√ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter

Posted on
5 (100%) 1 vote[s]

Permaslahan-permasalahan ekonomi diatas tentunya akan mewujudkan berbagai pengaruh buruk bagi perekonomian itu sendiri, guna menghindari pengaruh yang tidak baik tersebut, diperlukan berbagai kebijakan ekonomi untuk mengatasinya. Kebijakan pemerintah dibidang ekonomi terdiri dari kebijakan fiskal dan kebijakan moneter

√ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter

Kebijakan fiskan ialah langkah pemerintah membuat perubahan dalam bidan perpajakan danjuga pengeluaran pemerintah dengam baksud untuk memengaruhi pengeluaran agregat dalam perekonomian. Melalui kebijakan fiskal masalah pengangguran dan inflasi bisa diatasi.

  • Untuk mengatasi pengangguran

Kebijakan fiskal ialah kebiakan yang penting untuk mengatasi pengangguran. Melalui kebijakan fiskan pengeluaran agregat bisa ditambah sehingga bisa meningkatkan pendapatan nasional dan tingkat penggunaan tenaga kerja. Jika dilihat dari sisi perpajakan, untuk mengatasi maslah pengangguran langkah yang harus dilaksanakan ialah mengurangi pajak pendapatan. Pengurangan pajak akan meningkatkan daya beli masyarakat guna membeli barang barang jda juga jasa. Sehingga pengeluran rumah tangga mengalami peningkatan. Kenaikan pengeluaran rumah tangga akan meningkatkan juga pengeluaran secara keseluruhan, dengan begitu pendapatan nasional akan bertambah yang pada akhirnya kesempatan kerja meningkat dan pengangguran berkurang.

  • Untuk mengatasi inflasi

Saat inflasi terjadi maka untuk mengatasinya pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan pajak dan juga mengurangi pengeluaran agregat. Usaha untuk mengurangi pengeluaran agregat yaitu dengan cara mengurangi pengelauran pemerintah, sehingga tekanan inflasi bisa dikurangi.

Baca Juga :  √ Faktor Penyebab Inflasi dan Danpak Negatifnya
  • Kebijakan moneter

Kebijakan moneter ialah kebijakan pemerintah melelui bank sentral untuk memengaruhi penawaran uang dalam perekonomian/mengubah suku bunga, dengan maksud untuk mengurangi pengeluaran agregat. Berikut ini ialah kebijakan moneterdalam mengatasi masalah pengangguran  dan juga inflasi.

  • Untuk mengatasi pengangguran

Cara pemerintah dalam mengatasi inflasi pengangguran yaitu dengan cara menambah jumlah penawaran uang. Semakin meningkatnya penawaran uang maka akan menurunkan suku bunga dan juga akan meningkatkan investasi. Jumlah investasi yang semakin menigkat akan menambah kesempatak kerja yang pada akhirnya akan mengurangi pengangguran.

  • Untuk mengatasi inflasi

Usaha yang dilakukan pemerintah guna mengatasi inflasi yaitu dengan cara menurunkan penawaran uang. Apabila penawaran uang menurun maka tingkat suku bunga akan menigkat. Akibatnya ialah investtro akan mengurangi investasinya. Selain itu juga pengeluaran rumah tangga akan berkurang karena mereka lebih mengiginkan menyimpan uangnya di bank. Dengan begitu tingkat inflasi bisa dikendalikan.

Demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Kebijakan Pemerintah : Fiskal dan Moneter, semoga artikel inni bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Maslah Yang Dihadapi Pemerintah Di Bidang Ekomoni
Baca Juga :  √Perbedaan Ekonomi Mikro, Makro dan Pengertiannya
Baca Juga :  √Ciri Pasar Oligopoli: Kelebihan dan Kekurangannya
Baca Juga :  √Ciri Pasar Persaingan Monopolistik: Kelebihan dan Kekurangannya
Bagikan Artikel :