√Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Posted on

Penawaran

Transaksi di pasar tidak terwujud jika hanya ada permintaan dari pihat pembeli saja. Permintaan bisa terwujud jika ada barang dan jasa yang disediakan penjual. Dengang demikian, jika ada permintaan dan penawaran terjadilah transaksi di pasar. Adapun yang dimaksud dengan penawaran ialah jumlah barang dan jasa yang ersedia dan bisa di jualah oleh penjual. Keinginan para penjual dalam menawarkan barang-barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor, dianranya ialah sebagai berikut inil.

√Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Faktor yang memengaruhi penawaran

Dalam menawarkan barang dan juga jasa dipasar, penjual biasanya akan memerhatikan beberapa faktor, diantanya aialah sebagai berikut ini:

  1. Harga barang itu sendiri

Harga barang akan menentukan ttingkar penawaran. Contohnya ialah, menanam kelapa sawit ialah kegiatan menguntungkan bagi petani kelapa sawit ketika harga kelapa sawit sedang tinggi. Petani akan menanam kelapaswit sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, jika harga kelapasawit turun, maka petani tersebut akan mengurangi produksinya, bahkan mungkin tidak menanam kelapa sawit lagi.

  1. Biaya untuk memperoleh faktor produksi

Pembayaran kepada faktor-faktor produksi ialah pengeluaran yang sangat penting dalam proses produksi. Pengeluaran tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan biaya produksi. Biaya produksi ini akan naik jika harga barang faktor-faktor naik. Biaya produksi yang melebihi hasil penjualan ini  akan menyebabkan kerugian. Hal ini bisa menimbulkan jumlah barang yang ditawarkan berkurang. Apabila penawwaran semakin berkurang menyebabkan pengusaha akan menutup usahanya, atau pindak keusaha lain karena tingkat keuntungan usaha tersebut tidak nali menarik.

  1. Teknologi produksi

Teknologi memegang peran yang sangat penting sekali dalam menentukan banyak barang yang bisa ditawarkan. Semakin canggih alat-alat yang digunakan dalamkegiatan produksi, maka makin mempercepat proses produsinya sehingga produksi yang dihasilkan akkan semakin banyak juga. Kemajuan teknologi telah bisa mengurangi biaya produksi, mempertinggi mutu barang, dan juga memciptakan barang-barang baru. Dengan begitu kemajuan teknologi cenderung menimbulkan kenaikan penawaran dan juga keuntungan pun akan bertambah lagi.

  1. Ekspetasi (harapan produsen)

Perkiraan di masa mendatang berkaitan dengan harga barang. Apabila diperkirakan bulan depan harga minyak tanah naik, maka produsen dan juga distributor akann menyimpan nya sebagai minyak tanah tersebut untuk ditimbun dan juga dijual bulan depat. Bisa dipastikan penjualan minyak tanah saat ini akan turun sehingga penawaran minyak tanah dipasaran menjadi berkurang juga.

Baca Juga :  √ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter

Hukum penawara

Hukum penawaran pada dasarnya ialah menjelaskan sifat hubungan antara harga barang dan juga jasa denggan jumlah barang yang di tawarkan para penjual. Hukum penawaran mengatakan bahwa jika harga barang suatu barang miningkat makan jumlah barang yang ditawarkan juga akan bertambah. Dan sebalinya, jika harga barang menurun maka jumlah barang yang diitawarkan juga berkurang.

baca juga ; √Faktor Yang Memengaruhi Permintaan: Pengertian dan Hukunya

Cara lalin untuk menggambarkan keterkaitan antara harga dan juga jumlah barnag yang ditawarkan ilah dengan skedul penawaran. Contohnya dapat kalian perhatikan dibawah ini;

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Kurva penawaran

Dalam kurva penawaran ini perlu di bedakan antara dua pengertian yaitu penawan dan juga jumlah barang yang ditawarkan. Penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Adapun jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tinggat harga tertentu, kurva penawaran dapat digambarkan sebagai berikut ini

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Kurva penawaran mempunyai slope positif ini artinya kurva penawaran bergerak dari kiri ke bawah ke kanan atas. Ini berarti bahwa antara harga barang X dan jumlah penawaran barang X memiliki hubungna searah. Jadi, apabila harga barang X mengalami kenaikan maka jumlah barang X yang ditawarkan jua akan bertambah, dan sebaliknya, harga barang X mengalami penurunan maka jumlah barang X yang ditawarkan akan berkurang. Jika kurva penawaran dua individu di jumlahkan maka akan mendapatkan penawaran pasar.

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Pergeseran kurva penawaran

Seperti halnya kurva permintaan, kurva penawaran pun juga mengalami pergeseran.  Setiap perubahan yang menyebabkan meningkatnya penawaran, maka akan mengeser kurva penawaran ke kanan, sebalinya, setiap berbahan yang menyebabkan jumlah penawaran menurun, maka akan mengeser kurva penawaran ke kiri. Pergeseran kura penawan bisa di gambarkan secara ilustraif sebagai berikut ini.

Baca Juga :  Pengertian Siklus Akuntansi

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Harga keseimbangan (ekuilibrium)

Pada umumnya, seorang pembeli selalu menginginkan barang dan juga jasa yang dibutuhkan dengan mutu yang baik dan juga harga yang murah. Akan tetapi keinginan pembeli tersebut bertolak belakang dengan keinginan penjual.

Seorang penjual tentu saja ingin menjual produknya dengan harga tinggi agar bisa mendapat keuntungan yang maksimal. Keinginan antara penjual dan juga pembeli yang bertolak belakang ini, jika bertemu di pasar akan menyebabkan adanya tawar menawar, jika terjadi kesepakatan dalam kegiatan tawar menawar, maka tejadilah permintaan dan juga penawaran. Dengan begitu, bisa dikatakan ekuilibrium pasar terjadi jika pada suatu tingkat harga tertentu jumlah barang yang diminta dipasar sama denganjumlah barang yang ditawarkan dibasar tersebut. Perhatikan bagaimana harga keseimbangan terbentuk pada contoh berikut dibawah ini.

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

Apabila permintaan dan juga penawaran kaor seta kuranya kita gabungkan maka hasil penggabungannya ialah sebagai berikut.

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Related posts: