Contoh Makalah Pengertian, Jenis dan Ciri

Posted on

Contoh Makalah – Hai sahabat dosenpintar.co.id, dalam artikel sebelumnya kita telah membahas artikel tentang Contoh Pamflet, maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Contoh Makalah – Pengertian, Jenis, Ciri yang Baik dan Benar. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah.

Contoh Makalah Pengertian, Jenis dan Ciri

Pengertian Makalah

Makalah yaitu sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah dengan membahas masalah tertentu berdasarkan hasil kajian lapangan serta kajian teori, kemudia kajian ini ditulis secara selaras dan sistematis. Namun, ahli bahasa menyatakan bahwa makalah merupakan karya ilmiah yang memuat suatu topik tertentu yang ditulis secara sistematis serta dianalisis secara rasional dan objektif.

Ciri-Ciri Makalah

Makalah tidak sama seperti artikel, jurnal, maupun koran. Adapun ciri-ciri makalah antaralain:

  1. Berisi suatu kajian atau laporan dari suatu kegiatan di lapangan yang sesuai dengan bahasan atau topik tertentu.
  2. Harus terdapat keterangan tentang permasalahan teori lalu dikaji dengan menerapkan prosedur, teori, serta prinsip yang berhubungan dengan bahasan atau topik tertentu.
  3. Berisi tentang kesatuan dari hasil pengolahan beragam teori dan informasi. Oleh karena itu makalah harus dibuat dengan tersusun dengan sempurna (dengan selalu memperhatikan penggunaan EYD, etika menulis, etika mengutip serta cara untuk menyimpulkan sebuah gagasan).
  4. Sebuah makalah harus memiliki sistematika yang paten.

 

Jenis-Jenis Makalah

Menurut jenisnya, makalah bisa dibedakan menjadi 3, yaitu makalah induktif, deduktif dan campuran.

Makalah Induktif

Makalah yang disusun berdasarkan hasil data empiris yang didapatkan dari penelitian lapangan. Dan bisa dikatakan makalah induktif jika makalah tersebut dikembangkan dengan pola induksi, yaitu harus diawali dengan hal-hal bersifat khusus lalu disimpulkan menjadi hal-hal yang bersifat umum. Kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

Baca Juga :  Literasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contoh

Makalah Deduktif

Makalah yang disusun berdasarkan teori yang diperoleh dari literatur yang sudah ada. Bisa dikatakan makalah deduktif jika makalah tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yaitu makalah harus menjelaskan hal yang bersifat umum kemudian menuju hal yang lebih khusus. Dimana awal paragraf berada di pangkal paragraf, kemudia diikuti oleh kalimat-kalimat pendukungnya.

Makalah Campuran

Merupakan gabungan dari dua makalah (makalah induktif dan deduktif) dimana dasar penyususnannya diperoleh dari kajian teoritis dan data empiris. Pada makalah campuran menggunakan paragraf umum, yang diikuti kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus, kemudian ditutup dengan kesimpulan yang bersifat umum.

Langkah Membuat Makalah

Adapun langkah-langkah dalam membuat makalah yaitu :

1. Judul

Tentukan judul yang akan kamu cantumkan dalam makalah. Judul terletak dibagian cover bersama logo, identitas penulis serta tahun terbit.

2. Kata Pengantar

Dalam sebuah makalah, harus terdapat kata pengantar yang berfungsi sebagai pengantar supaya pembaca memiliki pandangan umum mengenai makalah yang kamu buat.

3. Daftar Isi

Daftar isi adalah halaman yang memuat informasi halaman yang ada di dalam makalah. Dimana fungsinya untuk memudahkan pembaca untuk menemukan informasi tertentu yang ada di dalam makalah.

4. Pendahuluan

Berisi tentang latar belakang permasalahan atau topik yang kamu angkat ke dalam makalah, dan juga menjelaskan kenapa kamu tertarik dengan topik tersebut.

5. Isi

Disini kamu mulai menjelaskan tentang rumusan masalah dari topik yang kamu angkat, lalu kamu uraikan beberapa masalah yang ada dengan data yang telah diperoleh. Jangan lupa sampaikan tujuan dan manfaat yang dapat diperoleh pembaca dengan membaca makalahmu.

6. Penutup

Berisi tentang kesimpulan yang kamu peroleh dari topik makalah yang kamu buat.

Baca Juga :  Passing Grade Sekolah Kedinasan 2019

7. Daftar Pustaka

Cantumkan juga materi pendukung atau tempat referensi yang kamu peroleh, baik dari situs, buku, majalah, dan sebagainya.

 

Demikianlah artikel mengenai Contoh Makalah Pengertian, Jenis dan Ciri semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya ya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts: