Makalah Proposal : Pengertian dan Contoh

Posted on

Contoh Makalah Proposal  – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai makalah beserta pengertian dan contohnya. Proposal seringkali indentik dengan surat pengusulan dana guna suatu pekerjaan atau surat pengusulan terhadap seponsor, sebetulnya proposal memiliki makna lebih dari itu. Untuk tersebut kali ini anda akan bersama-sama membicarakan pengertian dan misal proposal pekerjaan yang baik dan benar, Yuk simak langsung mengenai proposal beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Proposal

Proposal ialah suatu rancangan pekerjaan yang akan dilangsungkan dalam format tulisan dengan sistematis dan terperinci, proposal diciptakan untuk memdapatkan persetujuan pihak lain, dapat juga diciptakan untuk permohonan dana pertolongan yang nantinya bakal ada kerja sama antara pihak yang mengemukakan proposal dan piha yang memberi bantuan.

Berdasarkan keterangan dari KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) proposal memiliki makna rencana yang dituangkan dalam format rancangan. Intinya proposal ialah sebuah rancangan yang diciptakan untuk sebuah kegiatan, baik tersebut seminar, perlombaan, atau pekerjaan lainnya supaya rencana yang sudah diciptakan akan berlangsung dengan baik cocok yang tertulis dalam proposal.

Di samping sebagai rancangan suatu pekerjaan proposal pun adalahsebuah artikel yang diciptakan oleh si pengarang yang bertujuan untuk mengulas atau menjelasan suatu tujuan untuk si pembaca (individu atau kelompok) sampai-sampai mereka mendapat pemahaman tentang tujuan itu lebih mendetail. Diharapkan dari proposal itu dapat menyerahkan informasi yang sedetail mungkin untuk si pembaca, sampai-sampai akhirnya mendapat persamaan visi, misi, dan tujuan.

Tetapi pun perlu di garis bawahi bahwa penulisan proposal melulu salah satu dari sekian tidak sedikit tahap perencanaan. Penulisan proposal ialah suatu tahapan penggabungan dari sekian banyak perencanaan yang telah diciptakan dalam tahap-tahap sebelumnya. Sehingga sebetulnya proposal memang melulu sekedar rancangan yang tidak begitu rinci terhadap pelaksanaan pekerjaan yang bakal dilaksanakan.

 

Jenis – Jenis Proposal

Terdapat sejumlah Jenis Proposal secara umum, penjelasnya ada di bawah ini :

1. Proposal Wirausaha

Dalam proposal wirausaha perlu dicerna pada siapa proposal anak ditujukan, apakah pada Owner (pihak intern yang memiliki jabatan lebih tinggi), Mitra (partner yang akan disuruh kerjasama), lembaga perizinan dan atau pada pihak sponsor.

Baca Juga :  Contoh Paragraf Campuran, Iduktif, Deduktif

2. Proposal Bisnis

Proposal bisnis atau proposal usaha adalahjenis proposal yang sehubungan dengan dunia usaha atau rancangan rencana kerja yang dikatakan baik tersebut oleh perseorangan maupun kumpulan kepada investor.

3. Proposal Kegiatan

Proposal pekerjaan adalahpengajuan rencana suatu pekerjaan baik itu mempunyai sifat individu maupun kelompok. Contoh proposal kegiatan, diantaranya proposal pekerjaan pentas seni budaya, proposal pekerjaan perpisahan sekolah dan proposal pekerjaan perkemahan dll.

4. Proposal Penelitian

Proposal riset adalahsuatu acuan, ide, usulan, gagasan atau usulan yang ditujukan pada badan, instansi atau yang lainnya untuk menyelenggarakan sebuah riset terhadap suatu masalah. Proposal mengandung tentang cerminan singkat penelitian, latar belakang dan maksud serta tujuan, dalil mengapa isi atau topik terut diangkat, masa-masa yang dibutuhkan, tempat penelitian dll.

 

Ciri – Ciri Proposal

Adapun ciri-ciri proposal inilah ini :

  1. Proposal diciptakan untuk meringkas pekerjaan yang bakal dilakukan.
  2. Proposal diciptakan dengan singkat supaya donatur atau pihak tertentu memahami pokok isi acara yang bakal diselenggarakan
  3. Ada Pihak yang Mengajukan
  4. Sebagai pengumuman kesatu sebuah kegiatan
  5. Proposal seharusnya diserahkan kepada penyumbang atau instansi bersangkutan paling tidak satu bulan
  6. sebelum acara sebagai pemberitahuan untuk instansi atau penyumbang tersebut.
  7. Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara.
  8. Proposal dibentuk dengan tujuan-tujuan yang seringkali disesuaikan dengan latar belakang suatu acara.
    Berupa lembaran-lembaran pengumuman yang sudah dijilid yang nantinya di berikan kepada yang pelaksana acara.
  9. Proposal pada dasarnya berupa lembaran-lembaran yang berisi suatu susunan acara atau pekerjaan yang di berikan penyelenggara untuk donatur.

 

Fungsi Proposal

Berikut ini ialah fungsi dari sebuah proposal:

  1. Untuk mengerjakan penelitian yang sehubungan dengan agama, sosial, budaya, ekonomi dll.
  2. Dapat dipakai untuk menegakkan suatu usaha
  3. Dapat dipakai untuk mengemukakan suatu tender dari sekian banyak macam lembaga
  4. Dapat dipakai untuk menyelenggarakan acara-acara pekerjaan tertentu laksana acara perayaan, pelatihan, perlombaan, seminar.
  5. Dapat untuk mengemukakan dana pada lembaga sebagai pertolongan terhadap sebuah acara atau pengembangan daerah

 

Tujuan Proposal

Tujuan dari pembuataan proposal ialah sbb :

  1. Agar memperoleh pertolongan dana
  2. Agar mendapat perizinan sebuah acara
  3. Agar mendapat dukungan
  4. Agar mendapat sponsor
  5. Menjelaskan secara tidak langsung untuk pihak-pihak yang hendak mengetahui pekerjaan tersebut.
  6. Menjadi rencana yang menunjukkan panitia dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.
  7. Untuk menyakinkan semua donatur/sponsor supaya mereka memberikan sokongan meterial maupun keuangan dalam mewujudkan pekerjaan yang sudah direncanakan.
  8. Mendapatkan persetujuan.
  9. Sebagai titik acuan.
Baca Juga :  Naskah Drama : Pengertian, Jenis, Unsur, Ciri, Contoh Lengkap

 

Bagian Dari Cara Membuat Proposal

A. Judul Proposal
Judul proposal kegiatan diciptakan singkat dan jelas. Harus bisa mengambarkan pekerjaan yang bakal dilaksanakan. Perlu diacuhkan pemenggalan kata yang tepat saat peralihan baris. Judul proposal ditaruh pada baris kesatu seelum latar belakang.

B. Latar Belakang
Latar belakang berisi urusan hal yang melatarbelakangi keinginan/daya dorong guna melaksanakan pekerjaan yang diajukan.

C. Nama Kegiatan
Nama pekerjaan adalahnama pekerjaan yang diajukan. Disajikan secara unik untuk publikasi.

D. Tema Kegiatan
Tema kegiatan ialah tema dari pelaksanaan pekerjaan yang diajukan. Merupakan pelajaran yang diusung dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut.

E. Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ialah hal yang ingin dijangkau dari pelaksanaan pekerjaan yang diajukan.

F. Landasan Kegiatan
Landasan kegiatan ialah hal yang menjadi dasar pelaksanaan pekerjaan yang diajukan.

Berikut adalah contoh Proposal Kegiatan Kerja Bakti

Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial | Sumber : 500px.com

 

Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial

A. Judul Proposal

Kegiatan Bakti Sosial Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Lampung Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, Provinsi Lampung.

B. Latar Belakang

Mahasiswa merupakan agen perubahan yang juga mempunyai tugas untuk berkontribusi terhadap kehidupan bermasyarakat selain belajar di perkuliahan. Mahasiswa harus mampu menerapkan ilmu yang didapat ketika perkuliahan untuk mengatasi berbagai masalah riil di masyarakat. Dewasa ini, terdapat banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Salah satu permasalahan yang membutuhkan penanganan adalah bidang perekonomian, khususnya kemiskinan.Pertumbuhan ekonomi memang berjalan relatif stabil dan cenderung meningkat tetapi kondisi ini berarti mengakibatkan pemerataan di masyarakat. Pada faktanya, masih terdapat kelompok masyarakat yang hidup di bawah taraf hidup normal salah satunya adalah di dusun Sidomulyo.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat dusun Sidomulyo masih terjebak dalam kemiskinan. Pertama, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat karena 45% lulusan SD, 10% SMP, 40% SMA dan hanya 5% yang menempuh bangku perkuliahan. Kedua, masyarakat di provinsi lampung khususnya yang berada di usia produktif tidak memiliki inisiatif untuk mencari penghasilan lebih baik.

Pada umumnya, meraka hanya mengandalkan pendapatan daru sektor pertanian untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ketiga, budaya berhutang yang menjangkiti sebagian besar masyarakat  membuat kondisi perekonomian rumah tangga per kepala keluarga menjadi tidak sehat. Ketiga masalah ini jelas sangat menghambat kemajuan masyarakat.

Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Lampung memiliki komitmen untuk mengatasi ketiga permasalahan tersebut. FEB akan mengadakan bakti sosial sebagai wujud rasa empati terhadap kondisi masyarakat dusun Sidomulyo yang serba kekurangan. Disamping itu, FEB juga akan mengadakan pelatihan prakarya dan wirausaha secara berkala.

C. Tema

Mewujudkan sikap  sosial dengan mempunyai kepekaan terhadap masalah ekonomi untuk mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan masyarakat berdikari 

D. Sasaran

• Bakti sosial:
Seluruh kepala keluarga di kabupaten Lampung Barat.
• Pelatihan prakarya dan kewirausahaan:
Ibu-ibu rumah tangga dan remaja usia produktif.

E. Waktu dan Tempat

• Sosialisasi kegiatan
Hari/tanggal: Rabu, 25 Januari 2017.
Pukul: 09.30-11.30 WIB.
Tempat: Balai dusun .

• Pelaksanaan kegiatan
Hari/tanggal: Minggu, 5 Febuari 2017.
Pukul: 18.30-19.30 WIB.
Tempat: Balai dusun.

F. Acara

Terdapat dua sesi yang menjadi fokus utama dari kegiatan ini, yaitu bakti sosial dan pelatihan prakarya serta kewirausahaan. Acara pertama adalah pelatihan prakarya dan kewirausahaan bagi pemuda-pemudi serta ibu-ibu rumah tangga. Acara selanjutnya yaitu bakti sosial berupa pembagian sembako meliputi beras, pakaian, minyak goreng, susu, mie instan, alat tulis dan buku bacaan.

G. Anggaran Dana

1. Pemasukan
• Uang program kerja = Rp 2.500.000
• Sumbangan Dekanat = Rp 2.000.000
• Sumbangan Dosen = Rp 1.000.000
• Sumbangan Mahasiswa = Rp 1.500.000
Total pemasukan = Rp .7.000.000

2. Pengeluaran
• Transportasi:
Sewa mobil bus ¾ = Rp 800.000
Sewa mobil Avanza = Rp 500.000

• Konsumsi
Nasi bungkus 100 dus x Rp 25.000 = Rp 2.500.000
Aqua 5 dus x Rp 15.000 = Rp 75.000
Snack = Rp 100.000

• Cinderamata
Pakaian 50 pcs x Rp 30.000 = Rp 1.500.000
Sembako = Rp 1.000.000
Alat tulis dan buku = Rp 500.000

• Dokumentasi = Rp 200.000
Total pengeluaran = Rp 6.175.000

Related posts: