Contoh Saran Dalam Makalah

Posted on

Contoh Saran Dalam Makalah  – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, dalam kesempatan kali ini kita bakal membahas mengenai Kumpulan Contoh Saran, Kritik dan Penutup Dalam Makalah. Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Cerita Fantasi. Nah, sekarang langsung aja yuk simak artikel tentang Contoh Saran Dalam Makalah bersama ulasan lengkapnya di bawah ini.

Saran Dalam Makalah

Pengertian Saran

Saran merupakan suatu bagian bab penutup dalam laporan karya tulis Pada Bagian ini ada di akhi dari sebuah paragraf dengan di awali oleh serangkaian kata guna memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yg dihadapi.

Unsur-Unsur Saran

Untuk membuat saran, harus ada unsur-unsur yang perlu diperhatikan, antarlain:

1. Jumlah Kata

Dalam sebuah penulisan karya tulis, tentunya pembuatan saran harus dibatasi dengan jumlah minimal karater. Hal ini dilakukan agar terdapat kesetaraan antara kesimpulan yang disampaikan. Dan Batasan kata untuk membuat saran yang baik adalah lebih dari 200 kata

2. Memberikan Kata Harapan

Dalam menulis saran haruslah memberikan harapan kepada para pembaca, terutama dengan bentuk kata-kata yang menarik seperti penggunaan “oleh sebab itu”, atau penggunaan kata “penulis berharap…”, dan lain sebaginya.

3. Memberikan Rekomendasi

Langkah dalam pembuatan saran yang baik adalah dengan memberikan rekomendasi berupa penelitian lebih lanjut mengenai metode yang dipergunakan. Dalam bahasan inilah banyak pihak yang mengindikasikan bahwa penulisan saran tidak perlu dilatakan pada abtrak kepenulisan.

 

Contoh Saran Dalam Makalah

Berikut adalah beberapa contoh saran dalam sebuah makalah.

Baca Juga :  Teks Eksposisi: Struktur, Pengertian, Ciri dan Contoh singkat

 

Contoh Saran Dalam Makalah #1

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Di Era Globalisasi seperti sekarang ini telah banyak sekali penerapan-penerapan UUD 1945 dan Pancasila dalam bidang-bidang kehidupan, berbangsa dan bernegara mulai dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman inilah yang membuat bangsa Indonesia mengalami kemajuan yang pesat dan kebaikan yang ditujukan untuk umum.

Meskipun negara Indonesia tidak sepenuhnya dapat menghindar dari era Globalisasi ini, namun masyarakat harus bisa menyesuaikan diri dan tetap beragama dan bermoral. Tentunya era Globalisasi memiliki dampak negatif jika tidak disaring sesuai dengan nilai Pancasila, parahnya lagi Globalisasi dapat menyebabkan kemunduran moral bagi masyarakatnya.

2. Saran
Menurut pendapat saya, di era Globalisasi ini bangsa Indonesia perlu melakukan berbagai perbaikan di segala bidang. Adapun bidang dasar yang cukup penting seperti sosial dan budaya, politik, hukum serta bidang ekonomi. Hal ini perlu dilakukan agar perubahan yang terjadi nantinya menjadi lebih baik lagi.

Kita juga perlu menanamkan penerapan nilai-nilai UUD 1945 dan Pancasila agar bangsa Indonesia tetap maju dan ciri khas dari bangsa tersebut tetap terjaga meskipun pengaruh era Globalisasi tidak dapat dihindarkan. Saya yakin bahwa bangsa ini akan memiliki kehidupan yang lebih baik jika berpegang teguh pada pedoman yang ada, walaupun jaman dan teknologi semakin canggih.

 

Contoh Saran Dalam Makalah #2

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Berdasarkan makalah diatas, dapat saya simpulkan bahwa makalah yang berjudul “Kegiatan Jurnalistik Menggunakan Bahasa Daerah” yaitu kegiatan jurnalistik dapat menggunakan bahasa daerah yang terdiri dari beberapa bahasa daerah, misalnya menggunakan bahasa Lampung. Penggunaan bahasa ini kemudian diterapkan dalam kegiatan jurnalistik sesuai dengan penggunaannya, dan juga supaya bahasa daerah bisa terus dilestarikan.

Baca Juga :  Contoh Paragraf Induktif, Deduktif dan Campuran

2. Saran
Penulis tentunya masih menyadari jika makalah diatas masih terdapat banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Penulis akan memperbaiki makalah tersebut dengan berpedoman pada banyak sumber serta kritik yang membangun dari para pembaca.

 

Contoh Saran Dalam Makalah #3

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Didasarkan dari data diatas, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Pola pikir seorang guru bisa berubah layaknya anak harus menguasasi kompetensi yang ada (life skill), memperbanyak pengalaman belajar pada siswa dan pola guru sentris kepada siswa sentris dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu pembelajaran dapat dilakukan lebih kontekstual.
  • Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kontekstual diperlukan guru yang profesional. Dengan begitu akan timbul alat peraga yang baik dan efektif.
  • Alat peraga berperan dalam membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, kreatif, dinamis dan aktif sehingga sangat penting.
  • Anak anak diharapkan dapat menentukan tindakan dan menerapkan informasi belajar yang proporsional dan rasional melalui alat peraga tersebut.

2. Saran
Penulis menyarankan beberapa hal terkait dengan proses pembelajaran diatas antaralain:

  • Menciptakan alat peraga sederhana agar pembelajaran dapat dilakukan dengan luas sehingga tercipta guru guru yang profesional.
  • Untuk pengembangan dan pengadaan media pendidikan (alat peraga) maka dapat mengimplementasikan eksistensi manajemen dan Gugus sekolah.
  • Penulis juga mengharapkan kkritik dan saran dalam penulisan makalah dikemudian hari.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Saran Dalam Makalah lengkap dengan pengertian dan juga beberapa ulasannya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id. sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya ya sobat.

Baca Juga :

Baca Juga :  Contoh Hikayat : Lengkap Beserta Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenisnya

 

Related posts:
Bagikan Artikel :