Nama Surga Dan Neraka Beserta Artinya Lengkap

Posted on

Nama Surga dan Neraka Beserta Artinya – Hai sahabat dosenpintar.co.id, di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri, maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Nama Surga Dan Neraka Beserta Artinya Lengkap. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah.

Nama Surga Dan Neraka

1. Nama-Nama Surga dan Tingkatannya

Menurut sumber Al-Qur’an surga ternyata ada banyak, nama-namanya pun berbeda sesuai dengan tingkatannya. Berikut adalah nama-nama surga beserta tingkatannya:

1.1 Surga Firdaus

Surga Firdaus merupakan surga yang pertama yang posisinya berada paling atas. Surga Firdaus diciptakan dari emas merah, dan diperuntukkan untuk orang-orang yang khusyu shalatnya dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan/perkataan yang tidak berguna, aktif dalam kegiatan yang terkandung dalam Al-Qur’an seperti menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, serta menunaikan apa yang menjadi amanah untuk dirinya, selalu menepati janji dan menjaga shalatnya.

1.2 Surga ‘Adn

Surga ‘Adn merupakan surga yang berada di tingkat kedua. Surga ‘Adn diciptakan dari intan putih, dan dikhususkan untuk orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, orang-orang yang berbuat baik, serta orang-orang yang penyabar(dalam menghadapi cobaan dan rintangan).

1.3 Surga Na’im

Surga Na’im merupakan surga yang berada di tingkat ketiga. Surga Na’im diciptakan dari perak putih, dan dikhususkan untuk orang-orang yang bertakwa kepada Allah dengan sungguh-sungguh, tanpa mencampurinya dengan urusan duniawi.

Baca Juga :  √ Passing Grade USU 2019/2020 : Daya Tampung Peminatnya

1.4 Surga Ma’wa

Surga Ma’Wa merupakan surga yang berada di tingkat keempat. Surga Ma’wa  diciptakan dari jamrud hijau, dan diperuntukkan untuk orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh.

1.5 Surga Darussalam

Surga Darussalam merupakan surga yang berada di tingkat kelima. Surga Darussalam diciptakan dari yakut merah, dan di khususkan untuk orang-orang yang mempertahankan iman dan islamnya terhadap Allah.

1.6 Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamah merupakan surga yang berada di tingkat keenam. Surga Darul Muqamah diciptakan dari permata putih, dan dikhususkan untuk orang-orang yang selalu bersyukur kepada Allah sebagaimana disebutkan di dalam surat Fahir ayat 35.

1.7 Surga Al-Maqamul Amin

Surga Al-Maqamul Amin merupakan surga yang berada di tingkat ketujuh. Surga Al-Maqamul amin diciptakan dari permata putih, dan dikhususkan untuk orang-orang yang bertakwa. Disini merupakan tempat dimana orang yang berada didalamnya tidak ada ketakutan dan kekhawatiran sama sekali dalam hatinya.

1.8 Surga Khuldi

Surga Khuldi merupakan surga yang berada di tingkat kedelapan. Surga Khuldi diciptakan dari marjan merah dan kuning, dan dikhususkan untuk orang-orang yang selalu menjalani perintah Allah, dan menjauhi laranganya.

 

2. Nama-Nama Neraka dan Tingkatannya

Sesungguhnya Allah menciptakan neraka pada hari ahad, dimana neraka tersebut memiliki tujuh pintu atau tujuh tingkatan. Berikut adalah nama-nama neraka dan tingkatannya

2.1 Neraka Hawiyah

Neraka Hawiyah merupakan neraka yang berada di paling bawah (dasar) dan merupakan neraka yang paling mengerikan. Neraka Hawiyah ditempati oleh orang-orang munfaik dan orang kafir (termasuk keluarga Fir’aun).

2.2 Neraka Jahim

Neraka Jahim merupakan neraka yang berada di tingkat keenam. Neraka Jahim dihuni oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah.

Baca Juga :  Ukuran Kertas F4 : dalam CM, Inci, MM, di Microsft Word

2.3 Neraka Saqar

Neraka Saqar merupakan neraka yang berada di tingkat kelima. Neraka Saqar dihuni oleh orang-orang yang tidak melaksanakan shalat, tempat orang yang menyembah selain Allah (berhala atau patung-patung yang dibuat bangsanya sendiri).

2.4 Neraka Ladzo

Neraka Ladzo merupakan neraka yang berada ditingkat keempat. Neraka Ladzo ditempati oleh iblis laknatullah beserta orang-orang yang mengikutinya serta orang-orang yang termakan rayuannya.

2.5 Neraka Hutamah

Neraka Hutamah merupakan neraka yang berada ditingkat ketiga. Neraka Hutamah dihuni oleh orang-orang yahudi beserta pengikutnya.

2.6 Neraka Sair

Neraka Sair merupakan neraka yang berada ditingkat kedua. Neraka Sair dihuni oleh orang-orang yang tidak mau mengeluarkan zakat, serta orang-orang yang memakah harta anak yatim.

2.7 Neraka Jahannam

Neraka Jahannam merupakan neraka yang berada paling atas. Neraka Jahannam ditempati oleh kaum muslimin (umat Nabi Muhammad SAW) yang melakukan dosa besar tanpa bertaubat hingga akhir hayatnya. Sebagaimana yang dikatakan Jibril kepada Muhammad :”Hai Muhammad! Pintu neraka jahannam ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat.

 

Demikianlah artikel mengenai Nama Surga Dan Neraka Beserta Artinya Lengkap. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatannya ya. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts:
Bagikan Artikel :