1985 di Holyoke, Amerika Serikat. Awalnya nama permainan ini adalah Mintonette.

Olahraga ini sebenarnya diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan, dimana empat macam karakter olahraga permainan digabungkan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.

Sejarah mengenai permainan bola voli bukan hanya tentang siapa pendirinya dan kapan berdirinya, pemberian namanya juga harus diikut sertakan. Awalnya bernama Mintonette, namun berubah menjadi volley ball atau bola voli di tahun 1896.

Perubahan nama ini terjadi saat adanya demonstrasi di International YMCA Training School sesi pertama. Karena permainan ini sudah mengalami perkembangan pesat sejak awal kemunculannya. Dan untuk merespon hal tersebut, maka diadakanlah sebuah perlombaan dan kejuaraan bola voli tingkat nasional yang kemudian menyebar dengan cepat menjadi tingkat dunia.
 

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

ukuran lpapangan bola voli

Ukuran Lapangan dan Keterangan

  • Lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter, dan lebar 9 meter, dan juga memiliki lebar garis serang berukuran 3 meter.
  • Clearance atau daerah menghalau bola memiliki ukuran 3-8 meter dan pada bagian samping yakni dengan ukuran 3-5 meter.
  • Ukuran ukuran dari net sendiri yaitu dengan ukuran 1 meter, dengan tinggi net putra ukuran 2,43 meter dan untuk tinggi net putri 2,24 meter.
  • Lalu untuk jarak tiang net dengan garis samping lapangan memiliki ukuran yang hanya 0,5 – 1 meter saja.
  • Dan pita tepian samping net memiliki ukuran : 5 cm sepanjang 1 meter.
  • Pita tepian atas net memiliki ukuran : 5 cm dengan ukuran mata jala net 10 cm.

Ukuran Bola Voli

Bola voli yang digunakan pada umumnya memiliki diameter 65-67 cm dengan massa seberat 260 sampai 280 gram.
 

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

1. Teknik Dasar Bola Voli, Service

Servis merupakan teknik yang hampir ada di semua cabang olahraga yang menggunakan bola. Teknik ini merupakan awalan untuk memulai permainan bola voli. Gerakan untuk melakukan servis sangat penting dalam permainan bola voli. Maka dari itu, kamu wajib menguasai teknik dasar servis sebelum bermain bola voli.

Namun tak bisa dipungkiri biasanya para pemain banyak yang merasa kesusahan dalam melakukan teknik dasar ini. Tetapi lain ceritanya jika kamu benar-benar memahami teknik dasar servis ini, maka permainan bola voli akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

2. Teknik Dasar Bola Voli, Passing

Yang kedua adalah teknik passing. Teknik ini juga sangat penting dalam sebuah permainan bola voli. Karena teknik ini berguna untuk mengumpan/mengoper bola baik kepada teman satu tim maupun untuk mengembalikan bola kepada lawan.

3. Teknik Dasar Bola Voli, Smash

Yang ketiga adalah teknik Smash. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola secara kencang dan keras. Yang mana tujuan dari smash adalah untuk mematahkan serangan lawan sekaligus mencetak point kemenangan. Teknik smash sangat penting dan menjadi salah satu teknik yang dibutuhkan dalam permainan bola voli.

4. Teknik Dasar Bola Voli, Blocking

Yang terakhir adalah teknik blocking. Teknik ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemain yang bertujuan untuk menghadang/menahan serangan lawan dengan cara menjulurkan kedua tangannya ke atas net.
 

Peraturan Permainan Bola Voli

Adapun peraturan-peraturan yang harus dipenuhi dalam permainan bola voli antaralain :

1. Ukuran Lapangan

Lapangan yang digunakan dalam suatu permainan bola voli memiliki ukuran 9 x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, dan bagian garis tepinya harus berukuran 5 cm.

2. Standar Bola yang Digunakan

  • Bola harus berbentuk bulat
  • Bola harus terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis
  • Bola voli yang digunakan memiliki diameter 65-67 cm dengan massa seberat 260 sampai 280 gram
  • Bola harus memiliki kombinasi warna

3. Jumlah Pemain Setiap Tim

Jumlah pemain dalam setiap tim atau regu yaitu masing-masing terdiri 6 orang.

4. Aturan dan Larangan Dalam Bola Voli

  • Jersey yang digunakan pemain harus memiliki nomor punggung dan nomor dada, dan terdapat nomor yang terletak di bagian depan paha kanan pada celana jersey. Selain itu para pemain juga harus menggunakan kaos kaki dan sepatu karet.
  • Saat pertandingan sedang berlangsung, para pemain tidak diperbolehkan untuk menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan. Apabila mereka melanggar, maka wasit akan memberikan poin untuk tim lawan.
  • Saat melakukan servis, pemain harus melakukannya di luar lapangan.
  • Pemain tidak diperbolehkan menangkap atau melempar bola, melainkan bola harus dipantulkan baik  menggunakan tangan, kepala, maupun kaki.
  • Bola dianggap out jika telah menyentuh bagian luar permukaan lapangan. Tetapi jika pemain masih dapat memantulkan bola sebelum bolanya jatuh maka tidak dianggap out.
  • Masing-masing tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout di setiap babak dalam pertandingan.
  • Pergantian pemain dapat dilakukan berkali-kali dan tidak terbatas.
  • Pertandingan dapat dilakukan selama 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemengangan).
  • Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 poin.
  • Jika terjadi poin seri 24-24 maka akan terjadi deuce atau tambahan hingga terjadi selisih dua poin.

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Bola Voli, Sejarah, Ukuran Lapangan Tehnik dan Peraturan  saya harap artikel diatas bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam mencari jawaban maupun menambah ilmu serta wawasannya. Oke kalau begitu sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts:
Baca Juga :  Senam Irama : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Jenis, Tujuan, Gerakan