Contoh Paragraf Campuran, Iduktif, Deduktif

Posted on

Contoh Paragraf Campuran – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai contoh paragraf campuran, pengertian paragrafi campuran dan ciri-ciri nya, pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai paragraf induktif, deduktif,. Yuk langsung aja simak artikel tentang model atom rutherfor beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran yaitu paragraf yang memiliki dua kalimat utama ( ide pokok ) yang berada di awal dan akhir paragraf, sedangkan yang lainya hanyalah kalimat penjelas.Dengan kata lain paragraf campuran adalah gabungan paragraf induktif dan diduktif dimana ada kalimat utama di akhir paragraf dan awal paragraf

 

Ciri-ciri Paragraf Campuran

  • Memiliki dua kalimat utama (ide pokok)
  • Kalimat utama berada di awal paragraf dan akhir paragraf
  • Terdapat pengulangan kalimat untuk mempertegas dan menjadi kesimpulan di akhir paragraf
  • Kalimat penjelas berada di tengah paragraf
  • Memiliki pola paragraf khusus-umum-umum-khusus

Contoh Paragraf Campuran

Berikut adalah beberapa contoh paragraf campuran, antaralain:

Paragraf Campuran Tentang Pendidikan

Dalam sebuah pendidikan hal utama yang sangat diperlukan bagi anak ialah pendidikan karakter. Pendidikan karakter tersebut bertujuan agar anak dapat mempunyai pondasi karakter dan mental yang kuat. Dalam hal ini diperlukan kerja sama antar Orang tua dan guru guna memberika arahan yang dapat diterima oleh anak. Jika berhasil, orang tua dan guru akan lebih mudah dalam mentransfer ilmu maupun nasihatnya kepada anak. Jadi, pendidikan karakter harus diutamakan dalam sebuah pendidikan.

 

Paragraf Campuran Tentang Narkoba

Permasalahan terbesar yang ada di indonesia adalah Narkoba. Peredaran narkoba semakin mengerikan di negeri ini. Terdapat begitu banyak manusia yang tidak bertanggung jawab yang membawa narkoba dari luar negeri. Mereka mulai mempengaruhi orang-orang mulai dari golongan atas sampai ke golongan bawah. Hal yang sangat disayangkan adalah para pelajar dan mahasiswa yang juga banyak terjebak oleh narkoba. Pendidikan mereka menjadi kacau. Kehidupan sosial menjadi tidak berjalan baik. Bahkan masa depan pun menjadi suram. Maka sebab itu diperlukan rasa kewaspadaan terhadap orang sekitar bahkan orang terdekat sekalipun agar tidak terjebak dalam lembah kegelapan narkoba

Baca Juga :  Contoh Paragraf Induktif, Deduktif dan Campuran

 

Paragraf Campuran Tentang Lingkungan

Limbah potong rambut sebaiknya jangan langsung dibuang ke tempat sampah. Mengapa? karena ada beberapa hal yang masih dapat dimanfaatkan dari bekas potongan rambut tersebut, misalnya bisa digunakan untuk bahan pupuk kompos. Karena terdapat unsur yang terkandung dari bekas limbah rambut yaitu kandungan zat nitrogen yang tinggi. maka sebab itu, limbah potongan rambut ternyata dapat didaur ulang menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat.

 

Paragraf Campuran Tentang Kesehatan Singkat

Membersihkan rumah sudah menjadi kewajiban bagi setiap keluarga. Dengan bersihnya rumah dan lingkungan tentunya membuat semua penghuni merasa nyaman dan tenteram. Hal tersebut harus diterapkan, karena apabila rutin membersihkan rumah, tentu akan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak perlu setiap hari membersihkan rumah, tetapi cukup dua kali saja dalam seminggu. Itulah pentingnya jika selalu membersihkan rumah.

 

Paragraf Campuran Tentang Ekonomi

Kerusakan jalan berimbas pada lambatnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Adanya Kerusakan jalan merupakan sebuah masalah pada setiap kepentingan umum. Mulai dari sektor produksi dan distribusi barang baik dari daerah ataupun dari luar daerah tentunya menjadi masalah terhadap perkembangan ekonomi. Waktu pendistribusian akan semakin melambat. Keterlambatan distribusi akan menyebabkan barang tidak sesuai pasokan. Maka, apabila hal ini berlangsung akan terjadi kelangkaan barang. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi harga jual dan beli barang dengan tingginya biaya produksi. Apabila dalam masalah ini terus terjadi dan tidak ditemukan nya solusi maka kondisi ekonomi akan semakin memburuk. Dampak ini tentunya akan semakin meluas Bukan ekonomi diaerah tersebut saja akan tetapi terjadi perlambatan ekonomi skala nasional.

 

Paragraf Campuran Tentang Sosial

Pada saat ini bukan hanya twitter saja yang kerap digunakan oleh semua kalangan remaja dan dewasa, Akan tetapi instagram juga kini menjadi media unjuk eksistensi penggunanya. Hampir aktifitas dan kegiatan selalu di upload baik berupa gambar maupun video. Melalui gambar atau video tersebut mereka ingin memperlihatkan atau memberikan informasi. Terkadang juga mereka hanya ingin agar diketahui oleh orang lain saja. Melalui info yang dibagikan, followernya akan memberikan komentar atau sekedar like pada postingan mereka. Dan kebanyakan kerap yang terjadi ialah , adanya perdebatan mulut atau adu opini yang sangat marak terjadi di instagram. Mereka saling bertengkar lewat meme-meme yang dibuat. Komunikasi bahkan dengan orang yang tidak dikenal menjadi lebih cepat dan mudah. Dalam Kemudahan dan kecepatan tersebut yang menjadikan instagram eksis sebagai media untuk unjuk esksistensi yang paling tepat.

Baca Juga :  Cara Penulisan Gelar Diploma, Sarjana, Magister Yang Benar

 

Paragraf Campuran Tentang Pola Hidup

Kesehatan merupakan suatu Pola hidup yang amat penting dalam tingkat harapan hidup masyarakat. Di masa yang serba instan ini, masyarakat seringkali tergiur dengan tawaran produk-produk instan, misalnya makanan instan hingga perawatan kecantikan instan. Tentu Pola hidup instan seperti itu sangat tidak sehat. Makanan cepat saji ini sudah tentu rendah nutrisi. Kolesterol, hipertensi, diabetes dan jantung adalah penyakit-penyakit yang saat ini paling banyak diderita. Dengan kurangnya suatu kesadaran untuk berolahraga, dengan waktu istirahat yang tidak teratur, kebiasaan merokok, dan minum alkohol sangat buruk bagi kesehatan. Hal ini inilah yang menjadi kendala utama pada pola hidup masyarakat. Jadi sangat wajar apabila kondisi kesehatan masyarakat tergolong buruk. Oleh karena itu, pola hidup yang sehat perlu digalakkan untuk meningkatkan harapan hidup masyarakat.

 

Paragraf Campuran Tentang Kehidupan

Air merupakan unsur terpenting dalam kehidupan umat manusia. Semua sendi kehidupan berkaitan dengan air. Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari air. Kehidupan manusia sangat bergantung oleh air. Jika tidak ada air di bumi ini maka manusia akan sangat kesulitan menjalani kehidupan . Makan merupakan Kegiatan vital manusia, mandi, minum, mencuci, sampai bercocok tanam akan terganggu. Organ tubuh manusia juga sangat bergantung pada air. Apabila mengalami dehidrasi, Tentunya sebagian alat kerja organ vital dalam tubuh tidak berfungsi dengan normal.Maka sebab itu perlunya bagi kita untuk selalu menjaga kelestarian air baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi mendatang.

 

Paragraf Campuran Tentang Olahraga

Bermain sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Dalam hal ini bertujuan agar pemain mempunyai kemampuan dasar dan dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Sehingga kemampuan tersebut dapat memberikan suguhan permainan sepak bola yang sangat menarik. Maka perlu lah sebuah teknik atau skill di dalam permainan sepakbola .

Baca Juga :  Kumpulan ucapan Idul Fitri 1440 H - 2019

 

Paragraf Campuran Tentang Kesehatan

Penyakit influenza sangat rentan menular. Dari sebuah hasil penelitian pada penyebaran virus flu dapat dikaitkan dengan adanya peningkatan level kelembapan udara. Diantaranya seperti Amerika dan Eropa yang merupakan negara beriklim sedang, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Lalu kemudian pada negara yang mempunyai iklim tropis, influenza dapat menyebar pada musim penghujan. Waspadalah pada jenis penyakit influenza karena mudah menular.

 

Paragraf Campuran Tentang Lalu Lintas

Kemacetan merupakan suatu masalah besar di setiap perkotaan. Masyarakat harus berseteru dengan padat serta penatnya perjalanan di setiap harinya. Hal ini bahkan telah dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Bila dilihat lebih lanjut, masalah kemacetan lalu lintas memang tak dapat dianggap hal yang sepele. Hal ini sangat berkaitan dengan bertambahnya jumlah penduduk, volume kendaraan, serta kebijakan pemerintah setempat. Jumlah penduduk yang terus mengalami pertambahan, diiringi denganmeningkatnya jumlah kendaraan, serta kinerja pemerintah yang menurun tentu dapat menjadipenyebab kemacetan. Maka oleh karena itu ada baiknya masyarakat menggunaka jasa angkutan umum agar kemacetan lalu lintas bisa sedikit teratasi.

 

Demikianlah artikel tentang contoh paragraf campuran beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id. sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts:
Bagikan Artikel :