Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh

Posted on

Pengertian brosur – Beberapa orang mengatakan bahwa brosur adalah materi promosi yang ketinggalan jaman, dan sudah tergantikan dengan produk-produk teknologi seperti iklan banner di situs web. Bahkan, manfaat brosur untuk sebagian besar bisnis yang masih fokus pada penjualan offline sangat besar. Cobalah untuk melihat bank, apotek, dan pameran, hampir semua bisnis masih menggunakan brosur sebagai alat pemasaran yang penting. Mari kita lihat mengapa brosur selalu dianggap penting dalam sebuah media promosi.

meskipun menggunakan brosur sebagai media promosi jauh lebih mahal, tapi langkah ini lebih efektif, karena tidak semua orang memakai, atau bahkan lebih jelas internet, orang-orang tua atau muda lebih atau kurang tertarik menggunakan media sosial, maka langkah brosur dapat digunakan untuk menyebarkan informasi tentang suatu produk, banyak orang yang  akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakan brosur sebagai bisnis mereka dan telah membuktikan mereka dapat menghasilkan banyak manfaat serta media promosi yang lebih optimal.

pengertian brosur
 

Pengertian Brosur

Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk mengirimkan promosi. Brosur berfungsi untuk memberikan informasi produk kepada pelanggan potensial.

Umumnya, brosur dalam bentuk lembaran kertas berisi garis kata-kata dan informasi tentang suatu produk, serta beberapa gambar pendukung.

Biasanya, brosur ini diberikan secara gratis kepada masyarakat umum dengan harapan bahwa masyarakat akan mengetahui produk tersebut. Brosur sering berisi brosur tentang makanan, investasi, sekolah, kampus, usaha dan lain sebagainya.

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara berkala yang dapat berkisar dari satu hingga beberapa halaman, tidak terkait dengan publikasi lain, dan berakhir dalam satu masalah tunggal.

Baca Juga :  Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Dasar Hukum

Jika halaman, brosur atau selebaran biasanya dicetak di kedua sisi dan dilipat dalam pola lipat tertentu untuk membentuk panel terpisah berbeda dengan pamflet yang terdiri dari satu halman sering disebut juga dengan selebaran. Selain itu, brosur yang memuat suatu informasi mengenai produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.

Baca Juga : Contoh Famplet 

 

Pengertian Brosur Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Brosur adalah media informasi yang ditulis pada suatu masalah, disusun secara sistematis atau dicetak, hanya terdiri dari beberapa halaman dan dilipat tanpa mengikat selebaran atau dicetak dengan informasi singkat.

2. Menurut Hampton

Berdasarkan bentuk fisiknya brosur merupakan selembar kertas kecil yang biasanya menggunakan selembar kertas ukuran 8.5 inci X 11 inci atau 8.5 inci x 14 inci dengan tiga lipatan atau bisa juga format lain dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.

3. UNESCO

Menjelaskan bahwasanya brosur merupakan terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap  mempunyai paling sedikit 5 halaman namun tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.
 

Ciri – Ciri Brosur

Anda akan menemukan karakteristik brosur di bawah ini, termasuk:

  • Bertujuan untuk mengiformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk dan juga mempengaruhi seseorang ataupun pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali yang dipublikasikan.
  • Dibuat semenarik mungkin supaya menarik suatu perhatian publik.
  • Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat suatu brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik dan kreatif serta mempunyai juga isinya jelas.

 

Fungsi Brosur

Fungsi brosur, dibagi menjadi 3 (tiga) bagian adalah sebagai berikut:

Fungsi informatif

adalah brosur yang biasanya digunakan untuk memberi tahu pelanggan potensial Anda yang terkait dengan bisnis Anda. Informasi ini terkait dengan penyajian perusahaan, produk atau layanan baru yang ingin ditawarkan perusahaan, perubahan terbaru pada nama perusahaan, dll.

Baca Juga :  Lukisan dan gambar Pemandangan Alam yang sangat Menginspirasi

Fungsi iklan

adalah suatu brosur sangat penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga mempromosikan satu atau lebih produk atau layanan.

Fungsi identifikasi

adalah desain brosur yang baik yang menjaga kriteria yang sama di semua brosur perusahaan. Jika kriteria ini, atau juga disebut sebagai konsep diintegrasikan ke dalam semua jenis brosur, itu akan memudahkan identifikasi perusahaan. Ini akan memberikan prestise dan kredibilitas perusahaan. Sangat penting bagi brosur perusahaan untuk tidak hanya memiliki “konsep”, tetapi juga logo, logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, yang merupakan salah satu langkah pertama untuk meluncurkan bisnis. Kampanye iklan.
 

Tujuan Brosur

Sementara itu, tujuan brosur bahasa Inggris adalah:

  • Sebagai Media Informasi
  • Sebagai Media Promosi
  • Dapat meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
  • Sebagai suatu identitas untuk suatu produk

 

Cara Pembuatan Brosur

Media untuk untuk pembuatan brosur itu sendiri sangat banyak software yang dapat digunakan untuk mendesign brosur contohnya dengan menggunakan Corell Draw, Adobe Ilustrator, Adobe Photosop, Bahkan microsoft word menyediakan template secara gratis.

Menggunakan Desain atau Templat Brosur

  1. Buka Aplikasi Ms Word.
  2. Silakan Cari brochure pada kolom pencarian yang ada di atas jendela program, kemudian tekan tombol Enter.
  3. Untuk memilih template  klik pilihan “File” pada bilah menu yang ada di atas layar dan pilih “New from Template…” dari menu drop-down.
  4. Pilih desain brosur. Carilah brosur yang ingin digunakan dan klik desainnya. Setelah itu, halaman preview brosur akan ditampilkan.
  5. Klik tombol Create. Tombol ini berada di sisi kanan preview brosur. Setelah itu, Word akan memuat desain brosur. Proses ini biasanya hanya memakan waktu selama beberapa detik.
  6. Masukkan informasi yang ingin dibuat pada brosur. silakan gunakan fitur-fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan design yang Anda pilih.
  7. Simpan brosur yang sudah dibuat. Untuk menyimpannya: Windows – Klik “File”, klik “Save As”
  8. Done Selamat Brosur Anda Sudah Jadi.
Baca Juga :  Manajer : Pengertian, fungsi, Tugas, Etika, Tingkatan dan Peran

Contoh Brosur

Berikut dibawah ini beberapa contoh brosur yang bisa anda jadikan sebagai reverensi dalam pembuatan design brosur anda

1. Contoh Brosur Makanan

Brosur yang bertema makanan secara umum memberikan informasi tentang menu makanan yang ditawarkan lengkap dengan gambar makanannya. Berikut ini adalah contoh brosur makanan :

brosur makanan

2. Contoh Brosur Bahasa Inggris

Brosur ini biasanya ditulis juga dalam bahasa Inggris atau seluruh informasi yang diuraikan ditulis memakai bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh brosur bahasa Inggirs :

brosur bahasa inggris

3. Contoh Brosur Sekolah

Brosur sekolah ini biasanya berisi informasi tentang jadwal penerimaan siswa baru, berikut ini contoh brosur sekolah yaitu :

brosur sekolah

Demikianlah artikel mengenai pengertian, ciri, fungsi dan tujuan brosur beserta ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya

Baca Juga :

 

Related posts: