√ Jenis-Jenis Bank : Pengertian dan Perannya

Posted on

Pengertian bank

Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dan juga menyalurkan nya ke masyarakat. Bang ialah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan nya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan bentuk-bentuk lainya dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan rakyat banyak. Bank dalam melakukan kegiatannya memiliki beberapa tujuan, yaitu tujuan jangka panjang dan juga jangka pendek.

Jenis-jenis bank

Dalam praktik perbangkan di indonesia saat ini terdapat beberapa jenis perbangkan yang diatur menurut fungsinya, undang-undang No. 10 tahun 1998 tentang perbangkan, membagi perbangkan berdasarkan fungsinya, badan hukum, dan juga kepemilikannya. Pengelompokan bank bisa dilihat pada skema dibawah ini:

√ Jenis-Jenis Bank : Pengertian dan Perannya

  • Jenis bang berdasarkan tugasnya

Berdasarkan fungsinya, jenis bank terdiri dari bank sentral, bank umum bank perkreditan rakyat dan juga bank syariah.

  • Jenis bank berdasarkan bentuk badan hukum

Jenis bank berdasarkan bentuk hukumnya terdiri dari bank perorangan, bank persekutuan, dan juga bank koperasi.

  • Jenis bank berdasarkan kepemilikannya

Berdasarkan kepemilikannnya jenis bank terdiri dari bank pemerintah, bank swasta, bank campuran, bank pemerintah daerah dan juga bank syariah.

  • Bank pemerintah

Bank pemerintah ialah bank yang modalnya dan keuntungannya dimiliki oleh pemerintah. Contoh : bank negara indonesia 46, bang rakyat indonesia (BRI), bank tabungan negara (BTN).

  • Bank swasta nasional

Bank milik swasa nasional seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta nasional dan juga keuntungannya untuk swasta juga. Contoh : bank muamalat, bank central asia (BCA), bang lippo, dan lain sebagainya.

  • Bang milik koperasi

Bang jenis ini kepemilikan sahammya dimiliki oleh perusahaan yang berbadan hukum koperasi, contohnya : bank umum koperasi indonesia.

  • Bank milik asing

Bank jenis ini ialah cabang dari bank yang ada di luar negeri, contohnya : ABN amro, bang of america.

Bank sentral

Bank sentral merpakan bank yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengatur dan juga mengawasi kestabilan kegiatan-kegiatan lembaga-lembaga keuangan yang terdapat dalam perekonomian. Bank sentra yang ada di indonesia bernama bank indonesia, yaitu lembaga negara yang idependen, bebas dari campur tangan pemerintah, dan juga berkedudukan di ibukota.

Baca Juga :  √ Peran Bank Sentral : Bank Umum dan Kebijakan Moneter

Tujuan bank indonesia ialah untuk mencapai dan memelihara kestabilan rupiah. Kestabilan rupian bisa diukur dari perkembangan laju inflasi dan juga nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lailn. Bank indonesia mempunyai tugas-tugas seperti dibawah ini;

  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Tugas bank indonesia dalam menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter yaitu dengan cara menettapkan sasaran moneter dengan memerhatikan sasaran laju inflasi. Agar pengendalian moneter bisa dilakukan dengan cara operasi pasar terbuka di pasar uang, penetapan ttingkat diskonto, penetapan cadangan wajim minimum, dan juga pengatuan kredit atau pembiayaan.

  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, bank indonesia memiliki wewenang dalam melaksanakan dan juga memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran.

  • Mengatur dan mengawasi bank

Bank indonesia dalam mengatur dan mengawasi bank, mempunyai wewenang untuk menetapkan ketentuan-ketentuan perbankan, memberi izin  kepada bank untuk menjalankan kegiatan usaha-usaha tertentu, melakukan pemeriksaan terhadap bank, dan juga memberikan sanksi kepada bank. Tugas bank akan dilakukan oleh lembaga pengawasan sektor jasa keuangan yang idependen dan juga bentuk dengan undang-undang

Bank umum

Bank umum ialah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sifat jasa yang diberikan ialah umum, artinya bisa memberikan seluruh jasa perbankan yang ada. Bang umum sering juga disebut dengan bank komersil.

Bank syariah

Bank syariah merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran. Bank syariah dinamakan juga sebagai bang tanpa bunga karena dalam menghimpun dana tidak memberikan imbalan bunga dan dalam pinjamam tidak dipungut bunga. Bank syariah mempunyai beberapa prinsip dalam mengoperasikan kegiatannya.

Bank perkreditan rakyat

Bank perkreditan rakyat ialah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Kegiatan BPR jauh lebih sempit di bandingkan dengan kgiatan bank umum.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Jenis-Jenis Bank : Pengertian dan Perannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Teori nilai uang : Permintaan dan Faktor Yang Mempengarihi Penawaran
Baca Juga :  √ Pengertian Uang : Fungsi dan Jenisnya
Baca Juga :  √ Pengertian Konsumsi : Tabungan, Investasi dan Hubungannya
Baca Juga :  √ Pengertian Infalasi: Penyebab dan Jenisnya

 

Related posts: