√Ciri Protista dan Protozoa : Pengertian, Reproduksi, Perannya

Posted on

Pengertian

Protistas berasal dari bahasa yunani, protos yang berarti pertama, dan ksitor yang berarti menyusun. Maka kingdom ini beranggotakan makhluk bersel satu/bersel banyak yang tersusun sederhana. Meskipun demikian, dibandingkan dengan monera, protista sudah jauh lebih maju karena sel-sel nya sudah mempunyai membran inti atau eukariota.

√Ciri Protista dan Protozoa : Pengertian, Reproduksi, Perannya

Protista ini diperkirakan sudah ada sejak 1-2 miliar tahun yang lalu, sebelum ada orgasme tingkat tinggi. Orgasme yang tergabung dalam protista pernah membuat bingung para ahli taksonomi karena ada yang mering dengan tumbuhan, ada juga yang miring hewan, dan ada juga yang miring dengan jamur. Untuk memjebatani perbedaan ini maka lahirlah kingdom maru yang bernama protista.

Ciri-ciri protista

Aggota kingdom protista umumnya organismme bersel satu, ada yang berkoloni dan ada juga yang bersel banyak, akan tetapi belum mempunyai jaringan. Hampir semua protista hidup di air, baik air laut maupun air tawar. Dan beberapa yang hidup pada jaringan hewan. Kingdom ini ada yang menyerupai hewan, jamur dan tumbuhan. Sebagai protista bersifat autrotor yang dapat berfotosistesis karenan mempunyai pigmen fotosistetik, seperti alaga dan  protozoa fotosintetik, misalnya euglena.  Sebagian lainya ialah protozoa non fotosintetik yang hidup sebagai heterotrop, baik secara fagotrop dan osmotrop. Protozoa yang merupakan jamur mempunyai siklus hidup dengan fase muda yang bersifat seperti ammoeba da reproduksi midip dengan jamur, yang meliputi jaur lendir dan juga jamur air.

Ciri-ciri protozoa

Protozoa ialah organisme yang bersel tunggal yang sudah mepunyai membran inti. Protozoa berukuran sangat kecil yaitu sekitar 100 sampai 300 mikron. Berntuk sel protozoa sangat bervariasi ada yang tetap dan ada juga yang berubah-ubah.

Baca Juga :  √Ciri Protista Mirip Tumbuhan: Pengertian dan Contohnya

Reproduksi protozoa

Protozoa sebagian besar akan melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Sebagian lagi protozoa melakukan reproduksi seksualnya dengan penyatuan sel generatif atau dengan penyatuan inti sel vegetatif.

Penggolongan protozoa

Berdasarkan alat geraknya, digolongkan atas

  1. Mestigophora atau flagelata, bergerak menggunakan bulu cambuk
  2. Sarcodina atau rhizopoda, bergerak mengunakan kaki semu
  3. Ciliata atau ciliphora, bergerak mengunakan bulu getar
  4. Sporozoa, tidak mempunyai alat gerak khusus dan berkembang biak dengan spora.

Penggolongan kingdom protista berdasarkan alat geraknya

  1. Mastigophora atau flagelata

Flagelata berasal dari kata flagel yang artinya cambuk, phora artinya gerak. Semua anggota filum glagellata bergerak menggunakan glagel. Bentuk ubuh flagellata tetap karena dilindungi oleh pelikel.

baca juga : √Tahapan Metode Penelitian Biologi (LENGKAP)

Diantara flagellata ada yang hidup bebasm dan aja juga yang hidup bersimbiosis dalam tubuh hewan, flagelata berkembang biak secara aseksual dengan pembelahan biner secara longitudiinal, sedangkan reproduksi seksual belum banyak diketahui.

  1. Rhizopoda

Contoh rhizopoda yang sangat di kenal ialah amoeba sp. Amoeba ini mempunyai atat gerak berupa kaki semu. Bentuk sel amoeba tidak tetap, sitoplasma yang terdiri dari ektoplasma dan endoplasma. Habitat organisme ini di air tawar, air laut dan ti tempat-tempat basah.

  1. Ciliata

Ciliata bergerak menggunakan rambut getar (silia). Silia ini ada yang tumbuh merata pada seluruh permukaan tubuh, akan tetapi ada juga yang hanya tumbuh pada baigan tertentu dari tubuh hewan tersebut

  1. Sporozoa

Hewan bersel satu yang tidak mempunyai alat gerak dikelompokkan dalam prorozoa. Anggota filum sporozoa hidup sebagai parasit pada hewan ataupun manusia. Pada salah satu tahapan siklus hidupnya mempunyai bentuk seprti spora. Ttubuh sporozoa berbentuk bulat atau oval, memiliki nukleus, akan tetapi tidak mempunyai vakuola kontraktil.

Baca Juga :  √Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia : Menguntungkan dan Merugikan

Peran protozoa dalam kehidupan manusia

  1. Peran yang menuntungkan

Protozoa yang hidup di air tawar dan lait ialah zooplankton yang menjadi salah satu sumber makanan bai hewan air termasuk juga udang, kepiting ikan yang secara ekonomis bermafaat bagi manusia. Peran protozoa lainya ialah dalam mengontrol jumlah bakteri alam karena protozoa ialah pemangsa bakteri.

  1. Peran yang merugikan

Protozoa bisa ditemukan dimana-mana karena termasuk organisme kosmopolit. Oleh sebab itu, beberapa jenis protozoa bisa mengancam kesehatan manusia karena dapa menyebabkan penyakit.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Ciri Protista dan Protozoa : Pengertian, Reproduksi, Perannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Related posts: