Contoh Teks Eksposisi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi – Hai para pembaca dalam artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Kumpulan Contoh Cerpen Singkat dan Lengkap, dalam kegiatan sehari-hari yang berkaitan aktivitas sosial yang mengandalkan media berupa tulisan, penggunaan teks pameran adalah sesuatu yang umum ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Penggunaan jenis teks ini dianggap mampu mentransmisikan informasi dan argumentasi untuk meyakinkan pembaca dengan baik. Untuk menguasai penggunaan teks, kita bisa mulai dengan mempelajari jenis, aturan, struktur dan kemudian memeriksa contoh teks eksposisi.

 

contoh teks eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dipublikasikan secara singkat dan padat.

 

Ciri Ciri Teks Eksposisi

  • Berisi informasi pengetahuan
  • Informasi yang berupa ajakan
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana
  • Mencoba menjelaskan sesuatu
  • bersifat informatif
  • Fakta-fakta digunakan sebagai alat kontribusi
  • Pendek, Solid, Akurat
  • Mencoba menjelaskan sesuatu
  • Fakta-fakta juga digunakan sebagai alat konkret
  • Pengiriman langsung dan penggunaan bahasa standar
  • Tidak memihak, yang berarti tidak memaksakan kehendak penulis pada pembaca
  • Paragraf presentasi umumnya menjawab tentang askadimega

 

Struktur Teks Eksposisi

Dibawah ini akan dijelaskan Tiga struktur twka eksposisi :

  1. Pernyataan Pendapat (tesis):  bagian teks ini biasanya berisikan pernyataan-pernyataan pendapat (tesis) penulis. disebut juga kata pembuka.
  2. Argumentasi :  pada bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration):  bagian yang berisi penegasan ulang pendapat penulis.

 

Jenis Teks Eksposisi

  1. Teks Eksposisi Ilustrasi
    Gunakan deskripsi sederhana atau bentuk ide yang konkret. Gambarkan sesuatu yang memiliki karakteristik serupa. Menggunakan frasa penghubung.
  2. Teks Eksposisi berita
    Memberikan informasi tentang suatu peristiwa, sering ditemukan di berita atau koran.
  3. Teks Eksposisi komparatif
    Jelaskan ide atau ide dalam kalimat utama dengan metode tersebut perbandingan
  4. Teks Eksposisi proses
    Ini berisi pedoman atau prosedur untuk melakukan atau membuat sesuatu.
  5. Teks Eksposisi Definisi
    Berisi tentang pemahaman tentang suatu objek.
  6. Teks Eksposisi Pertentangan
    Berisi konflik/pertentangan antara objek dengan objek lain. mereka biasanya menggunakan frasa koneksi “meski begitu, tetapi, sebaliknya”.
  7. Teks Eksposisi Analisis
    Proses ini memisahkan masalah dari ide utama di beberapa subbagian dan kemudian mengembangkannya secara berurutan.
Baca Juga :  Contoh Paragraf Induktif, Deduktif dan Campuran

 

Cara Menulis Teks Eksposisi

Untuk menulis paragraf eksposisi sebagai contoh paragraf eksposisi yang sering kita lihat, perlu mengikuti aturan untuk menulis paragraf eksposisi yang berlaku. Aturan pertama adalah kata ganti atau kata ganti orang. Pronoun digunakan ketika pendapat pribadi penulis digunakan. Ada dua jenis kata ganti, yaitu orang atau orang dan kata ganti atau petunjuk yang bukan orang. Tentu saja, Anda perlu contoh teks pameran yang singkat dan jelas untuk memudahkan pemahaman terhadap teks eksposisi.

Aturan kedua adalah konjungsi, yang berarti konjungsi yang berguna untuk memperkuat argumen dalam teks. Konjungsi ini bisa dalam bentuk waktu, kombinasi, detail, persyaratan, penjelasan, perbandingan, dll. Hal terakhir yang harus ada dalam paragraf pameran adalah kata leksikal. Ini terdiri dari kata benda, kata kerja, kata sifat dan kata keterangan. Untuk memudahkan Anda memahami teks eksposisi ini, di sini kami menjelaskan beberapa contoh teks eksposisi secara singkat tentang berbagai topik dan latar belakang.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Jika sudah memahami pengertian, ciri-ciri, Struktur dan jenis teks eksposisi serta cara penulisanya dibawah ini akan diulas mengenai contoh – contoh teks eksposisi :

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Tesis :

Pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah ekonomi dunia, karena pendidikan adalah alat yang digunakan untuk mempelajari banyak hal berguna. Selain meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, pendidikan juga dapat mengurangi kemiskinan di suatu negara.

Argumentasi :

Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang cukup baik. Pemerintah telah menghabiskan banyak uang untuk membangun gedung sekolah dan menyediakan sekolah gratis.

Satu tinggal siswa saja yang harus memilih keinginan untuk belajar dan unggul. Maka antusiasme akan terbentuk dan yang terbaik harus diberikan kepada negara karena pemerintah telah memberikan pendidikan yang mudah.

Baca Juga :  Cerita Fabel : Pendek, Singkat, Pengertian dan Struktur

Penegasan Ulang :

Ketika fasilitas dan peran aktif siswa berkumpul untuk berpartisipasi dalam sektor pendidikan dan ekonomi, gelar Indonesia cenderung lebih diakui di mata dunia. Ada kemungkinan bahwa banyak investor asing dapat meningkatkan ekonomi nasional. Guru yang memiliki kualitas dan kompetensi juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia.

 

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis :

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Seseorang dapat menemukan jati dirinya sendiri melalui proses pendidikan. Pembentukan jati diri tentu saja terbentuk oleh karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri melalui proses pendidikan.

Dengan membentuk karakter anak didik maka pemerintah mengubah kurikulum yang seperti dulu. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke kurikulum 2013.

Dengan adanya perubahan ini berarti mengisyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan yang adadi Indonesia.

Argumentasi :

Tujuan dari pendidikan karakter adalah mengutamakan kemampuan dar para siswa secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu.

Pendidikan karakter sangat penting karena bisa menggali bakat-bakat tersembunyi yang di miliki oleh setiap siswa. Karena setiap siswa pasti memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan di bidang yang berbeda-beda dan tidak sama satu dengan yang lainnya.

Siswa yang tidak bisa atau tidak pandai dalam suatu bidang pelahjaran bukan berarti dia bodoh, dia pasti memiliki suatu kemampuan di bidang lainnya.

Melalui pendidikan karakter cerdas atau tidaknya seseorang tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seorang siswa dalam pelajaran di kelas. Guru juga tidak boleh melabeli seorang siswa bodoh apabila siswa tersebut tidak pintar dalam mata pelajaran yang di ajarkan di kelas.

Baca Juga :  Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Pemerintah juga telah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013.

Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan, dan adat istiadat lain. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

Selain itu, pendidikan karakter juga diharapkan mampu membekali siswa di mana yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus memiliki keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.

Penegasan ulang :

Pendidikan karakter merupakan bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skill atau potensi diri yang dapat di banggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap menghadapi kemajuan zaman.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Teks Eksposisi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Related posts:
Bagikan Artikel :