Flowchart adalah – Pengertian, Jenis, Simbol, Contoh

Posted on

Flowchart – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari flowchart, jenis, simbol-simbol, fungsi, serta contoh beserta penjelasannya. Yuk langsung kita simak artikel mengenai flowchart beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Flowchart

Jika ingin merancang suatu sistem, tentu terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan, antaralain membuat flowchart. Terus apa sih yang dimaksud dengan flowchart?

Flowchart (diagram alir) adalah suatu jenis diagram yang merepresentasikan algoritma atau langkah-langkah instruksi yang berurutan dalam suatu sistem

Flowchart biasanya digunakan sebagai bukti dokumentasi untuk menjelaskan gambaran logis sebuah sistem yang akan dibangun kemudian diberikan kepada programmer, dengan begitu, flowchart dapat membantu untuk memberikan solusi terhadap masalah yang bisa saja terjadi dalam membangun sistem. Pada dasarnya, flowchart digambarkan dengan menggunakan simbol-simbol. Setiap simbol mewakili suatu proses tertentu, adapun untuk menghubungkan satu proses ke proses selanjutnya selanjutnya digambarkan dengan menggunakan garis penghubung.

Dengan adanya flowchart ini, setiap urutan proses dapat digambarkan secara jelas,  maka dari itu ketika ada penambahan proses baru dapat dilakukan dengan mudah menggunakan flowchart ini,  jika flowchart sudah selesai dibuat, maka giliran programmer yang akan menerjemahkan desain logis tersebut kedalam bentuk program dengan berbagai bahasa pemrograman yang telah disepakati.

 

Fungsi Flowchart

Flowchart memiliki fungsi diantaranya adalah untuk menggambarkan, menyederhanakan suatu rangkaian proses atau prosedur sehingga dapat mudah dipahami dan mudah dilihat berdasarkan urutan langkah dari suatu proses.

 

 

Jenis-jenis Flowchart

Flowchart memiliki beberapa jenis, di antaranya :

  1. Flowchart Sistem (System Flowchart)
  2. Flowchart Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
  3. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
  4. Flowchart Program (Program Flowchart)
  5. Flowchart Proses (Process Flowchart)
Baca Juga :  Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh

 

Simbol-simbol Flowchart

Dalam flowchart terdapat simbol-simbol yang digunakan antara lain :

Nama  SimbolKeterangan
Terminal Point Symbol / Simbol Titik Terminal adalah simbol yang digunakan sebagai permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu proses.
Flow Direction Symbol / Simbol Arus adalah simbol ini digunakan guna menghubungkan simbol satu dengan simbol yang lain (connecting line).
Processing Symbol / Simbol Proses adalh simbol yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Pada bidang industri (proses produksi barang), simbol ini menggambarkan kegiatan inspeksi atau yang biasa dikenal dengan simbol inspeksi
Decision Symbol / Simbol Keputusan adalah simbol yang digunakan untuk memilih proses atau keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Simbol ini biasanya ditemui pada flowchart program.
Input-Output / Simbol Keluar-Masuk adalah simbol yang menunjukkan proses input-output yang terjadi tanpa bergantung dari jenis peralatannya.
Predefined Process / Simbol Proses Terdefinisi adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan pelaksanaan suatu bagian prosedur (sub-proses). Dengan kata lain, prosedur yang terinformasi di sini belum detail dan akan dirinci di tempat lain.
Connector (On-page) adalah simbol yang fungsinya untuk menyederhanakan hubungan antar simbol yang letaknya berjauhan atau rumit bila dihubungkan dengan garis dalam satu halaman
Connector (Off-page)adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan simbol dalam halaman berbeda. label dari simbol ini dapat menggunakan huruf atau angka.
Preparation Symbol / SimbolPersiapanadalah simbol yang digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan di dalam storage.
Manual Input Symbol adalah simbol digunakan untuk menunjukkan input data secara manual menggunakan online keyboard.
Manual Operation Symbol / Simbol Kegiatan Manual simbol yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan/proses yang tidak dilakukan oleh komputer.
Display Symbol adalah simbol yang menyatakan penggunaan peralatan output, seperti layar monitor, printer, plotter dan lain sebagainya.
Delay Symbol adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan proses delay (menunggu) yang perlu dilakukan. Seperti menunggu surat untuk diarsipkan dll
Baca Juga :  Gambar Vektor : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan

 

Apa Perbedaan Flowchart dengan DFD

  1. DFD menunjukkan aliran data dalam suatu sistem, sedangkan diagram alur sistem menggambarkan alur kerja atau prosedur yang ada di sistem.
  2. Proses DFD dapat dilakukan secara bersamaan atau paralel, sedangkan diagram alir dari aliran data harus berurutan.
  3. DFD tidak memiliki loop saat diagram alur sedang berulang.
  4. DFD tidak ada proses perhitungan, sedangkan diagram alir adalah proses perhitungan.

 

Contoh Flowchart

Penjelasan dari Flowchart diatas :

  1. “Start” diwakili oleh simbol terminal port yang menggambarkan kegiatan awal atau akhir dari suatu proses. Pada langkah ini simbol terminal port menjabarkan kegiatan awal program tampilan halaman menu utama.
  2. Kemudian tampil halaman utama dimana diwakili oleh simbol proses yang berfungsi untuk menggambarkan suatu proses.
  3. Setelah tampil halaman menu utama, sudah disediakan beberapa pilihan menu yang harus dia pilih. Setiap menu yang ada diwakili oleh simbol decision yang berfungsi menggambarkan suatu keputusan atau tindakan yang harus diambil pada kondisi tertentu (T/F).
  4. Jika memilih “Home” maka user akan tetap berada pada halaman utama dan ditunjukkan dengan simbol line connector yang mengarah ke “tampil menu utama”.
  5. Jika pilih “konsultasi” maka user akan dibawa/masuk ke halaman konsultasi yang ditunjukkan dengan simbol off-page reference yang berfungsi menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang berbeda.

 

Demikianlah artikel mengenai Daftar isi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.co.id dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Related posts: