√ Nilai sosial : Penertian dan Jenisnya

Posted on

Pengertian Nilai sosial

Nilai sosial lalhir sebagai sebagian dari kebutuhan manusia sebagai makhluk hidup social yang diciptakan dan sisepakati bersama unttuk mencapat ketentraman dan kenyamanan hidup bersama orang lain. Nilai social sebagai alat ukur bagi manusia untuk mengendalikan beragam kemauan manusia yang selalu berbah dalam berbagai situasi. Diharapkan manusia akan memiliki gambaran tentang apa yang baik dan apa yang buruk, mana yang boleh dan mana yang di larangnilai social yang hidup langgeng akan mempu menjadi system nilai budaya.

√ Nilai sosial : Penertian dan Jenisnya

Beberapa pengertian nilai social menurut para ahli;

  1. Kimball young, nilai social ialah asumsi-asumsi abstrak dan sering tidak disadari mengenai apa yang benar dan apa yang penting.
  2. Woods, nilai social ialah petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama mengarahkan tingkah laku dalam kehudupan sehari-hari
  3. Robert MZ Lawang, nilai social ialah gambaran mengenai apa yang diinginkan yang pantas berharga yang memengaruhi peerilalku social orang yang memiliki nilai itu.
  4. Pepper,, nilai social ialah segala sesuatu mengenai yang baik atau yang buruk

Jenis nilai social

Nilai social yang sangat beragam dan komplek yang ada di msyarakat, dapat diklasifikasikan menurut jenisnya sendiri. Beberapa jenis nilali social yang ada dalam masyarakat dapat dibedakan sebagai berikut:

  • Nilai social menurut prof.Notonegoro

Menurut notonegoro, nilai social dibedakan menjadi 3 macam:

Baca Juga :  √ Langkah-Langkah Dalam Metode Ilmiah
  1. Nilai material : niali yang tekandung dalam ateri suatu benda yang berguna bagi kehidpan manusia. Sebagai contoh; bahan bangunan, yang berguna untuk membuat ruah bedung beringkan,sekolahd dan yang lainya.
  2. Niai vial : sesuatu yang berguna bagi manusia agar dapat melakukan aktivias atau kegiatan dalam kehidupan nya. Misalnya, computer sebagai alat teknologi canggih yang membantu kegiatan administrasi di perkantoran.
  3. Nilai spiritual atau rohani : suatu hal yang berguna untuk kebutuhan rohani.

  • Nilai social berdasarkan intensitasnya

Nilai-nilai social kadang-kadang ada yang banyak atau sering dianut oleh masyarakat, da nada pula yang sedikit atau jarang dianut oleh anggota masyarakat. Misalnya saja di daerah pedesaan, maka nilai gotongroyong adalah salah satu nilai yang banyak dianut oleh masyarakat, dan sebaliknya, nilai-nilai individualitis, persaingan bebas adalah nilai-niali yang jarang diikuti olelh kebanyakan orang yang hidup di daerahh pedesaan. Kedua nilai tersebut kita namakan saja nilai yang dominan dan nilai-nilai yang tidak dominan.

Nilai-nilai dominan adalah nilai yang diutamakan dari pada nilai-nilai lainya. Adapun ciri-ciri nilai cominan adalah banyak orang yang menganut nilai tersebut, lamanya nilai itu dirasakan oleh para anggotanya, tingginya usaha untuk mempertahankan nilai itu tingginya kedudukan orang membawakan nilai tersebut.

  • Nilai social menurut Kluckhon

Menurut c.kluckhon, nilai social pada masyarakat mendasarkan pada lima maslah pokok, diantaranya ;

  1. Nilai hakikat hidup manusia

Masyarkat yang dianggap hidup itu baik, buruk atau hiudp buruk tetapi berusaha untuk mengubah menjadi hidup yang baik

  1. Nilai hakikat karya manusia.

Msyarakat yang menganggap karya manusia untk memungkinkan hidup, memberikan kedudukan yang terhormat atau sebagai gerak hidup untuk menghasilkan karya lagi

  1. Nilai kakikat kehidupan manusia dalam ruang dan waktu.

Masyarakat yang memandang pentin berorientasi mas lampau, masa sekarang atau masa mendatang.

  1. Nilai hakikat hubungan manusia dengan alam sekitar nya, masyarakat yang memandang alam sebagai suatu hal yang dahsyat , suatu yang bisa dilawan manusia atau berusaha mencari keselarasan dengan alam.
  2. Niai hakikat manusia dengan sesamanya, masyarakat yang lebih medahulukan hubungan vertical antara manusia dengan sesamanya, hubungan horizontal anatara manusia dengan sesamnya aau bergantung dengan orang lain adalah tindakan tidak benar

Dari penjelasan diatas tentang nilai social tersebut, maka nilai social sangat penting bagi manusia karena sangat memberikan pengaruh bagi sikap dan juga perilaku manusia.

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Nilai sosial : Penertian dan Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √Konsep Dasar Sosiologi (LENGKAP)
Baca Juga :  √Pengertian Sosiologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Baca Juga :  √Tokoh Perintis Sosiologi : Aguste Comte, Karl Marx, Emile Durkheim, Max weber
Baca Juga :  √Peristiwa Besar Yang Mengisi Lahirnya Sosiologi : Revolusi Politik, Ekonomi

Related posts: