√Ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Ciri-ciri pasar oligopoli

Pasar oligopoli terdapat dalam perekonomian yang sudah maju dan juga teknologi sudah sangat modern. Contoh dari pasar oligopoli ini antara lain ialah pasar otomotof, industri baja, dan yang lailnya.

√Ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya

  1. Terdapat sedikit penjual yang menjual produk substitusi

Hal ini dikarenakan penawaran satu janis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan. Sebai akibat sedikitnya penjualan yang menjual produk subtitusi, terjadi perang harga.

  1. Terdapat rintangan untuk memasuki industri oligopoli

Hal ini karena modal yang dibutuhkan relattif besar sehingga perusahaan yang ada dalam pasaar hanya sedikit. Walaupun begitu, rintangan ini tidak sekkuat seperti di pasar monopoli.

  1. Keputusan harga yang stabil oleh suatu perusahaan haru dipertimbangakan oelh perusahaan yang lain dalam industri

Penurunan harga dari suatu perusahaan cenderung menebabkan perusahaan lain juga ikut melakukan penurunan agar mereka tidak kehilangan langganan. Demikian juga sebaliknya, sekiranya suatu perusahaan menaikan harga, produksi perusahaan lain menjadi relatif lebih murah. Maka akibatnya, perusahaan yang menaikan harga akan kehilangan langganananya, sedangkan perusahaan lain yang tidak menaikkan harga bertambah banyak langganannya.

  1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak

Barang yang dihasilkan dipasar oligopoli banyak ragamnya baik barang standar maupun juga barang berbeda corak

  1. Melakukan promosi melalui iklas

Dalam pasar oligopoli ini, kegiatan promosi melalui iklan aktif dilakukan dengan tujuan menarikk pembeli baru dan juga mempertahankan pembeli lama.

Baca Juga :  √Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan : Wilayah , Peradaban , Agama

Kelebihan pasar oligopoli

Pasar oligopoli ini mempunyai kelebihan, diantaranya ialah sebagai berikut ini.

  1. Barang yang dihasilkan bercorak

Produsen yang ada di pasara oligopoli memproduksi barang bermacam-macam dan juga berbeda corak sesuai yang diinginkan masyarakat. Dengan begitu pasar barang tersebut bisa menyebar ke golongan masyarkat yang lebih luas lagi.

  1. Efisiensi dalam menggunakan sumber-sumber daya

Jika dipandang dari syarat efisiensi, pasar oligopoli tidaklah menggunakan sumber daya secara efisiensi. Akan tetapi dipandang dari sudut skala ekonomi mungkin diperbolehkan, terdapat kemungkinan bahwa produsen dalam pasar oligopoli akan memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dari pada produsen dalam pasar persaingan sempurna.

baca juga :√Ciri Pasar Persaingan Monopolistik: Kelebihan dan Kekurangannya

  1. Pengembangan teknologi

Pasar oligopoli ialah struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengemukakan teknologi dan melalkukan inovasi. Usaha untuk menarik lebih banyak konsumen dijalankan dengan persaingan bukan harga, Salah satu nya ialah dengan cara terus menerus mengembangkan barang yang diproduksi agar memiliki ke istimewaan tertentu. Untuk mencapai tujuan in iperusahaan harus lah terus berusaha mengembangkan teknologi dan juga membuat inovasi yang dibutuhkan.

Kelemahan pasar oligopoli

Selain mempunai kelebihan, ternyata pasar oligopoli ini mempunhai kelemahan, diantaranya ialah sebagai berikut ini.

  1. Terjadi persaingan harga yang ketat

Persaingan harga biasanya terjadi jika ada produk baru masuk ke pasar. Agar bisa menguasai pasar, biasanya produsen baru menurunkan harga, agar produklam dapat tergerserkan. Tindakan ini akan merugikan pelaku lama.

  1. Terdapat rintangan yang kuat guna masuk ke pasar oligopoli

Bagi produsen baru yang mesuk ke pasar tidaklah mudah karena membutuhkan investasi yang tinggi.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Baca Juga :  √ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya

baca juga :

Bagikan Artikel :