Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah,Ukuran, Tehnik dan Peraturan

Posted on

Bulu Tangkis – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, sebelumnya kita sudah mengulas artikel mengenai Lompat Tinggi, maka sekarang kita akan membahas mengenai Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah,Ukuran, Tehnik dan Peraturannya. Daripada penasaran langsung aja yuk simak artikelnya di bawah ini.

bulu tangkis

Pengertian Bulu Tangkis

Kamu pastinya kenal dong dengan bulu tangkis, sebab bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang disenangi dan digemari di Indonesia, belum lagi pada olahraga ini kita memiliki banyak sekali atlet bulu tangkis yang berbakat hingga mendunia.

Lantas apa sih pengertian bulu tangkis itu sendiri? Secara harfiah bulu tangkis berasal dari kata bulu dan tangkis, yang mana bulu diambil dari bentuk kok yang terbuat dari bulu angsa, dan tangkis yang merupakan kata dasar dari menangkis. Adapun pengertiannya, bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Sejarah Bulu Tangkis

Bulu tangkis dikatakan berasal dan berkembang dari Mesir kuno pada 2000 tahun yang lalu. Namun ada juga yang mengatakan bahwa permainan bulu tangkis ini berasal dari India dan daratan Tiongkok.

Berkembangnya permainan bulu tangkis ini dikenal luas oleh msyarakat dunia adalah pada abad pertengahan di Inggris, yaitu dari sebuah permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama Battledore dan Shuttlecocks.

Permainan tradisional ini sangat populer di kalangan masyarakat hingga pada akhirnya sebuah majalah bernama “Punch” mempublikasikan permainan ini.

Tujuan dari olahraga ini yaitu untuk mengumpulkan 21 point. Pemenangnya ditentukan oleh siapa yang lebih dulu mendapat 21 point. Pemain bulu tangkis dibedakan menjadi paratai tunggal dan partai ganda. Partai tersebut dapat dimainkan oleh putra maupun putri. Selain itu, partai ganda juga dapat dimainkan secara ganda campuran.

Baca Juga :  Lompat Tinggi: Pengertian, Sejarah,Tahapan, Tehnik dan Peraturan

Peraturan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis harus sesuai dengan peraturan IBF. Kebijakan menyangkut semua perlengkapan dan peralatan yang digunakan saja, serta partai yang berkepentingan juga harus mengikuti kebijakan tersebut, seperti produsen peralatan.

Ukuran Lapangan Permainan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Permainan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis pada umumnya memiliki ukuran antaralain :

  • Memiliki panjang lapangan 13,40 m
  • Memiliki Lebar lapangan 6,10 m
  • Jarak dari garis servis depan sampai garis net 1,98 m
  • Garis servis tengah memiliki jarak 3,05 m dari garis samping lapangan
  • Garis servis belakang memiliki jarak 0,76 m dari garis belakang lapangan
  • Garis samping permainan tunggal memiliki Jarak 0,46 m dari garis pinggir lapangan
  • Tinggi tiang net 1,55 m
  • Tinggi net 1,52 m

Peraturan Bulu Tangkis

Perhitungan Angka

Perhitungan angka/point dua kali pada kemenangan. Peraturan ini sudah diterapkan sejak 1 Februari 2006, dimana seluruh partai dari permainan menggunakan sistem ’’pemenang dua dari tiga set” (best of three) yang masing-masing dapat diraih dengan sistem penilaian rally point, yaitu jumlah game 21 dan apabila terjadi sebuah kedudukan nilai 20-20 maka disebut deuce atau yus sehingga untuk dapat mencari kemenangan setelah kedudukan tersebut dapat selisih nilai 2 poin lebih dulu haus diraih.

Teknik-Teknik Permainan Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket (Grip)

Merupakan teknik paling dasar dalam sebuah permainan bulu tangkis. Cara memegang raket merupakan faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan oleh atlet. Seorang pemula yang baru belajar bermain bulu tangkis harus benar-benar menguasai teknik dasar ini terlebih dahulu agar dapat melanjutkan ke teknik berikutnya. Jenis memegang raket atau grip dalam permainan bulu tangkis dibedakan menjadi 2 macam, pegangan forehand dan pegangan backhand.

Gerakan kaki (footwork)

Teknik ini berfungsi sebagai penyangga tubuh guna menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif. Agar mampu memukul dengan posisi yang baik, atlet bulu tangkis harus mempunyai kecepatan dalam bergerak, karena Kecepatan gerak kaki dapat dicapai apabila gerakan kaki teratur.

