Kebugaran Jasmani : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Faktor dan Unsur

Posted on

Kebugaran Jasmani – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai Kebugaran Jasmani beserta Pengertian, Sejarah, Manfaat, Faktor, dan Unsurnya. Daripada penasaran temen-temen langsung aja simak artikelnya dibawah ini yuk.

Kebugaran Jasmani
 

Pengertian Kebugaran Jasmani

Teman-teman pastinya sering mendengar istilah kebugaran jasmani, baik di lingkungan sekolah, kampus, maupun masyarakat. Lantas apa sih pengertian kebugaran jasmani itu sendiri? Yaitu kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang, dalam melakukan beragam aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Istilah kebugaran jasmani ini sendiri pengertiannya tidak jauh berbeda dengan aspek fisik, pada total fitness atau yang lebih sering disebut dengan physical fitness.
 

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Ahli

Adapun menurut para ahli pengertian kebugaran jasmani antaralain adalah sebagai berikut:

1. Menurut Muhajir

Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir yaitu suatu kemampuan fisik dari seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari serta kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan tanpa merasakan rasa capek dan lelah

2. Menurut Rusli Lutan

Sedangkan menurut Lutan kebugaran jasmani didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik di kehidupan sehari-hari, dimana kegiatan tersebut membutuhkan 3 unsur inti antaralain daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan

3. Menurut Djoko Pekik Irianto

Adapun menurut beliau kebugaran jasmani merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan
 

Baca Juga :  Cara menghitung berat badan ideal

Manfaat Kebugaran Jasmani

Sudah pasti kebugaran jasmani tentunya bermanfaat untuk diri sendiri serta orang lainnya. Adapun manfaat-manfaat tersebut antaralain sebagai berikut

  • Terhindar dari Obesitas
  • Tidak Terkena Penyakit Jantung
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
  • Mencegah Insomnia
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Terhindar Dari Rasa Cepat Lelah
  • Meningkatkan Suasana Hati

 

Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Tingkat kebugaran setiap orang pastinya berbeda-beda. Dan tinggi atau rendahnya tingkat kebugaran ini disebabkan oleh banyak faktor. Dan faktor-faktor tersebut antaralain sebagai berikut

  • Umur
  • Jenis Kelamin
  • Makanan
  • Keturunan atau Gen
  • Rokok

 

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Pejelasanya

Kecepatan (Speed)

Kecepatan merupakan salah satu unsur dalam kebugaran jasmani. Kecepatan sendiri merupakan kemampuan untuk melakukan suatu gerak dalam periode waktu yang singkat. Kecepatan seseorang dapat dinilai dari waktu yang dibutuhkan oleh orang tersebut dalam melakukan suatu aktivitas, semakin singkat maka kecepatannya semakin bagus.

Kekuatan (Strength)

Unsur selanjutnya adalah kekuatan. Unsur ini berfungsi untuk memaksimalkan tenaga ketika melakukan suatu aktifitas fisik. Kekuatan sangat penting dalam setiap aktifitas olahraga karena dapat mencegah terjadinya cedera serta kekuatan menjadi sebuah daya penggerak. Kekuatan otot yang baik dapat didapatkan dengan rutin melakukan latihan secara konsisten.

Daya Tahan (Endurance)

Unsur berikutnya yaitu Daya tahan. Unsur yang satu ini memiliki fungsi untuk menggerakkan seluruh tubuh seseorang dalam waktu yang cukup lama dan tempo yang berbeda (antara sedang dan cepat) secara efektif dan efisien serta tanpa merasakan sakit dan lelah yang berarti. Untuk dapat melatih daya tahan tubuh, seseorang hanya perlu berolahraga ringan seperti lari dan jogging secara konsisten.

Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan merupakan suatu keleluaasaan dalam menggerakan otot-otot tubuh khususnya otot persendian. Unsur yang satu ini dibutuhkan hampir pada semua cabang olahraga Untuk melatih kelenturan atau fleksibilitas tubuh dapat melakukan senam, yoga dan renang.

Baca Juga :  Cara menghitung berat badan ideal

Kelincahan (Agility)

Selanjutnya yaitu kelincahan. Suatu kemampuan tubuh dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi lain seperti dari depan ke belakang atau dari kiri ke kanan. Terdapat beberapa cabang olahraga yang membutuhkan kelincahan seperti bulu tangkis dan sepak bola. Kelincahan dapat dilatih dengan melakukan beberapa jenis latihan fisik yakni lari menaiki-menuruni anak tangga dan lari dengan arah zig zag.

Keseimbangan (Balance)

Unsur keseimbangan merupakan kemampuan tubuh dalam mengendalikan organ tubuh serta saraf otot agar gerakan tubuh dapat dikendalikan dengan baik. Unsur keseimbangan dibutuhkan dalam cabang olahraga seperti senam dan loncat indah. Keseimbangan dapat dilatih dengan berjalan di atas balok kayu, sikap lilin, serta berdiri dengan menjadikan tangan sebagai tumpuan.

Ketepatan (Accuracy)

Unsur ketepatan merupakan kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan terhadap sasaran yang ingin dituju, contoh olahraga yang menggunakan unsur ketepatan seperti memanah, bowling, billiard dan latihan menembak. Untuk melatih unsur ketepatan dapat dilakukan dengan cara memasukkan bola pada keranjang, melempar salah satu botol yang disusun secara baris sejajar.

Koordinasi (Coordination)

Unsur yang terakhir adalah koordinasi. Unsur ini merupakan kemampuan tubuh dalam menyatukan berbagai gerakan tubuh yang tak sama kedalam satu gerakan yang efektif. Dalam melakukan latihan yang dapat melatih unsur koordinasi dituntut suatu tambahan kemampuan lain yakni konsentrasi yang tinggi serta kemampuan gerak insting yang kuat. Untuk melatih unsur koordinasi yaitu dengan latihan memantulkan bola ke dinding kemudian ditangkap kembali. Latihan memantul dan menangkap kembali ini dilakukan dengan tangan yang berbeda atau berlawanan antara tangan yang memantulkan dengan tangan yang menangkap kembali.

 

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Kebugaran Jasmani. Artikel diatas diharapkan agar bisa membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :  Cara menghitung berat badan ideal

 

Related posts: