Pengertian Kerja Rodi

Posted on

Pengertian Kerja Rodi – Halo para pembaca dosenpintar.co.id kembali lagi bersama saya. Nah, pada artikel kali ini kita bakal membahas tentang Kerja Rodi, Sejarah Tanam Paksa dan Pengertian Tanam Paksa lengkap dengan ulasannya. Yuk langsung aja simak artikelnya di bawah ini.

Pengertian Kerja Rodi

Pengertian Kerja Rodi

Kerja rodi (kerja paksa) adalah sebuah sistem kerja paksa yang diterapkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Disini rakyat dipaksa untuk mengerahkan seluruh tenaganya untuk ikut serta dalam membangun infrastruktur yang akan digunakan oleh pihak Belanda. Namun semua pekerjaan rakyat tidak di upah sepersen pun.

Sejarah Kerja Rodi

Kerja rodi (tanam paksa) mulanya muncul saat Louis Napoleon memerintahkan Herman Willem Daendels menjadi gubernur jendral pada 1 Januari 1808, dimana tugas utama Daendels adalah mempertahakan pulau Jawa dari ancaman Inggris. Selain itu, Daendels diberi tugas mengatur pemerintahan di Indonesia.

Setelah itu Daendels pun menerima kekuasaan dari Gubernur Jenderal Weise (tanggal 15 Januari 1808). Tugas untuk mempertahankan Pulau Jawa membuat Daendels terbebani, karena Inggis telah menguasai daerah kekuasaan VOC di Sumatra, Ambon, dan Banda. Pada saat Daendels menjabat sebagai gubernur jendral, ia mengeluarkan langkah-langkah, antara lain: Meningkatkan jumlah tentara dengan jalan mengambil dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Membangun pabrik senjata di Semarang dan Surabaya. Membangun pangkalan armada di Anyer dan Ujung Kulon, membangun jalan raya sepanjang 1.100 km dari Anyer hingga Panarukan, serta membangun benteng-benteng pertahanan.

Demi mewujudkan langkah yang ingin ia capai tersebut, Daendels pun menerapkan sebuah sistem kerja paksa (rodi). Selain menerapkan kerja paksa Daendels melakukan berbagai usaha untuk mengumpulkan dana dalam menghadapi Inggris. Dimana kebijakan yang dikeluarkan Daendels antara lain: Mengadakan penyerahan hasil bumi (contingenten), rakyat dipaksa untuk menjual hasil buminya kepada pemerintah Belanda dengan harga yang sangat murah (verplichte leverantie),  yaitu mengeluarkan sebuah kewajiban yang dibebankan kepada rakyat Priangan untuk menanam kopi (Preanger Stelsel). Menjual tanah-tanah negara kepada pihak swasta asing seperti kepada Han Ti Ko seorang pengusaha Cina.

Baca Juga :  √Pengertian Sejarah Secara Umum Menurut Para Ahli (LENGKAP)

Tentunya kebijakan serta langkah yang dibuat oleh Daendels ini sangat berkaitan dengan tugas utamanya yaitu untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan pasukan Inggris. Dimana kebijakan yang diberlakukan oleh Daendel antaralain: Semua pegawai pemerintah menerima gaji tetap dan mereka dilarang melakukan kegiatan perdagangan, melarang penyewaan desa, kecuali untuk memproduksi gula, garam, dan sarang burung, memberlakukan kerja rodi (sistem kerja paksa) dan membangun pelabuhan, kapal perang, dan ketentaraan dengan melatih orangorang pribumi.

Tujuan Kerja Rodi

Seperti yang saya jelaskan di atas, kerja rodi memiliki tujuan antaralain:

  1. Membuat jalan raya sepanjang 1.100 km dari Anyer hingga Panarukan.
  2. Membangun pelabuhan serta kapal perang untuk kebutuhan militer.
  3. Membangun pangkalan tentara dengan melatih orang-orang pribumi.

 

Pencetus Kerja Rodi

Kerja rodi (kerja paksa) dicetuskan oleh Herman Willem Daendels. Sedangkan sistem tanam paksa dicetuskan oleh Johannes Van Den Bosch (Gubernur Hindia Belanda) yang diteruskan oleh Daendels

Kebijakan Kerja Rodi Daendels

Adapun kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam kerja rodi Daendels antaralain:

  1. Para pegawai pemerintah mendapatkan gaji tetap, dan dilarang untuk melakukan kegiatan perdagangan.
  2. Melarang penyewaan desa kecuali untuk memproduksi gula, garam dan sarang burung.
  3. Melaksanakan pajak dengan menyerahkan hasil bumi (contingenten).
  4. Menetapkan kewajiban menjual hasil bumi kepada pemerintah dengan hasil yang telah ditetapkan.
  5. Melakukan penjualan tanah rakyat kepada pihak swasta(asing).
  6. Mewajibkan rakyat Priangan untuk menanam kopi (Prianger stelsel).

Demikianlah artikel tentang Pengertian kerja rodi semoga artikel ini dapat membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu dan wawasannya. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Nilai Nilai Pancasila dan Maknanya Dalam Kehidupan Sehari Hari

 

Related posts: