√ Ciri sifat lumut dan plantae (LENGKAP)

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Ciri umum plantea

Dunia tumbuhan mancakup semua organisme multiseluler, fotosintetik, autotrop. Dinding sel tumbuhan di susun atas senyawa selulosa, dan menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum. Akan tetapi, ternyata tidak semua organisme dengan ciri seperti itu bisa di golongkan sebaai tumbuhan. Bagaimana dengan gangang hijau? Kamu tahu ganggang ini bersifat foosintetik, apabila demikian, bagaimanakah membedakan ganggang multiseluler dengan tumbuhan?

√ Ciri sifat lumut dan plantae (LENGKAP)

Tumbuhan adalah organisme yang sepenuhnya menyesuaikan diri dengan kehidupan di darat, wapaupunbeberapa di antara nya hidup di air misalnya seperti teratai. Oleh karena itu, tumbuhan berupa kormus (memiliki  akar, batang dan juga daun sejati), bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan , seprti cahaya , CO2 air dan mineral di peroleh melalui berbagai proses yang terjadi pada ketiga organ tersebut. Selain itu juga, semua tumbuhan mempunyai kloroplas dengan klorofil a dan juga klorofil b. ganggang hijau diketahui hanya mempunyai klorofil b.

Ciri-ciri dan sifat lumut

Pada umumnya kita menyebut “lumut” untuk semua tumbuhan yang hidup di permukaan tanah, tembok, batu atau pun pepohonan yang basah, bahkan yang hidup di air. Padahal tidak semuanya bedar, kalau kita cermati, mereka semua masih berpa talus jadi belum mempunyai kormus yang jelas.

Baca Juga :  √ Ciri Jamur dan Klsifikasinya

Semua lumut adalah tumbuhan autotrop fotosintetik, tak berpembuluh, akan tetapi sudah mempunyai batang dan daun yang jelas dapat di amati meskipun akarnya masih berupa rizoid. Maka lumut dianggap sebagai peralihan antara tumbuhan thalus ke tumbuhan berkormus, karena mempunyai ciri thallus berpa wizoid dan juga kormus yang telah menampakan adanya bagian batang dan juga daun.

Penggolongan dan peran lumut

Lumut yang hidup di berbagai tempat di bumi bisa digolongkan atas:

  • Lumut daun

Lumut ini bisa dengan mudah di temukan di tempat yang basah atau lembap, menempel pada permukaan batu bata, tembok dan juga tempat terbuka. Tubuhnya berukuran kecil, berbatan semu tegak dan juga lembaran daunya tersusun spiral. Pada pangkal batang terdapat rizoid yang bercabang dan juga bersepta berfungsi sebagai akar. Letak anteridium dan archegonium terpisah. Sekalipun lumut daun berukuran kecil, akan tetapi dampak kolektifnya pada bumi sangat besar.

  • Lumut hati

Lumut hati berbentuk lembaran, rizoidnya tidak bercabang terdapat di bawah tangkai tidak bercabang terdapat di bawah tangkai atau lembarannya. Letak antheredium dan juga archegonium terpisah. Pada umumnya lumut hati mudah sekali ditemukan pada tebing-tebing yang basah.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Ciri sifat lumut dan plantea (LENGKAP), semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √Ciri Protista Mirip Tumbuhan: Pengertian dan Contohnya
Baca Juga :  √Ciri Protista Mirip Jamur : Contoh dan klasifikasinya
Baca Juga :  √Ciri Protista dan Protozoa : Pengertian, Reproduksi, Perannya
Baca Juga :  √Reproduksi Monera : Aseksual dan Seksual
Bagikan Artikel :