Baca Juga :  Senam Irama : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Jenis, Tujuan, Gerakan

Posisi Badan Ketika Memukul (Hitting Position)

Saat hendak memukul kok posisi badan yang benar, adalah sebagai berikut :

  • Posisi badan diusahakan agar menyamping ke arah net
  • Kaki kiri berada di depan kaki kanan
  • Posisi badan membelakangi shuttlecock
  • Bahu kanan sedikit ditarik ke belakang
  • Saat melakukan beberapa pukulan, harus ada pergantian pada posisi bahu kanan dan kaki kanan

Servis

Servis merupakan sebuah pukulan untuk mengawali permainan bulutangkis. Selain itu servis juga dilakukan setelah mendapat bola mati. Nah servis juga merupakan salah satu teknik yang penting, sebab kalau terjadi kesalahan saat servis maka akan menguntungkan lawan.

Terdapat beberapa jenis sevis dalam permainan bulu tangkis antaralain servis pendek, servis tinggi, dan flickatau servis setengah tinggi. Umumnya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yakni servis forehand dan backhand. Masing-masing jenis servis bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan.

Overhead

Teknik overhead dapat dilakukan pada saat tertentu, misalnya pada saat arah posisi jatuhnya shuttlecock mengarah ke belakang posisi tubuh Anda. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan memukul shuttlecock seperti ketika melempar dengan raket di tangan menggunakan teknik forehand.

Smash

Smash merupakan teknik pemukulan keras dan tajam. Pukulan smash bertujuan untuk memetikan lawan secepat-cepatnya. Teknik ini dapat dilakukan pada sikap diam, sikap berdiri maupun sambil meloncat. Pemain harus bisa menguasai teknik smash secara sempurna, karea pukulan smash bermanfaat untuk meningkatkan kualitas permainan. .

Dropshot (Pukulan Potong)

merupakan teknik meluncurkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net. Dapat dikatan pukulan dropshot apabila kok atau shuttlecock jatuh di dekat jaring daerah lapangan lawan. Dropshot yang baik adalah ketika bola jatuh dekat net dan tidak melewati garis ganda.

Pukulan dropskot sendiri harus menggunakan perasaan supaya kok dapat jatuh sedekat dan setipis mungkin dengan garis serang lapangan lawan. Faktor yang memengaruhi pukulan dropshot adalah pegangan raket, gerak kaki yang cepat, posisi badan, dan proses perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul.

Baca Juga :  Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Jenis, Manfaat dan Gerakan Senam Aerobik

Perlengkapan Permainan Bulu Tangkis

Adapun perlengkapan dalam permainan bulu tangkis antaralain sebagai berikut :

Raket

Yang pertama adalah raket, dan raket tersebut harus panjang tidak boleh melebihi 68 cm dan kepala raket panjangnya tidak boleh lebih dari 23 cm. Senar yang dipasang pada permukaan raket tidak boleh berukuran lebih dari 28 cm(untuk panjang) dan lebih dari 22 cm(lebar).

Senar

Senar merupakan perlengkapan yang sangat dan harus diperhatikan dalam sebuah permainan bulu tangkis. Senar memiliki ciri-ciri yang berbeda satu sama lainnya. Kuat dan kokoh atau keawetan senar juga tergantung pada kinerjanya, dan pada umunya senar memiliki ketebalan sekitar 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb.

Kok

Kok merupakan bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis. Dan kok ini terbuat dari 16 lembar bulu yang  ditancapkan pada dasar kok atau gabus yang dilapisi dengan kain atau kulit, berat kok berkisar antara 73—85 gram (4,74 gram-5,00 gram).

Sepatu

Perlengkapan terakhir ialah sepatu. Sepatu digunakan untuk dapat melakukan percepatan sepanjang lapangan.

Sepatu bulu tangkis terbuat dari sol karet hal ini karena sol karet dapat berfungsi sebagai cengkraman yang baik. Selain itu, terdapat pula dinsing sisi yang bertulang pada sebuah sepatu yang berfungsi agar tahan lama selama tarik menarik yang dilakukan.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah,Ukuran, Tehnik dan Peraturan saya harap teman-teman dosenpintar.co.id dapat terbantu dengan adanya artikel ini. Terus pantengin dosenpintar.co.id untuk artikel-artikel selanjutnya.

Related posts: