√Macam Kebutuhan : Primer, Skunder dan Tersier

Posted on

Kebutuhan (needs)

Pada dasarnya setiap menusia mempunyai kebutugan. Kebutuhan ini tidakterbats dan beragam jumlahnya sehingga tidak mungkin manusia dapat memenuhi semua kebutuhannya. Begitu kebutuhan satu dipenuhi akan muncul kebutuna yang lain. Apabila kebutuhan sekoalh kalian seperti kebutuhan seragam, sepatu, tas, uang sekolah, les provat. Telah dipernuhi kebutuna yang lainnya akan muncul. Micalnya, bemain musik,rekkreasi, nonton film dan yang lainnya. Upaya untuk memenuhi kebutuhan pada dasarnya tidak pernah berakhir, karena itu manusia perlu t bertindak rasional artinya berbuat sesuatu untuk mencegan pemborosan dan mencegah ketidakefisienan.

√Macam Kebutuhan : Primer, Skunder  dan Tersier

Kebutuhan uantuk memenuhi keperluan manusia agar mampu bertahan hidup disebut kebutuhan ekonomi.

  • Mancam-macam kebutuhan

Mengapa kebutuhan selalu muncul? Kebutuhan itu akan selalu ada selama manusia masih hidup, selain itu, hal ini dikarenakan sifat manusia yang merasa tidak pernah puas, sehingga kebutuhannya tidak terbatas. Kebutuhan tersebut akan bertambahh ters, baik macam, jumlah dan juga mutunya.

Penggolongan berbagai macam kebutuhan dapat dilihat pada skelma berikut ini

  • Kebutuhan menurut intensitas kegunaanya

  • Kebutuhan primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia secara wajar. Menurut ILO bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarak, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik masyarakat kaya maupun miskin. Kebutuhan pokok ini meliputi kecukupan pengan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan dan sarana-pendukung lainnya seperti tranportasi, persediaan air minum, rasa aman dan sebagainya.

  • Kebutuhan skunder

Kebutuhans ekunder adalah kebutuhan yang sifatnya melngkapi kebutuha primer dan kebutuhan ini baru terpenuhi setelah bebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini  bukan berarti tidak penting, karena sebagian manusia yang berbudaya, yang hidup bermasyarakat memerlukan berbagai hal lain yang lebih luas dan semperna baik mengenai mutu, jumlah dan juga jenisnya. Contoh kebutuhan sekunder antara lain televisi , kulkas sepeda motor, mobil dan kebutuhan-kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer

  • Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, kaerena pemenuhan kebutuhanya tertuhu pada barang—barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya ialah perhiasan berlian, rumah mewah, mobil mewah dan lain-lain.

Baca Juga :  √Ciri Pasar Persaingan Monopolistik: Kelebihan dan Kekurangannya

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai macam-macam kebutuhan manusia. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

 

Related posts:
Bagikan Artikel :