Contoh Pidato Singkat Kelas 6, 9, 12, Acara Berbuka Puasa, Pidato Kebersihan

Posted on

Contoh Pidato – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai contoh pidato kelas 6, 9, 12, pidato berbuka puasa dan pidato kebersihan. Yuk simak langsung mengenai contoh pidato beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Singkat Tentang Pidato

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak umum atau berorasi untuk menyampaikan pendapatnya, memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk di perbincangkan.

Dan berikut adalah contoh pidato di beberapa kegiatan.

Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala Sekolah dan para guru SDN 2 Halangan Ratu,

Yang terhormat para wali murid kelas enam dan para tamu undangan,

Serta teman-teman dan adik-adik kelas yang saya sayangi.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan karunianya kita semua bisa berkumpul dengan berbahagia di sekolah yang kita cintai ini. Saya disini, mewakili teman-teman kelas enam untuk mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah serta para guru yang telah memberikan kesempatan saya untuk berpidato.

Hadirin yang saya hormati, kami, siswa/siswi kelas enam, merasa lega telah menempuh ujian dengan hasil yang tidak mengecewakan. Dalam kesempatan yang baik ini, kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala
Sekolah dan para guru atas bimbingan bapak/ibu guru selama enam tahun di sekolah ini. Kami mohon do’a restu agar nanti diterima di sekolah favorit kami masing-masing.

Kepala Sekolah dan para guru yang saya hormati, kami mohon maaf atas kekhilafan selama belajar di SDN 2 Halangan Ratu. Kami semua akan selalu mengenang jasa bapak/ibu guru sekalian. Dan untuk adik-adik kelas yang saya cintai, saya berpesan agar belajar lebih giat lagi dan lebih disiplin, sehingga dapat menggapai cita-cita setinggi langit.

Hadirin yang saya hormati, demikianlah pidato yang saya sampaikan untuk mewakili siswa kelas enam. Apabila ada kesalahan yang telah saya sampaikan, saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Swadhipa 3,

Yang terhormat bapak/ibu guru sekalian,

Serta teman-teman seperjuangan yang saya cintai.

Untuk pertama-tama  marilahkita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, berkat rahmat serta karunianya, kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Selanjutnya shalawat serta salam kita sanjung agungkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, dimana beliaulah yang telah mengangkat kita semua dari jalan yang dumurkai Allah menuju jalan yang diridhoi Allah . Dan semoga kita termasuk umatnya yang setia terhadap ajarannya hinggak akhir jaman.

Kepala Sekolah dan bapak/ibu guru yang kami hormati, serta teman-teman seperjuangan yang saya cintai.

Disini saya atas nama wakil kelas sembilan, hendak menyampaikan sepatah kata sambutan dan ucapan terimakasih kepada bapak/ibu guru, karena selama tiga tahun lamanya, kami menimba ilmu di sekolah ini. Dan saat ini tibalah saatnya untuk berpisah. Jasa-jasa bapak/ibu guru tidak akan kami lupakan, kesabaran dalam mendidik, membimbing dan menasehati yang selama ini bapak/ibu guru berikan, sehingga kami dapat menamatkan dan mendapatkan ijazah. Dan saya bersama teman-temannya menyandari bahwa selama tiga tahun, banyak melakukan hal-hal yang kurang berkenan, oleh karenanya kami mohon maaf.

Baca Juga :  Pengertian Sistem : Karaktersitik, Contoh, Komponen

Demikian juga, saya dan teman-teman mohon doa restu bapak/ibu guru agar kami bisa melanjutkan belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dan tak lupa, kepada adik-adik yang masih duduk di bangku belajar kelas tujuh dan kelas delapan agar rajin dan bersemangat dalam belajar, serta selalu menaati nasihat bapak dan ibu guru.

Kepala Sekolah dan bapak/ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman seperjuangan yang saya cintai.
Demikianlah kata sambutan yang saya sampaikan, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sambutan ini, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikun Warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pidato Perpisahan Kelas 12

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Kepala sekolah SMk swadhipa 1,

Yang saya hormati bapak/ibu dewan guru beserta staff SMK Swadhipa 1,

Yang saya hormati bapak/ibu wali murid kelas 12, dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa kelas 12 dan adik-adik kelas 10 dan 11,

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, kepada-Nya lah kita memohon ampunan dan kepada-Nya juga kita meminta pertolongan. Shalawat derta salam semoga senantiasa kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan umatnya. Semoga kita semua mendapatkan syafaat Beliau di hari akhir kelak.

Hadirin yang saya hormati, mengawali pidato saya pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapka banyak terimakasih kepada Kepala Sekolah, dewan guru, rekan-rekan kelas 12 dan OSIS, yang telah mempercayakan serta memberikan kesempatan pada saya untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan acara pada hari ini.

Kepada bapak/ibu guru yang saya cintai, permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kami haturkan kepada bapak/ibu sekalian. Kami menyadari selama kami dibimbing oleh bapak/guru sekalian di sekolah, tentu banyak sekali kekhilafan yang telah kami perbuat. Kami juga mohon maaf atas ketidakmampuan kami untuk membalas segala jasa-jasa bapak dan ibu. Terimakasih bapak dan ibu guru, doakan kamu agar kami bisa menjadi anak bangsa yang berguna dan bermanfaat bagi negara dan agama.

Kepada rekan-rekan kelas 12 yang saya cintai. Selama tiga tahun sudah kita menjalani kehidupan belajar bersama-sama. Tentu banyak kekhilafan dan salah yang kita perbuat terhadap sesama. Oleh karena itu, saling memaafkan dan mengikhlaskan kesalahan setu sama lain adalah satu hal yang perlu kita lakukan hari ini. Teman-teman sekalian, hari ini adalah hari terakhir kita menginjakkan kaki di sekolah yang kita cintai ini sebagai seorang murid. Esok kita akan menempuh jadaln hidup masing-masing. Teruslah berjuang teman, jangan berhenti menggapai cita-cita dan selalu perbaiki diri.

Baca Juga :  Gambar Bunga Cantik dan Indah Lengkap

Untuk adik-adik kelasku, ingatlah bahwa adik sekalian bukan lagi anak-anak yang selalu asyik dengan dunianya sendiri. Belajarlah yang rajin, bermimpilah yang tinggi, tinggalkan hal-hal negatif dan teruslah berkarya. Itulah sepenggal pesan dari kakak-kakak kalian yang akan pergi meninggalkan sekolah yang kita cintai ini. Maafkanlah kami jika selama ini belum bisa menjadi panutan yang baik.

Kepada semua pihak yang ada di dalam institut pendidikan sekolah ini yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Terimakasih banyak, maafkan segala kesalahan kami dan do’akan kami.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam pidato singkat kali ini. Terimakasih dan maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pidato Berbuka Puasa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat…

Yang terhormat para tamu undangan yang telah berkenan hadir.

Dan yang saya hormati seluruh rekan-rekan sekalian.

Marilah di acara buka bersama kali ini, kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena karunia-Nyalah kita semua masih diberikan nikmat kesehatan, nikmat kesempatan dan nikmat keimanan sehingga kita masih dapat bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan di tahun ini dan melaksanakan acara buka bersama. Tak lupa juga shalwat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta dengan seluruh keluarga dan pada sahabatnya.

Hadirin, muslimin wal muslimat yang dirahmati Allah.

Tentunya kita semua tahu betul bahwa perintah puasa wajib bagi seluruh umat Islam yang telah baligh. Sedangkan itu, puasa sendiri mengandung makna sebagai menahan diri dari segala hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga nanti ketika matahari terbenam. Sesuai dengan firman Allah di QS Al Baqarah ayat 187 yang berbunyi, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar, kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.

Hadirin muslimin dan muslimat yang senantiasa dirahmati Allah SWT

Momen buka bersama ini tentu saja bukan hanya sekedar sebagai kegiatan makan-makan bersama saja, namun marilah kita jadikan momen ini sebagai salah satu bentuk kegiatan ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang pada akhirnya nanti dapat menjadi sebuah kompensasi berupa pahala yang nantinya akan kita dapatkan.

Saya kira kurang bijaksana rasanya jika saya lebih memperpanjang lagi sambutan yang saya sampaikan ini. Dan bila teradapat banyak kekeliruan dalam sambutan ini saya mohon maaf. Dan tak lupa juga saya mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Pidato Tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat bapak/ibu semua beserta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas kehadirat-Nya lah kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama dalam acara ini. Dalam kesempatan ini juga, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa berdiri di sini.

Baca Juga :  Contoh Saran Dalam Makalah

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar bencana banjir terus melanda wilayah Jakarta. Hal ini disebabkan karena terjadinya pendangkalan sungai yang ada disekitar Jakarta. Pendangkalan ini disebabkan karena sampah yang terus menumpuk. Jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin ke depan sungai-sungai di Jakarta akan penuh dengan sampah. Masyarakat sekitar Jakarta juga masih suka membuang sampah rumah tangganya ke sungai. Padahal mereka tahu, jika membuang sampah sembarangan dampaknya sangat besar. Ini merupakan salah satu dampak dari tidak menjaga kebersihan lingkungan, sebenarnya masih banyak dampak lainya. Tetapi sebelum kita membahas masalah ini lebih jauh, alangkah baiknya kita melihat diri kita sendiri lebih dahulu. Apakah kita sendiri sudah menjaga kebersihan lingkungan di sekitar?

Sebagai manusia, kita harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Kebiasaan ini harus sudah mulai di terapkan di kampus. Selain itu dengan kita menjaga kebersihan lingkungan kampus maka kegiatan yang ada di kampus akan lebih sehat dan nyaman. Karena dengan kita menjaga kebersihan kampus, maka tidak akan ada lagi sampah dan kotoran yang bau yang dapat menganggu kenyamanan kegiatan. Selain itu sampah yang menumpuk juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, karena sampah mengandung banyak sekali bakteri.

Ada banyak cara untuk menjaga kebersihan lingkungan kampus. Pertama, pastikan selalu membuang plastik atau bungkus-bungkus makanan ke tempat sampah, sehingga sampah tidak akan berserakan di mana-mana. Kedua, membuat jadwal tugas piket untuk membersihkan kelas, karena dengan membuat jadwal piket, setiap hari kelas akan rapih dan bersih. Ketiga, membuat UKM yang mengadakan acara rutin untuk membersihkan kampus yang dilakukan seminggu sekali, dengan adanya kegiatan ini maka akan membiasakan mahasiswa untuk rajin membersihkan lingkungan.

Sebenarnya kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan ada pada diri sendiri, jika kita mau berusaha pasti kita bisa menjaga lingkungan di sekitar kita. Karena jika bukan kita yang menjaga lingkungan, siapa lagi?

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman, mohon maaf apabila ada kata kata yang kurang berkenan. Semoga teman-teman mau bersama-sama dengan saya untuk mulai membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan kampus kita tercinta.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Demikianlah artikel mengenai Contoh Pidato. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.co.id dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Related posts:
Bagikan Artikel :