Jari-Jari Atom

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Jari-Jari Atom – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai jari-jari atom. Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tabel periodik unsur kimia. Yuk simak langsung mengenai tabel periodik unsur kimia beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Jari-jari Atom

Jari-jari atom adalah jarak yang dihitung dari inti atom sampai ke kulit terluar. Semakin ke kanan jumlah proton dan neutron semakin banyak sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kuat sehingga jari-jari atom semakin kecil.

semua unsur yang seperiode memiliki jumlah kulit yang sama. Akan tetapi, tidak berarti mereka memiliki jari-jari atom yang sama juga. Semakin ke kanan letak unsur maka proton dan elektron yang dimiliki srmakin banyak, sehingga tarik-menarik inti dengan elektron semakin kuat. Membuat elektron-elektron terluar tertarik lebih dekat ke arah inti. Jadi, bagi unsur yang seperiode, jari-jari atom semakin ke kanan semakin kecil.

Akibatnya dibutuhkan energi yang lebih banyak untuk mencungkil elektron terluar. Dengan kata lain, dalam satu periode energi ionisasi bertambah dari kiri ke kanan

Tabel Atom

Inilah contoh jari-jari atom dalam tabel periodik.

 

Grafik Atom

Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa :

Untuk unsur-unsur dengan golongan yang sama maka jari-jari atom akan meningkat seiring dengan bertambahnya nomor atom. Dengan kata lain dari atas hingga ke bawah jari-jari atom akan bertambah. Hal tersebut disebabkan karena bertambahnya orbit atau lintasan elektron sehingga volume atom mengembang dan jari-jari atom semakin besar.

Baca Juga :  √5 Contoh Isotope Isobar dan Isoton Beserta Contoh dan Pengertiannya

Bagaimana dengan unsur-unsur yang termasuk dalam satu periode?

Untuk unsur-unsur dengan periode yang sama maka jari-jari atom akan menurun seiring dengan bertambahnya nomor atom. Ini disebabkan karena jumlah proton bertambah, sehingga tarikan inti atom terhadap elektron valensi semakin kuat dan mengakibatkan berkerutnya volume atom.

Faktor yang Mempengaruhi Panjang Jari-jari Atom

Panjang atau pendeknya jari-jari atom dapat ditentukan oleh 2 faktor, antaralain :

1. Jumlah kulit atom

Semakin banyak jumlah kulit yang dimiliki suatu atom, otomatis jari-jari atomnya juga semakin panjang. Jari-jari atom Natrium lebih panjang daripada jari-jari atom Litium, karena jumlah kulit yang dimiliki atom Natrium lebih banyak dibandingkan dengan atom Litium.

2. Muatan inti atom

Apabila jumlah kulit dari dua atom sama banyak, maka yang berpengaruh terhadap panjangnya jari-jari atom adalah muatan inti atom. Apabila inti atomnya semakin banyak, itu berarti semakin besar pula muatan inti dan gaya tarik inti atom terhadap elektron lebih kuat sehingga elektron lebih mendekat ke inti atom.

 

Demikianlah artikel mengenai jari-jari atom. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dosenpintar.co.id. Sampai bertemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Bagikan Artikel :