√Faktor Yang Memengaruhi Permintaan: Pengertian dan Hukunya

Posted on
4 (80%) 4 vote[s]

A. Permintaan

Permintaan ialah jumlah barang dan juga jasa tertentu yang diminta pada berbagai kemungkinan tingkat harga dan juga dalam waktu tertentu. Permintaan tercipta jika pembeli mempunyai keinginan untuk membeli barang dan jasa yang disertai oleh kemampuan untuk membayarnya. Apakah setiap individu memiliki keinginan dan kemampuan yang sama dalam setiap membeli barang? Tentunya tidak, mengapa? Karena ada banyak sekali yang memengaruhi.

√Faktor Yang Memengaruhi Permintaan : Pengertian dan Hukunya

B. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan

Dalam praktiknya, permintaan individu atau masyarakat terhadap suatu barang dan juga jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ialah sebagai berikut.

  1. Harga barang subtitusi dan barang komplementer

Permintaan terhadap suatu barang dapat di pengaruhi oleh harga barang lain yan ada kaitannya seperti barang bisa saling menggantikan dan barang yang salinng melengkapi. Naik turunnya harga barang penggati bisa memengaruhi permintaan terhadap barang yang digantikannya. Misalnya, apabila harga tikel kereta api naik maka akan memengaruhi naiknya permintaan tiket bus, demikian juga sebaliknya.

  1. Pendapatan konsumen

Pendapatan konsumen adalah faktor yang sangat penting di dalam menentukan permintaan terhadap beberapa jenis barang jika pendapatan konsumen meningkat, berarti juga daya beli meningkat. Banyak saja, seandainya kaliam memiliki banyak uang, tentu saja kalian ingin membelanjakan uang tersebut dan tidak memperdulikan tinggi rendahnya harga. Lain halnya dengan kalian memiliki uang pas-pasan. Kalian akan berpikir duakali untuk membelanjakan uang tersebut, dan kemungkinan kalian pasti akan mencari harga barang yang lebih murah dan sesuai dengan kemampuan dana yang kalian miliki.

Baca Juga :  √ Pengertian Vendor dan Supplier Serta Jenis dan Contohnya

baca juga : √Peran Pelaku Ekonomi : Rumah Tangga RTK, RTP dan Luar Negeri

  1. Jumlah penduduk

Pertambahan penduduk jelas akan menambah jumlah barang yand dikonsumsi, akan tetapi proporsinya akan sangat tergantung pada pertambahan dalam kesempatan kerja. Jika pertambahan penduduk diiringi oleh pertambahan dalam kesempatan kerja, maka lebih banyak orang yang menerima pendapatan, sehingga daya beli masyarakat akan meningkat. Meningkatnya daya beli masyarakat berarti juga akan meningkatkan permintaan terhadap barang atau jasa.

  1. Selera konsumen

Selera konsumen memiliki pengaruh  yang cukup besar terhadap keinginan masyarakat untuk membeli barang atau jasa. Contohnya ialah pada masa tertentu orang lebih suka erhadap barang konsumsi yang bersifat instan, sehingga permintaan terhadap barang tersebut akan bertambah. Akan tetapi pada saat yang lain akan meninggalkan barang konsumsi yang bersifat instan tersebut karena mengandung bahan pengawet yang berbahaya untuk kesehatan sehingga permintaan terhadap barang konsumsi tersebut akan berkurang.

  1. Ekspektasi (harapan konsumen)

Perubahan yang diramalkan akan tejadi di masa datang akan memengaruhi permintaan. Apabila para konsumen meramalkan bahwa terjadi kenaikan harga barang dimasa mendatang, maka pada saat sekarang ini kkonsumen akan melakukan pembelian yang lebih banyak barang yang akan mengalami kenaikan harga tersebut. Contohnya ialah saat BBM akan naik, maka konsume akan melakukan pembelian BBM lebih banyak dari sebelumnya.

C. Hukum permintaan

Sifat ketterkaitan antara permintaan terhada suatu barang dan juga harganya dijelaskan dalam hukum permintaan yang isinya sebagai berikut ini:

“apabila harga suatu barang turun maka permintaan terhadap barang tersebut akan bertambah, sebaliknya apabila harga barang naik maka permintaan terhadap barang akan berkurang”.

Jadi diantara harga barang dengan permintaan memiliki sifat hubungan yang berlawanan arah. Hal ini sangat logis karena jika harga barang nai, maka pembelinya akan menari barang lain sebagai penggantinya yang harganya tidak mengalami kenaikan,  jika pependapatan nominal konsumen akan menurun akibatnya konsumen akan mengurangi permintaan terhadap barang tersebut. Dan sebaliknya, jika barang turun , maka konsumen akan mengurangi pembelian terhadap barang lain dan juga akan menambah pembelian terhadap barang yang harganya mengalami penurunan tersebut.

Baca Juga :  √ Jenis-Jenis Bank : Pengertian dan Perannya

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Faktor Yang Memengaruhi Permintaan : Pengertian dan Hukunya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Bagikan Artikel :