Masyarakat Madani : Ciri, Unsur, Karakteristik, Contoh

Posted on

Masyarakat Madani – Hallo sobat pembaca dosenpintar.co.id yang semakin pintar. Mau tanya nih, sudah pernah mendengar kata madani belum? atau istilah yang berkaitan dengan kata tersebut seperti masyarakat madani misalnya, atau bahkan anda sedang bingung, apa itu masyarakat madani sebenarnya.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian masyarakat madani, pengertian masyarakat madani menurut para ahli, apa saja pilar, unsur, dan karakteristik yang membentuknya, serta ciri-ciri masyarakat madani itu sendiri. Langsung aja yuk kita simak artikel berikut ini. Check it out.

pengertian masyrakat madani

Pengertian Masyarakat Madani

Sobat pembaca, perlu diketahui sebenarnya kata madani berasal dari bahasa arab yang artinya beradab, dalam bahasa inggris kata itu ditulis sebagai civil atau civilized. Nah, istilah masyarakat madani sendiri adalah terjemahan dari kata civilized dalam bahasa inggris tadi yang berarti masyarakat yang telah memiliki peradaban. Sampai disini sobat pembaca pasti paham.

Sebelum lebih lanjut membahas tentang masyarakat madani, ada baiknya kita mengetahui pengertian tentang masyarakat itu sendiri. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa masyarakat merupakan sekelompok manusia dalam sistem semi terbuka atau semi tertutup yang sebagian besar anggota kelompoknya saling berinteraksi dalam kelompok tersebut. Lalu masyarakat madani sendiri? Baiklah, penulis akan menyebut secara rinci melalui daftar isi berikut ini, yang tentunya akan membuat sobat sekalian lebih mudah dalam memahaminya.

Kalau tadi kita sudah membahas tentang pengertian masyarakat madani, kali ini lebih jauh ?kita akan membahas pengertian tersebut menurut para ahlinya.?

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Ahli

  1. Syamsudin Haris

    Syamsudin Haris berpendapat, bahwa masyarakat madani adalah suatu lingkup dalam sosial yang berada di luar pengaruh suatu Negara dan model yang tersusun dari suatu lingkungan masyarakat yang paling akrab seperti keluarga, asosiasi sukarela, gerakan masyarakat, dan sebagainya.

  2. Ernest Gellner

    Sedangkan Ernest Gellner, mendefinisikan civil society (masyarakat madani) ialah sebagai masyarakat yang terdiri dari berbagai institusi non-pemerintah yang otonom sekaligus cukup kuat untuk dapat mengimbangi Negara.

  3. Cohen dan Arato

    Beda halnya dengan Cohen dan Arato, masyarakat sipil (masyarakat madani) diartikan sebagai suatu wilayah yang melakukan interaksi sosial dalam ekonomi, politik, dan juga Negara yang di dalamnya terdapat semua kelompok sosial yang saling bekerja sama untuk membangun ikatan sosial di luar lembaga resmi, menggalang solidaritas tentang kemanusiaan, dan mengupayakan pada kebaikan bersama.

  4. Muhammad AS Hikam

    Lain lagi dengan Muhammad AS Hikam, beliau berpendapat bahwa masyarakat madani merupakan semua masyarakat yang terdapat di wilayah kehidupan sosial yang terorganisir dengan ciri-ciri terdapat kesukarelaan antar anggotanya, ke-swasembadaan, ke-swadayaan, dan juga kemandirian yang tinggi di hadapan Negara, dan terikat oleh norma serta nilai hukum yang diikuti oleh semua warganya.

Nah, selesai gais bahasan masyarakat madani menurut para ahli, lanjut ke bawah yuk, akan kita kulik ciri-ciri masyarakat madani beserta unsur-unsur apa saja yang terdapat di dalamnya.

Ciri-ciri Masyarakat Madani

Sobat pembaca, merangkum rujukan pada Bahmuller (1997) terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat dipahami dari masyarakat madani, yakni :

  • Sudah adanya integrasi oleh para individu-individu dan juga kelompok-kelompok eksklusif ke dalam lingkungan masyarakat melalui kontrak sosial dan juga aliansi sosial.
  • Sudah adanya penyebaran kekuasaan, sehingga untuk kepentingan yang mendominasi dalam suatu masyarakat dapat dikurangi oleh kekuatan yang bersifat alternatif.
  • Sudah terjalin jembatan kepentingan antar individu dan negara karena keanggotaan suatu organisasi volunter bisa memberikan masukan terhadap keputusan yang dibuat oleh pemerintah.
  • Sudah meluasnya ikatan kesetiaan (loyalty) dan juga kepercayaan (trust) sehingga individu bisa mengakui keterkaitannya dengan individu lain dan juga tidak mementingkan atau memikirkan diri sendiri (individualis).
  • Sudah adanya pembebasan masyarakat melalui kegiatan yang bersifat lembagalembaga sosial dengan berbagai pandangan (perspektif).

 

Unsur-Unsur Masyarakat Sipil (Madani)

Jika kita tadi membahas tentang ciri-ciri masyarakat madani, sekarang kita beralih ke unsur-unsur yang menyebabkan terbentuknya masyarakat madani. Check it out.

  1. Wilayah Publik Yang Luas

    Unsur pertama yang menyebabkan terbentuknya masyarakat madani adalah wilayah public. Mengapa demikian, karna wilayah merupakan sarana untuk menyampaikan aspirasi seluruh warga masyarakat dimana para warga memiliki hak dan posisi yang sejajar untuk melakukan transaksi politik dan juga sosial tanpa adanya ancaman dari pihak luar.

  2. Adanya Demokrasi

    Sedangkan unsur kedua yang membentuk masyarakat madani adalah adanya demokrasi. Demokrasi merupakan syarat yang mutlak harus dipenuhi agar keberadaan para warga masyarakat sipil dapat terbentuk secara murni. Demokrasi juga merupakan suatu sistem sosial dan politik yang bersumberkan serta dilaksanakan oleh para warga negara untuk kepentingan seluruh masyarakat.

  3. Adanya Toleransi

    Unsur pembentuk selanjutnya adalah toleransi. Toleransi merupakan suatu sikap yang saling menghormati dan juga saling menghargai antar kelompok dan individu di dalam tubuh masyarakat yang bertujuan untuk dapat menghindari terjadinya diskriminasi antar warganya.

  4. Adanya Pluralisme

    Nah unsur berikutnya adalah pluralisme. Pluralisme merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam masyarakat madani. Pluralisme merupakan suatu pengakuan dan penerimaan dari masyarakat tentang adanya kemajemukan serta keberagaman di dalam lingkungan masyarakat. Sikap itu juga dapat disertai dengan adanya sikap yang tulus untuk menerima perbedaan sebagai sesuatu yang dapat dialami dan juga bernilai positif.

  5. Adanya Keadilan Sosial

    Nah gais, unsur terakhir pembentuk masyarakat madani adalah sudah adanya keadilan sosial. Dalam konteks keadilan sosial merupakan keseimbangan dan pembagian yang dilakukan secara proporsional atas hak dan kewajiban setiap para anggota masyarakat dalam bermacam-macam bidang kehidupan, antara lain politi, ekonomi, ilmu pengetahuan dan juga kesempatan.

Hmmm… masih lanjut ya, sobat pembaca belum mengenal kan apa saja pilar penegak dalam masyarakat madani? Berikut ulasannya.

Pilar Penegak Masyarakat Madani

  1. Pers

    Pers merupakan suatu institusi yang bersifat independen dan memiliki fungsi sebagai suatu kontrol sosial yang di dalam pelaksanaannya bisa mengkritisi, menganalisis, dan serta mempublikasi kebijakan yang dilakukan pemerintah. Selain itu juga, pers merupakan wadah dalam menyampaikan suatu informasi yang terkait dengan aspirasi masyarakat dan terkait dengan berita yang transparan dan objektif.

  2. Supremasi Hukum

    Supremasi hukum merupakan jaminan dan pelindung bagi setiap warga negara yang tunduk terhadap hukum Negara. Dengan kata lain, warga negara dilindungi oleh hukum Negara baik dalam bentuk penindasan yang dilakukan oleh individu, maupun oleh suatu kelompok masyarakat.

  3. Lembaga Swadaya Masyarakat

    Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan lembaga independent yang memiliki tugas untuk membantu masyarakat dan memperjuangkan aspirasi serta kepentingan masyarakat yang telah mengalami penindasan, baik oleh individu maupun kelompok.

  4. Perguruan Tinggi

    Perguruan tinggi merupakan wadah bagi kekuatan sosial yang di dalamnya bergerak dalam kanal moral porce untuk menyampaikan segala aspirasi dan mengkritisi seluruh kebijakan pemerintah. Namun, di dalam pelaksanannya harus pula sesuai dengan kanal yang benar dan juga objektif bagi kepentingan masyarakat.

  5. Partai Politik

    Partai politik merupakan salah satu syarat bagi terbentuknya masyarakat madani, dimana partai politik berguna sebagai tempat untuk setiap warga negara agar dapat mengekspresikan seperti apa pandangan politiknya.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Masyarakat Madani. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Related posts:
Baca Juga :  Lengkap, Arti dan Makna lambang Burung Garuda Pancasila