Norma Kesusilaan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Posted on
Rate this post

Norma Kesusilaan – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai norma kesusilaan. Yuk simak langsung mengenai norma kesusilaan beserta ulasan lengkapnya di bawah ini

 

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan memiliki arti sebagai aturan sosial yang mengatur tentang cara manusia berperilaku secara umum yang bersumber dari hati nurani manusia itu sendiri. Norma kesusilaan terdiri dari dua kata, yaitu norma yang memiliki arti aturan atau pedoman untuk mengatur. Sedangkan kesusilaan adalah sikap atau peraturan hidup. Jadi, norma kesusilaan dapat didefinisi sebagai peraturan sosial yang bersumber dari hati nurani manusia yang membentuk akhlak seseorang  ,norma kesusilaan juga disebut sebagai norma moral, sehingga seseorang yang melanggar disebut sebagai orang yang tidak bermoral atau asusila.

Tujuan Norma Kesusilaan

Mengacu pada pengertian norma kesusilaan yang mengatur tentang cara berperilaku yang bersumber dari hati nurani manusia itu sendiri, menjadikan tujuan norma tersebut adalah agar setiap individu memiliki nilai-nilai kemanusiaan dan sifat kesusilaan yang baik, sehingga keharmonisan hubungan antar manusia dapat terwujud.
Selain itu juga, norma kesusilaan dapat menjadi petunjuk bagi manusia tentang cara bersikap dan bertingkah laku di dalam bermasyarakat yang baik.

 

Ciri-Ciri Norma Kesusilaan

Adapun ciri-ciri norma kesusilaan yang bisa kita ketahui, diantaranya :

  1. Norma kesusilaan bersumber dari hati nurani manusia.
  2. Norma kesusilaan sifatnya lokal dalam suatu masyarakat tertentu dan tidak abadi.
  3. Seseorang yang melanggar norma kesusilaan akan mendapatkan sanksi yang bersifat individu, yaitu dikucilkan dari masyarakat, merasa malu dan penyesalan batin.
Baca Juga :  Makalah Proposal : Pengertian dan Contoh

 

Manfaat Norma Kesusilaan

Seperti pengertian diatas, bahwa norma kesusilaan mengatur tentang cara berperilaku yang bersumber dari hati nurani manusia, maka norma kesusilaan memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk memberikan petunjuk tentang cara bersikap dan bertingkah laku dalam memutuskan hal-hal yang harus dilakukan, dihindari atau ditentang, sehingga norma ini bersifat universal dan ditujukan bagi semua manusia yang hidup di dunia ini.

 

Contoh norma kesusilaan

Banyak contoh yang bisa kita temukan tentang norma kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dibawah ini, yaitu :

1. Jujur dalam bertingkah laku dan bersikap

Bukan hanya dalam berbicara saja kita harus jujur, tetapi juga dalam bertingkah laku dan bersikap. Contohnya saat kita menemukan suatu barang milik orang lain yang tertinggal di suatu tempat. Orang yang memiliki sikap jujur dalam bersikap dan bertingkah laku pasti akan berusaha mengembalikan barang itu kepada pemiliknya.

2. Mengucapkan tolong, terimakasih dan maaf

Pada umumnya ketika kita meminta bantuan pada orang lain, kita akan mengucapkan kata tolong. Begitupun saat kita menerima sesuatu pemberian orang lain, kita akan mengucapkan kata terimakasih. Dan saat melakukan kesalahan, tentu kita akan meminta maaf. Dengan mengucapkan ketiga kata tersebut, kita akan dipandang orang lain dengan baik.

3. Menghargai dan menghormati orang lain

Norma kesusilaan mengajarkan cara menusia dalam bergaul pada sesama manusia lainnya. Secara umum, orang yang lebih tua akan lebih dihormati dan dihargai oleh orang yang lebih muda. Selain itu, saat kita berbicara atau menyampaikan pendapat kepada orang lain juga harus disesuaikan apakah dengan orang yang lebih tua atau orang yang sebaya. Semua itu diatur dalam norma kesusilaan.

Baca Juga :  Gambar Bunga Cantik dan Indah Lengkap

4. Berpakaian dengan baik sesuai tempat dan situasi

Cara berpakaian merupakan salah satu bentuk norma kesusilaan dan dapat juga menunjukkan kepribadian orang tersebut. Saat kita menghadiri acara resmi, tentunya kita harus memakai pakaian resmi yang sopan. Dan saat kegiatan santai, kita bisa memakai pakaian yang kasual. Dengan berpakaian yang baik sesuai tempat dan situasi, orang lain juga akan melihat bahwa kita memiliki norma kesusilaan yang baik.

Demikianlah artikel mengenai Norma Kesusilaan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.co.id dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Bagikan Artikel :