Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Posted on

Contoh penulisan daftar pustaka – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, pada artikel sebelumnya kita pernah membahas mengenai contoh daftar isi , kali ini kita akan membahas mengenai contoh penulisan daftar pustaka, contoh catatan kaki, pengertian daftar pustaka, fungsi daftar pustaka, dan unsur-unsurnya baik daftar pustaka dari internet, daftar pustaka dari buku dan banyak lagi. Yuk langsung kita simak artikel mengenai contoh penulisan daftar pustaka beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Apa itu Daftar Pustaka?

Beberapa orang mungkin masih belum mengetahui apa itu daftar pustaka, daftar pustaka merupakan sebuah tulisan yang berada di akhir dari sebuah karya tulis ilmiah yang digunakan sebagai sumber ataupun referensi oleh si penulis dalam menyususun sebuah karya tulis ilmiah baru. Secara umum penulisan dari daftar pustaka terdiri atas nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, serta identitas si penerbit dan juga lokasi si penerbit. Daftar pustaka sendiri pada umumnya digunakan di dalam semua jenis karya tulis ilmiah baik berupa buku, skripsi, makalah, laporan, artikel dan lain sebagainya.

 

Fungsi Daftar Pustaka

Adapun fungsi daftar pustaka antaralain :

  1. Untuk memberitahu kepada pembaca bahwa apa yang telah ditulis bukan hanya didapat dari pemikiran sendiri namun juga mengambil referensi dari pemikiran orang lain yang telah ditulis dalam buku yang tercantum dalam daftar pustaka
  2. Bagi pembaca yang ingin menelaah lebih jauh tentang pernyataan yang telah ditulis dalam karya tulis yang dibuat maka bisa secara langsung mencarinya dari daftar buku yang telah ditambahkan.
  3. Untuk memberikan penghargaan kepada penulis buku yang tercantum sehingga dari pemikirannya terselesaikanlah sebuah karya tulis.
  4. Penulis akan dipandang lebih profesional ketika mencatumkan daftar pustaka.
Baca Juga :  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Sekolah Lengkap

 

Unsur-unsur Daftar Pustaka

Untuk menuliskan daftar pustaka, terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui, termasuk juga unsur-unsur dalam yang harus ada dalam penulisan daftar pustaka, unsur-unsur tersebut antaralain :

  1. Nama pengarang
  2. Judul buku/artikel
  3. Data publikasi (penerbit, tempat terbit (tahun terbit, edisi buku)

 

Aturan Penulisan Daftar Pustaka

Terdapat banyak bentuk prinsip penulisan daftar pustaka, biasanya tergantung dari aturan yang disepakati suatu lembaga pendidikan. Berikut prinsip-prinsip yang umum digunakan saat menulis daftar pustaka.

  1. Penulisan nama harus dibalik dan dipisah dengan tanda koma dan nama depan cukup ditulis dengan huruf pertama. Jika nama terdiri atas tiga kata atau lebih maka penulisan dimulai dari nama terakhir diikuti dengan singkatan dari nama pertama ke belakang. Biasanya masih ada lembaga yang menerapkan penulisan nama tidak dipisah dengan tanda koma. Lebih lengkapnya perhatikan contoh dibawah.
  2. Nama pengarang ditulis tanpa menggunakan gelar(akademik, keturunan, dan agama).
  3. Apabila penulisannya lebih dari satu orang pengarang, maka gunakan tanda koma untuk memisahkannya.
  4. Judul buku dituliskan dalam cetak miring.
  5. Judul buku di setiap awal kata menggunakan huruf kapital, kecuali kata tugas.
  6. Judul artikel ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.
  7. Daftar pustaka disusun berdasarkan alfabet.
  8. Jarak (spasi) antara satu referensi dengan referensi lainya harus sesuai dengan jarak (spasi) makalah atau skripsi (1,5-2).
  9. Sambungan referensi diketik dengan cara menjorok ke dalam 5-7 ketukan dan spasi rapat (tunggal 1).
  10. Nama penulis cukup dicantumkan satu kali. Selanjutnya nama penulis diganti dengan garis (tanda pisah 3M).

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Dibawah ini adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka, antaralain:

Contoh Catatan Kaki lebih dari 1 Orang

1Muhammad Afif Dalma Ararka dan Ahmad Fajar, Suara dari Rakyat (Bandar Lampung: Peduli Media, 2019), hlm. 295.2Muhammad Afif Dalma Ararka dan Ahmad Fajar, Pemuda Berjiwa Pahlawan, Jones Publishing, Bandar Lampung, 2019, hlm. 51.

Baca Juga :  Contoh Hikayat : Lengkap Beserta Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenisnya

Contoh Catatan Kaki 4 atau lebih

1Muhammad Afif Dalma Ararka dkk., Pengangguran Berdasi (Bandar Lampung: Lingkar Pena, 2019), hlm. 15

Contoh Catatan Kaki dari Internet

1Muhammad Afif Dalma Ararka, “Manusia Berotot Kawat”, diakses dari https://dosenpintar.co.id/hukum-gossen/, pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 10.27.

Contoh catatan kaki dari buku

1Muhammad Afif Dalma Ararka, Pemuda Pecinta Ramadhan, (Bandar lampung: SBH Publishing, 2019), hlm. 7.2Muhammad Afif Dalma Ararka, Islam is Never Flat, SBH Publishing, Bandar Lampung, 2019, hlm. 31.

Contoh Catatan Kaki dari Terbitan Pemerintahan

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2001 tentang Impor dan atau Penyerahan Barang Kena Pajak Tertentu.

Contoh Catatan Kaki dari Terbitan Organisasi

Cara Menjadi Youtuber Sukses, DAD, 2019, hlm. 72.

Contoh Catatan Kaki Melalui Lisan

Wawancara dengan Budi Utomo, tanggal 12 April 2005 di Kantor

Contoh Catatan Kaki dari Artikel Terbitan Berkala (Majalah Ilmiah, Jurnal)

Gemar Berkarya Hatta, “Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan”, dalam Berita Indonesia News, No. 28, Mei 2005 (Surabaya: RINO, 2005), hlm. 7.

Contoh Catatan Kaki untuk Karya Ilmiah Tidak Diterbitkan (LTA, Skripsi, Tesis, Disertasi, dll.)

Ahmad Fajar dkk., “Perubahan Pengelolaan Arsip Aktif dari Sentralisasi ke desentralisasi di P.T. Seni Barokah”, LTA D-III Kearsipan Fakultas Ilmu Kesenian, UNILA, 2017, hlm. 31.

 

Demikianlah artikel tentang contoh penulisan daftar pustaka, beserta pengertian, fungsi dan contohnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id. sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca juga :

Related posts: