√ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya

Posted on

Faktor-faktor penyebab inflasi

Inflasi yang terjadi di berbagai negara diakibatkan oleh banyak faktor. Pada umumnya inflasi berasal dari salah satu ataugabungan dari dua masalah berikut ini.

√ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya

  • Tingkat pengeluaran agregat yang melebihi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan barang dan juga jasa

Keinginan untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan akan mendorong para konsumen meminta barang itu pada harga lebih tinggi. Sebalikna, para pengusha akan menahan barangnya dan hanya akan menjual barang yang pada pembbeli yang bersedia membayar pada harga yang lebih tinggi.

Baca Juga :  √Ciri Pasar Persaingan Sempurna: kebaikan dan Keburukannya
  • Adanya tuntutan dari pekerja untuk menaikan upah

Jika pengusaha mengalami kesulian dalam mencari tambahan pekerjaanuntuk menambah produksinya, pekerja yyang ada akan mendorong untuk menuntuk kenaikan upah. Apabila tuntutan kenaikan upah dipenuhi, maka akan terjadi kenaikan biaya produksi dari barang dan jasa yang dihasilkan. Kenaikan biaya produksi tersebut akan mendorong perusahaan untuk kenaikkan harga barang yang dihasilkannya.

Dampak negatif inflasi

Inflsi jjuga memberikan dampak negatif baik bagi infividu, masyarakat daj juga kegiatan perekonomian secara keseluruhan. Ada umumnya inflasi memberikan pengeruh pada menurunnya taraf kemakmuran masyarakat. Sebagian besar masyarakat memiliki gaji tetap. Sedangkan inflasi biasanya terjadi lebih cepat dai kenaikan upah pekerja. Sehinggga upah pekerja mengalami penurunan. Dengan begitu kemakmuran masyarakat pun mengalami penurunan. Inflasi yang semakin meningkan akan mengurangi investasi, ekspor dan menaikan impor. Sehingga hal ini bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi.

demikianlaha rtikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda seemuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √ Maslah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekomoni
Baca Juga :  √Perbedaan Ekonomi Mikro, Makro dan Pengertiannya
Baca Juga :  √Ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya
Baca Juga :  √Ciri Pasar Persaingan Monopolistik: Kelebihan dan Kekurangannya
Related posts: