√Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan : Wilayah , Peradaban , Agama

Posted on
Rate this post

Setiap manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan, dan antara individu satu dengan yang lainya berbeda-beda. Perbedaan dan munculnya macam-macam kebutuhan ini di pengaruhi oleh beberapa faktor.

√Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan : Wilayah , Peradaban , Agama

  1. Perbedaan keadaan wilayah

Keadaan wilayang berkaitan dengan kondisi alam di berbagai darah. Manusia akan membutuhkan barang dan jasa sesuai dengan kondisi wilayan dimana ia berbeda. Coba, kalian bandingkan orang yang tinggal di daerah pegunungan akan mebutuhkan pakaian tebal untuk melindungi tubuhnya dari rasa dingin. Hal ini tentu berbeda jika orang tersebut menetap didaerah pantai. Ia tidak akan membutuhkanlagi pakaian tebal, melainkan membutuhkan pakaian yang tipis menyesuaikan dengan suhu udara di pantai yang rata-rata panas.

  1. Tingkat peradaban

Kebutuha manusia akan semakin beragam apabila peradabannya semakin tinggi. Perkembangan peradaban juga akan membawa pengaruh pada kebutuhan hidup manusia. Comtonya ialah dahulu jika seseorang ingin pergi kesuatu tempat harus bejalan atau dengan mengendarai kuda atau lembu dan sebagainya. Setalah peradaban maju, sepeda motor, mobil dan juga pesawat.

  1. Agama

Bermacam-macam agama yang ada, mengakibatkan timbulnya perbedaan kebutuhan. Contohnya, perayaan hari besar bai umat hindu akan membutuhkan barang-barang kebutuhan khusus, mosalnya bunga dan buah-buahan. Sementara umat budha mebutuhkan hor dalam menjalankan ibadahnya. Demikian juga pada perayaan hari besar umat kristen dan juga umat islam.

  1. Adal istiadat

Perbedaan kebutuhan juga dipengaruhi oleh adat istiadat daerah yang bersangkutan misalnya adat penikahan dijawa akan berbeda dengan adat pernikahan di bali maupun di minangkabau, shingga barang-barang yang dibutuhkan juga berbeda. Acara-acara ritual diberbagai darah juga membutuhkan barang-barang kebutuhankhusus.

Baca Juga :  √ Passing Grade UNTIRTA 2019 : Fakultas, Daftar Jurusan, IPA, IPS

Sumber-sumber ekonomi (alat pemuas kebutuhan)

 Mecam-macam kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan sumber-sumber ekonomi, baik berupa barang dan jasa yang digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan. Meskipun barang dan jawa sama-sama sebagai alat pemuas kebutuhan, tetapi keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Barang adalah benda yang berwujud dapat diraba dan juga dirasakan, dilihat, tetapi manfaatnya dapat dirasakan.

Contohnya ialah mobil, televisi, kulkas, sepeda motor dan yang lainnya.

Macam-macam benda kebutuhan

  1. Benda pemuas kebutuhan menurut kelangkaannya

Menurut kelangkaanhya, benda pemuas kebuthan dibedakan menjadi tiga macam, yaitu benda ekonomi, benda bebas dan benda illith.

  • Benda ekonomi

Benda ekonomi merpakan benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumalah kebutuhan manusia dan untuk mendapatknnya memerlukan pengorban tertentu. Contohnya, utnk mempperoleh baju, kita harus membelinya di toko bayu. Kesediaan mengluarkan uang untuk membeli baju di tojo merpakan suatu pengorbanan.

  • Benda bebas

Beda bebas merpakan benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya melimpah sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengorbanan tertentu. Bontohnya ialah air, udara, sinar matahari daan yang lainnya.

  • Benda illith

Benda ini merpakan beanda pemuas kebuthan yang jumlahnya sangat baerlimpah, sehingga cenderung meruhikan kehidupan manusia. Contohnya, air. Air dapat menjadi benda ekonomi dan juga benda bebas, juga dapat menjadi benda illith. Dikatakan menjadi benda illith apabila jumalahnya sangat banyak dan akan menyebabkan banjir sehingga dapat membahayakan hidup manusia.

Benda menurut tujuan penggunaanya

Menurut tujuan penggunaannya, benda pemuas kebutuhan dibedakan menjadi dua macam, yaitu benda konsumsi dan juga benda produksi

  • Benda konsumsi

Benda konsumsi adalah benda siap pakai yang langsung dapat digunakan tanpa melalui peroses pengolahan lagi. Dengan kata lain, benda yang langsung dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan, contohnya ialah, sepeda motor, sepatu, minuman , minyak dan lainya.

  • Beda produksi

Benda produksi merupakan benda yang digunakan dalam proses produksi untuk menhasilkan benda lain. Bontonya ialah mesin bahan baku, truk, alat kantor dan yang lainnya.

Baca Juga :  √Faktor Yang Memengaruhi Penawaran dan Contoh kurvanya

demikianlah artikel dari dunia dosenpintar.co.id mengenai √Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan : Wilayah , Peradaban , Agama, semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan Artikel :