Kumpulan Contoh Cerpen Singkat dan Lengkap

Posted on

Contoh Cerpen – Hai sahabat dosenpintar.co.id sebelumnya kita sudah membahas artikel lengkap mengenai Contoh Slogan, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan,Kebersihan , Nah di kesempatan kali ini, kita bakal ngebahas artikel mengenai Kumpulan Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Singkat. Kalian pasti sudah tau kan apa itu cerpen? Untuk lebih jelasnya langsung aja yuk simak ulasannya dibawah ini.

Kumpulan Contoh Cerpen

Pengertian Cerpen

Cerpen (Cerita Pendek) yaitu sebuah jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif/fiksi. Dimana isinya menceritakan kisah suatu tokoh serta konflik dan juga penyelesaiannya. Cerita tersebut ditulis secara ringkas dan padat.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

1. Cerpen menurut Sumardjo dan Saini

Cerpen adalah cerita fiktif yang tidak benar-benar terjadi tapi bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek.

2. Cerpen menurut Notosusanto

Cerpen adalah cerita yang panjangnya berkisar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman, dimana isinya terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

3. Cerpen menurut H. B. Jassin

Cerpen adalah cerita singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

Struktur Cerpen

Dalam sebuah cerpen terdapat 6 struktur penting yang membangun cerita pendek tersebut menjadi sebuah suatu cerita yang untuh. Keenam struktur itu antaralain:

1. Abstrak

Ringkasan atau inti dari cerpen merupakan gambaran awal suatu cerita. Unsur abstrak ini bersifat opsional.

2. Orientasi

Hal-hal yang berhubungan dengan waktu, suasana, dan tempat yang ada dalam cerpen.

3. Komplikasi

Urutan kejadian yang dihubungkan berdasarkan sebab-akibat.

4. Evaluasi

Struktur konflik yang mengarah pada klimaks, dan mulai menemukan solusi atau penyelesaian atas konflik tersebut.

5. Resolusi

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi

Bagian ini menjelaskan solusi atau penyelesaian atas masalah/konflik yang terjadi dalam cerita.

6. Koda

Nilai moral atau pelajaran yang dapat dipetik dari cerpen.

 

Ciri-Ciri Cerpen

Berikut ini adalah ciri-ciri cerpen pada umumnya:

  • Jumlah kata yang terdapat dalam cerpen kurang dari 10.000 kata.
  • Cerpen berisi cerita fiktif/fiksi.
  • Hanya ada satu alur.
  • Ceritanya singkat, lebih singkat dari Novel.
  • Cerpen umumnya diangkat dari kejadian sehari-hari.
  • Menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti
  • Penokohannya sangat sederhana

 

Contoh Cerpen

Contoh Cerpen Singkat Lucu

Scrub Gula Pasir

Pada suatu siang, Nike sedang berbincang – bincang dengan Tifa dengan begitu asyiknya.

“Tif, menurutmu Rian itu suka tipe cewek seperti apa ya?”

“Eng, apa ya? Setahuku sih dia suka sama cewe yang alami apa adannya.” Jelas Tifa.

“Jadi dia gak suka sama cewe bergincu gitu dong?” Tanya Nike.

“Ya mungkin.”

“Lalu apa dong yang membuat bibir bisa merah tanpa pakai lipstik?”

“Coba saja pake scrub gula pasir setiap malam, bibir mu pasti bakal merah merona secara alami.”

“Ah masa sih?”

”Oke kalau begitu akan kucoba nanti malam demi mendapat cinta sang pangeran. Hahaha.”

“Bentar lagi bakal ada acara festival tuh di kampus, coba saja scrub-an rutin setiap malam.” Sambung Tifa.

“Benar juga ya. Nanti harus tampil maksimal di depan sang pangeran.” Tukas Keke mengiyakan. Beberapa hari sudah lewat. Di hari sebelum acara, Keke tampil seperti yang dikatakan Tifa. Ketika melihat Nike, Tifa terkaget-kaget.

“Ada apa dengan bibirmu? Kenapa merah sekali? Berapa kilo gula yang kamu gunakan? Itu sensual apa bonyok ya?” Tanya Tifa terheran.

“Ini akibat gigitan semut setiap malam tau, sampai sesensual dan semerah ini, benar-benar pengorbanan.” Jawab Nike.

“OMG”.

 

Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi

Trauma

Dari dalam ruangan terdengar suara ketukan pintu dari luar.

Baca Juga :  Contoh Paragraf Induktif, Deduktif dan Campuran

“Silakan masuk.” Sambung Pak Gibran dari dalam ruangan.

“Maaf pak, apakah Pak Gibran ada?” Tanya seorang pemuda yang dipanggil interview pekerjaan.
“Engga, silakan keluar!“

“Maaf pak.”

“Di mana Pak Gibran? Kenapa OB yang berada di dalam ruangan?” Tanya pemuda itu kepada petugas yang ada di luar ruangan.

“Yang di dalam tadi itu Pak Gibran. Dia memang begitu, suka pura – pura berpenampilan seperti OB untuk mengetes karyawannya.” Ia menjelaskan.

“Maksudnya?”

“Ya artinya kamu tidak lolos hari ini, begitulah Pak Gibran. Dahulu dia pernah trauma dengan beberapa karyawannya karena materi.”

 

Contoh Cerpen Pendidikan

Wirausaha

Afif adalah mahasiswa lulusan hukum yang memilih berwirausaha daripada bekerja kantoran. Uniknya lagi, yang dia jual adalah produk hasil olahannya sendiri yang diracik dari penelitian yang dia lakukan di kampus. Produk yang ia jual adalah sambal dengan campuran rumput laut yang ekonomis dan sehat.

Awalnya dia memasarkan produk tersebut pada teman-teman kuliahnya, dosen dan jgua staf kampus. Hasil risetnya masuk dalam kategori produk riset terbaik tahun 2017. Selain hargannya yang relatif terjangkau sesuai dengan kantong mahasiswa, produknya juga menyehatkan.

“Fif, hal apa yang membuatmu lebih suka berwirausaha? Padahal kamu termasuk mahasiswa berprestasi loh, bisa masuk perusahaan manapun dengan mudah bahkan tanpa tes. Apalagi produk sambalmu itu kamu jual dengan harga terjangkau, bagaimana kamu bisa meraih keuntungan?” Tanya salah satu temannya penasaran.

“Iya memang, aku bisa saja menjual produkku ini dengan harga tinggi jika aku mau. Pasti juga laku. Apalagi bagi orang yang paham kesehatan. sebenarnya sih aku bisa bekerja di perusahaan bonafit dengan gaji tinggi, bisa saja, tapi mohon maaf teman, aku kuliah tinggi- tinggi bukan untuk uang atau balik modal dari seluruh biaya yang aku keluarkan. Aku bahagia jika pekerjaanku bisa bermanfaat untuk orang lain baik dari segi biaya dan kesehatan mereka.” Jelas Afif.

Baca Juga :  Norma Kesusilaan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Mendengar penjelasan Afif, temannya langsung terdiam.

 

Contoh Cerpen Persahabatan

Baik Luar Dalam

“Nia, ada Dian tuh di depan nyariin kamu, nungguin dari tadi.” Sahut Fira pada Shania yang sedang mengerjakan tugas sekolah.

“Fir, bilangin kalo aku gak ada, lagi diluar atau lagi dimana gitu.” Pinta Shania pada Fira.

“Kenapa kamu kaya gitu sih sama Dian? Dia kan udah datang jauh-jauh, tapi malah kamu usir.”

“Hahaha.. tidak semudah itu ferguso. Dari luar sih emang baik, manis, ramah. Tapi kamu jangan melihat dari luarnya saja. Kamu harus lihat juga dalammnya. Dalamnya pahit.”

“Pahit gimana?”

“Dia sering ngomongin keburukan temannya sendiri di belakang. Banyak pokoknya Fir, aku males aja ngomongin dia.”

“Coba bandingin sama kamu ini. Meskipun judes dan ceplas-ceplos sama aku. Tapi setidaknya hatimu tulus, Fir, bukan baik di luar tapi dalamnya busuk. Aku gak butuh tampilan luar orang dalam berteman.” Jelas Shania.

Demikianlah artikel mengenai Kumpulan Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Singkat lengkap beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts: