Hukum Gossen

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Hukum Gossen 1 dan 2 – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai makalah Ekonomi. Hukum Gossen 1 ( Pertama ) merupakan generalisasi dari fakta berdasarkan pengalaman jika pemuasan keperluan terhadap suatu jenis benda tertentu dilakukakan terus menerus, kenikmatannya akan terus-menerus berkurang sampai akhirnya mencapai suatu kejenuhan. Dari urian singkat diatas kita akan bersama-sama membahas pengertian Hukum Gossen, Yuk simak langsung mengenai pengertian beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Teori Ekonomi Hukum Gossen 1 dan 2 yang dikemukakan oleh Hermann Heinrich Gossen

 

Masalah fundamental dalam ekonomi konvensional ialah keinginan insan yang tidak terbatas sedangkan, tidak terdapat sumber daya yang cukup untuk memuaskan semua keinginan manusia. Oleh sebab itu, pribadi yang rasional mengupayakan mengoptimalkan sumber daya yang terdapat untuk menjangkau kepuasan maksimal upaya pribadi untuk mengoptimalkan sumber daya yang terbatas dikenal sebagai perilaku konsumen.

Pengertian

Hukum Gossen I

Disebut Hukum Guna Marginal yang Terus Menurun, bila jumlah barang yang dikonsumsi pada waktu tertentu terus ditambah, maka guna total yang diperoleh akan bertambah, tetapi guna marginal akan semakin berkurang. Bahkan bila konsumsi terus dilakukan, guna total akan menurun dan guna marginal menjadi nol, bahkan di bawah nol

Hukum Gossen II

Manusia akan berusaha memenuhi kebutuhanya bermacam-macam sampai pada tingkat kebutuhan yang sam jika manusia melakukan pemenuhan kebutuhannya akan berbagai jenis barang dengan tingkat pendapatan dan harga barang tertentu  tersebut akan mencapai tingkat optimisasi konsumsinya pada saat rasio marginal utility  berbanding harga sama untuk semua barang yang dikonsumsinya

Contoh Hukum Gossen

Hukum Gossen I

ketika kita berolahraga bersepeda dan merasa kelehaan akibat olahraga tersebut sehingga kita minum 1 gelas air. kemudian minum air 2 gelas terasa lebih nikmat dan minum 3 gelas terasa makin lebih nikmat  dan ketika kita minum yang gelas ke 4 gelas perut kamu sudah mulai kembung dan akhirnya apa yang kamu rasakan minuman dari gelas yang ke 4 menjadi enak.

Hukum Gossen II

Ketika kita seharian berpuasa maka akan merasakan lapar dan haus, maka saat berbuka nanti kita akan butuh makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan yang kita inginkan,  kemudian kita akan membeli makanan dan minuman sampai ke batas kekenyangannya,  seandainya uang dari sisa pembelian makanan dan minuman tadi masih ada akan dia gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Demikianlah artikel mengenai Hukum Gossen 1 dan 2. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.co.id dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Bagikan Artikel :
Baca Juga :  √ 10+ Contoh Surat Lamaran Kerja : PT, CV, BUMN, Rumah Sakit, Umum, Dll