Contoh Memo : Pengertian, Jenis, Bagian, Fungsi, Cara Membuat

Posted on

Contoh Memo – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id, balik lagi bersama saya, yang mana kali ini kita akan membahas tentang Contoh Memo : Pengertian, Jenis, Bagian, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh Memo. Daripada penasaran langsung aja yuk simak artikelnya di bawah ini.

contoh memo
 

Pengertian Memo

Pastinya teman-teman sudah sering mendengar kata “memo”, istilah tersebut berkaitan dengan ingatan. Lantas apa sih pengertian memo secara garis besar? Memo didefinisikan sebagai pesan ringkas atau singkat yang padat, jelas dan mudah untuk di pahami. Memo menurut fungsinya di bagi menjadi dua yaitu bersifat resmi (biasanya digunakan pada sebuah perusahaan, lembaga atau instansi) dan bersifat tidak resmi (bersifat pribadi dan biasa ditujukan pada teman, sodara, dan orang terdekat).
 

Jenis-jenis Memo

Seperti yang sudah disinggung diatas, memo memiliki dua jenis, yaitu :

  • Memo Resmi

    Jenis memo ini sifatnya resmi, dan biasanya dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya dalam sebuah perusahaan, lembaga ataupun instansi.

  • Memo tidak resmi / memo pribadi

    Jenis memo ini sifatnya pribadi yang biasanya digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara atau orang terdekat.

 

Bagian-bagian Memo

Meskipun hanya berupa pesan singkat, memo juga memiliki bagian-bagiannya. Bagian tersebut antaralain :

  • Bagian Kepala

    Berada di paling atas, kepala memo terdiri atas kop memo (pada memo resmi), nama pengirim dan nama penerima.

  • Bagian Isi

    Bagian yang kedua yaitu badan memo yang terdiri atas isi memo.

  • Bagian Penutup

    Yang terakhir adalah bagian penutup atau kaki memo. Bagian ini terdiri dari berisi tanggal, tanda tangan dan nama jelas pembuat memo.

 

Fungsi Memo

Memo memiliki fungsi untuk mengingatkan, menegaskan tentang suatu hal maupun urusan. Adapun isi yang terdapat dari sebuah memo antaralain berupa permintaan, instruksi, pemberitahuan, saran, pesan dan tugas-tugas tertentu.
 

Cara Membuat Memo

Adapun langkah-langkah dalam membuat memo antaralain sebagai berikut:

  • Saat hendak menulis memo, tulislah secara singkat dan padat, langsung mengenai hal-hal pokok yang ingin disampaikan.
  • Menggunakan bahasa yang sesuai dengan siapa yang akan menerimanya.
  • Mencantumkan nama pembuat di memo secara jelas supaya memo tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
  • Jangan lupa cantumkan juga nama penerimanya supaya memo tersebut tidak salah sasaran.

 

Contoh-contoh  Memo

Berikut adalah contoh-contoh dari memo :
 

Contoh Memo Resmi Sekolah

SMA HARAPAN BANGSA LAMPUNG

Jl. Pulau Antasari No. 37 Tanjung Karang Barat

Telp. (081) 332344 Email : [email protected]

MEMO

Dari : Kepala Sekolah

Kepada : Wakil Kepala Sekolah

Saya ingin berdiskusi dengan Anda perihal pasca pelaksanaan USBN yang akan berlangsung 3 minggu lagi. Diskusi ini untuk membahas mengenai murid – murid dapat lebih siap menghadapi USBN dengan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Diskusi akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2019. Tolong Anda menyiapkan data – data perihal kesiapan soal dan daftar jawaban yang diberikan oleh pemerintah. Insya Allah diskusi ini akan diselenggarakan nanti siang setelah istirahat kedua di ruangan Saya. Sekian dan terima kasih.

Lampung, 22 Oktober 2019

Kepala Sekolah

Ahmad Pajar

 

Contoh Memo Perusahaan

PT. Gading Taring

Jl Jendral Sudirman No. 18 Bangka Belitung

Telp. 0212121212

MEMO

Dari: Direktur Utama

Kepada : Staff Keuangan

Tolong Anda persiapkan laporan keuangan bulan ini. Laporan tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi dengan dewan direksi, yang akan dilaksanakan pada rapat bulanan pada tanggal 19 Desember 2019, pukul 10.00 WIB, di aula kantor.

Laporan keuangan tersebut masih banyak yang perlu untuk dipersiapkan, maka dari itu saya sangat berharap agar Anda dapat menyiapkan laporan tersebut secepat mungkin. Deadline saya menerima laporan tersebut tiga hari dari sekarang, yaitu pada tanggal 16 Desember 2019. Jangan lupa untuk soft copy laporan tersebut kirimkan ke e–mail saya. Sekian dan terima kasih.

Bangka Belitung, 13 Desember 2019

Direktur Utama

Derianto

 

Contoh Memo Internal Perusahaan

PT. TRIDENT TACKLE

Jl. Roselia No. 2 Bantul, Surakarta

Telp. (021) 45384385 Email : [email protected]

MEMO

Dari: Manager keuangan

Kepada: Bagian Keuangan unit 1

Tolong Anda siapkan data – data beserta laporan keuangan tahun ini, termasuk pengeluaran untuk bulan ini. Data – data dan laporan tersebut akan menjadi salah satu bahan evaluasi pada rapat rutin tahunan. Saya berharap Anda dapat menyiapkannya dengan lengkap beserta soft copy dari dokumen – dokumen tersebut.

Rapatnya diadakan dalam seminggu lagi dari sekarang yaitu pada hari Selasa, 23 November 2019. Maka dari itu saya mengharapkan Anda dapat menyiapkannya dengan cepat. Sekian dan terimakasih.

Surabaya, 16 November 2019

Manajer Keuangan,

Baharudin Oke

 

Contoh Memo Organisasi

Dinas Pendidikan Sulawesi Utara

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sulawesi Utara

MEMO

22 Mei 2019

Dari : Kepala Sekolah
Kepada : Seluruh Dewan Guru Dan Staff Sekolah

Dimohon untuk seluruh dewan guru dan para staf untuk ikut serta mengingatkan para siswa smk muhammadiyah 2 tulungagung dalam gerakan kerapian, seperti memasukan baju, memakai sepatu hitam seragam, dan kerapian rambut, hal ini di lakukan agar para siswa menjadi terlatih dan terbiasa untuk selalu tampil rapi pada saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. terimakasih.

Kepala Sekolah

Ashura Bakti

 

Contoh Memo Keuangan

Jl. Karang Baru No. 34 Kota Cirebon

Telp. (021) 123664753

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Marketing

Tolong sampaikan kepada para anggota yang berada di bagian marketing untuk mempersiapkan diri menghadiri acara seminar yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Agustus 2016 di Aula PT. Amazing Hercules. Saya berharap agar seluruh anggota marketing untuk mengikuti seminar tersebut. Hal tersebut akan menjadi salah satu yang akan dievaluasi dalam rapat rutin bulanan kita. Sekian dan terima kasih.

Cirebon, 1 Juli 2020

Manager

 

Demikianlah artikel yang membahas tentang Lengkap, Contoh Memo : Pengertian, Jenis, Bagian, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh Memo semoga artikel diatas bisa membantu teman-teman dalam mencari jawaban ataupun menambah ilmu dan wawasannya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts:
Baca Juga :  Sinopsis : Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuat Sinopsis