Contoh SOP Perusahaan

Posted on

Contoh SOP Perusahaan – Sering mendengar istilah SOP ?mungkin anda bertanya-tanya apa sih singkatan SOP itu, arti dari singkatan SOP adalah Standard Operating Procedure yang berarti prosedur operasi standar. Setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan setiap hari tidak dapat dipisahkan dari nama SOP, dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling efektif.

Contoh SOP

Pada kesempatan ini kita akan membahas artikel yang mengulas tentang pengertian SOP, tujuan SOP, manfaat SOP, dan cara membuat SOP yang baik dan benar itu seperti apa,  Agar lebih jelasuntuk dapat mudah untuk dipahami dan diimplementasikan kita juga akan memberikan contoh SOP yang mudah untuk kalian pahami.

Pengertian SOP Secara Umum

SOP Merupakan standar prosedur kerja yang berkaitan secara terstruktur untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran.

Pengertian SOP Menurut Para Ahli

Setelah kita membahas pengertian SOP secara umum selanjutnya ada beberapa pengertian menurut para ahli  diantaranya adalah:

  1. Sailendra
    Menurut Sailendra SOP adalah suatu panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.
  2. Istyadi Insani
    Arti SOP menurut Isnaidi merupakan sebuah  dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan tentang proses-proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.
  3. Tjipto Atmoko
    Pengertian Standar Operasional Prosedur  menurut  Atmoko adalah suatu pedoman atau acuan untuk melakukan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
Baca Juga :  Pengertian Deskripsi: Jenis ,Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi

Fungsi SOP

Selanjutnya kita juga perlu mengetauhi apa saja fungsi Standar Operasional Prosedur (SOP), Dibawah ini adalah beberapa fungsi SOP:

  1. SOP dapat membantu untuk memudahkan pekerjaan para pegawai atau tim atau unit kerja
  2. Berfungsi sebagai dasar landasan hukum yang kuat bila terjadi penyimpangan pada suatu aktifitas
  3. Dapat berfungsi untuk memberikan pengetahuan mengenai permasalahan yang akan dan sedang dialami oleh karyawan pada perusahaan
  4. Memberikan arahan yang terpadu kepada para pegawai agar saling menjaga kedisiplinan dalam bekerja
  5. Sebagai pedoman dalam pelaksanaan kerja atau tugas

Tujuan SOP

Berbeda dengan fungsi dibwah ini akan dibahas tujuan dari Standar Operasional Prosedur adalah untuk menjelaskan secara detail tentang kegiatan serta tugas yang dilakukan berulang di dalam suatu perusahaan, adapun tujuan dan manfaat SOP bagi oprasional organisasi atau perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Dapat memberikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pekerjaan atau tugas pekerja
  2. Mencegah terjadinya kesalahan, konflik, pemborosan, dalam pelaksanaan pekerjaan
  3. Memberikan  parameter yang jelas dalam penilaian mutu kerja atau pelayanan
  4. Dapat dengan mudah menjelaskan urutan dan alur kerja, wewenang dan tanggungjawab para karyawan
  5. Sebagai dokumen yang dapat digunakan padaa kegiatan pelatihan pekerja

Prinsip Prinsip SOP

  1. Konsisten
    Semua tingkatan organisasi  harus melaksanakan SOP secara konsisten dari waktu ke waktu, dalam situasi apa pun dan dalam situasi apa pun.
  2. Komitmen
    SOP harus diterapkan dengan komitmen penuh dari semua level karyawan, dari level terendah ke level tertinggi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.
  3. Perbaikan Berkelanjutan
    Pelaksanaan dari SOP sendiri harus terbuka terhadap penyempurnaan untuk memperoleh prosedur yang benar-benar efektif dan efisien.
  4. Mengikat
    Salah satu prinsip dari SOP adalah mengikat mengikat pelaksanaan dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
  5. Seluruh Unsur Memiliki Peran Penting
    Semua karyawan memiliki peran dalam setiap prosedur standar. Jika karyawan tidak menjalankan fungsinya dengan benar, maka proses produktivitas dalam suatu organisasi atau perusahaan akan terganggu.
  6. Terdokumentasikan dengan Baik
    Semua prosedur yang telah distandarisasi harus didokumentasikan dengan baik, sehingga dapat digunakan sebagai referensi bagi semua yang membutuhkannya.
Baca Juga :  Rumusan Masalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Ciri dan Contoh

Contoh SOP Perusahaan

SOP PT. BINTANG TECH

Tujuan

  1. Menyediakan layanan jasa pembuatan website.
  2. Menyediakan layanan SEO optimasi website secara profesional dan terpercaya
  3. Menyediakan layanan pembuatan aplikasi sistem informasi berbasis website aplikasi.
  4. Memberikan solusi yang bagus dan kreatif.

Prosedur Kerja

  1. Jam 7:30 pagi, Semua Karyawan sudah waktu jam masuk kantor.
  2. Jam 8:30 Oprasional kegiatan kantor dimulai, semua pekerja melakukan pekerjaannya sesuai bidang,
  3. Jam 11:40 Waktu untuk istirahat sampai selesai sholat Dhuhur
  4. Jam 12:30 Waktu Masuk Setelah istirahat , semua pekerja sudah harus diposisinya kembali untuk melanjutkan pekerjaannya
  5. Jam 15:00 Istirahat Shalat Ashar berjamaah pada musholla kantor.
  6. Jam 15:40 Para Karyawan kembali ke posisi pekerjaan semula serta diwajibkan untuk membersihkan kembali tempat kerjanya,
  7. Jam 16:40 Untuk semua karyawan sudah dapat diizinkan untuk meninggalkan tempat kerja

Baiklah sampai disini dulu artikel mengenai Contoh SOP Perusahaan semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, jangan lupa untuk disiplin ya dalam bekerja. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts: