Lengkap, Arti dan Makna lambang Burung Garuda Pancasila

Posted on

Makna Lambang Garuda Pancasila – Halo sobat setia dosenpintar.co.id, kembali lagi bersama saya, dan kali ini saya ingin membahas artikel tentang makna lambang burung garuda Pancasila lengkap beserta artinya. Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Makna lambang pancasila
 

Pengertian Pancasila

Tentunya kita sebagai rakyat Indonesia sudah pasti mengetahui Pancasila, meski begitu apakah teman-teman benar-benar tahu pengertian pancasila itu sendiri. Lantas apa sih pengertian atau definisi dari pancasila? Pancasila merupakan ideologi dan dasar dari negara Indonesia. Pancasila menjadi landasan, dari segala keputusan yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia, serta mencerminkan kepribadian dari bangsa Indonesia itu sendiri.

Kata pancasila secara etimologi berasal dari bahasa sanserkerta India, yang mengacu pada kasta Brahmana. Dimana kata “panca” memiliki arti yaitu lima, sedangkan kata “sila” memiliki arti yaitu dasar. Sehingga pengertian kata pancasila secara harfiah adalah lima dasar, yang kemudian dibuatlah masing-masing lambang dari pancasila tersebut yang jumlahnya 5.
 

Makna Lambang Pancasila Dan Penjelasannya

Tentunya sebagai sebuah ideologi dan dasar negara, pancasila memiliki sebuah lambang yang memiliki makna tersendiri. Yang mana telah saya singgung diatas bahwa pancasila memiliki 5 lambang, dimana lambang Pancasila ini berada di bagian perisai yang ada pada dada burung Garuda. Masing-masing sila Pancasila digambarkan dengan lambang:

  1. Bintang
  2. Rantai
  3. Pohon Beringin
  4. Kepala Banteng
  5. Padi dan Kapas

 

Makna Perisai / Tameng

Kelima lambang pancasila dibendung oleh sebuah perisai/tameng yang berletak di dada burung garuda. Makna dari perisai ini sendiri merupakan sebuah tameng yang sudah lama sekali dikenal oleh masyarakat dan kebudayaan Nusantara sebagai sebuah senjata yang melambangkan perlindungan, pertahanan dan perjuangan diri untuk mencapai tujuan.

Baca Juga :  Pengertian Syirkah : Jenis, Dalil, Rukun dan Syarat

1. Bintang

pancasila-sila-ke 1

Yang pertama adalah simbol bintang. Simbol ini terletak di bagian tengah dan memiliki lima sudut yang melambangkan sila pertama pada Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol bintang sendiri melambangkan sebuah cahaya yang dipancarkan oleh Tuhan kepada setiap manusia. Selain itu lambang bintang juga diartikan sebagai sebuah cahaya untuk menerangi Dasar Negara, Sifat Negara, dan tujuan negara yang semuanya tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Sedangkan latar berwarna hitam menunjukkan warna alam dan mengandung arti bahwa berkat rahmat Allah adalah sumber dari segalanya.

2. Rantai

pancasila-sila-ke 2

Yang kedua adalah simbol Rantai. Simbol ini terletak di bagian kanan bawah dan melambangkan sila kedua pada Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Memiliki bentuk segi empat dan lingkaran yang keduanya saling berkaitan, dimana rantai berbentuk segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan yang lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai digambarkan terikat, yang artinya setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan, saling membutuhkan satu sama lain dan harus bersatu sehingga menjadi kuat seperti sebuah rantai.

3. Pohon beringin

pancasila-sila-ke 3

Berikutnya ada simbol pohon beringin. Simbol ini terletak diatas simbol rantai, atau di ujung kanan atas. Simbol yang melambangkan sila ketiga ini diartikan sebagai pohon besar yang bisa digunakan oleh banyak orang sebagai tempat berteduh dibawahnya. Hal ini mewakili Negara Indonesia yang menjadi tempat berteduh semua rakyat Indonesia. Tak hanya itu,  sulur dan akar  yang ada di pohon beringin juga menjalar ke segala arah. Hal ini mewakili keragaman suku bangsa yang menyatu di Indonesia.

4. Banteng

pancasila-sila-ke 4

Simbol keempat yaitu kepala banteng. Simbol ini terletak di bagian kiri atas dan melambangkan sila keempat pada Pancasila, yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Layaknya seekor banteng yang disebut sebagai hewan sosial, lambang ini mengartikan bahwa orang-orang suka berkumpul untuk bermusyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

Baca Juga :  Struktur Organiasai : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh

5. Padi dan Kapas

pancasila-sila-ke 5

Terakhir adalah simbol padi dan kapas. Simbol ini terletak di bawah simbol kepala banteng, atau di bagian bawah kiri yang melambangkan sila ke lima pada Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Padi dan kapas pada dasarnya merupakan kebutuhan pokok dan dasar bagi setiap manusia, yakni pangan dan sandang, sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran. Tentunya simbol padi dan kapas sangat sesuai dengan tujuan utama dari sila kelima.

 
Demikianlah artikel yang membahas mengenai Arti dan Makna lambang Burung Garuda Pancasila saya harap artikel diatas dapat membantu sobat dosenpintar.co.id semua di segala aspek, baik pendidikan maupun pengetahuan. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

 

Related posts: