√ Passing Grade UIN Walisongo 2019 : Daftar Jurusan, Sejarah Beserta Pengertiannya

Posted on

Pengertian

Universitas Islam Negeri Walisongo (disingkat UIN Walisongo) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

√ Passing Grade UIN Walisongo 2019 : Daftar Jurusan, Sejarah Beserta Pengertiannya

Sejarah

Sekarang IAIN Walisongo telah resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sejak ranggal 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN yang lain, yaitu UIN Palembang dan juga UIN Sumut. Peresmian dan juga penandatanganan prasati dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.[1] UIN Walisongo secara resmi berdiri tanggal 6 April 1970 melalui Keputusan Menteri Agama RI (KH. M. Dachlan) No. 30 dan 31 tahun 1970. Pada awal berdirinya, Perguruan Tinggi Agama Islam ini mempunyai 5 fakultas yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah, yaitu Fakultas Dakwah di Semarang, Fakultas Syari’ah di Bumiayu, Fakultas Syari’ah di Demak, Fakultas Ushuluddin di Kudus dan juga Fakultas Tarbiyah di Salatiga. Akan tetapi, ide dan upaya perintisannya sudah dilakukan sejak tahun 1963, melalui pendirian fakultas-fakultas Agama Islam di beberapa daerah tersebut yang dilakukan secara sporadis oleh para ulama sebagai representasi pemimpin agama dan juga para birokrat santri.

Keberadaan UIN Walisongo awalnya tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan masyarakat santri di Jawa Tengah akan terselenggaranya lembaga pendidikan tinggi yang menjadi wadah pendidikan pasca pesantren. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa Jawa Tengah adalah daerah yang memiliki basis pesantren yang sangat besar. Dengan demikian di satu sisi lembaga pendidikan tinggi ini harus mampu memposisikan diri sebagai penerus tradisi pesantren, sementara di sisi lain ia harus memerankan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang melakukan diseminasi keilmuan, sebagaimana layaknya perguruan tinggi.

 Nama besar ini menjadi simbol dan sekaligus spirit bagi dinamika sejarah perguruan tinggi agama Islam terbesar di Jawa Tengah ini. Tentu dalam bentangan sejarahnya, UIN terlibat dalam pergulatan meneruskan tradisi dan juga cita-cita Islam inklusif ala walisongo, sembari melakukan inovasi agar kehadirannya dapat secara signifikan berdaya guna bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan secara nyata berkhidmah untuk membangun peradaban umat manusia.

Perkiraan passing grade UIN WALISONGO SEMARAN

Komunikasi dan Penyiaran Islam (26%)

Bimbingan Dan Penyuluhan Islam (28%)

Manajemen Dakwah (25%)

Pendidikan Agama Islam (30%)

Pendidikan Bahasa Arab (32%)

Kependidikan Islam (33%)

Aqidah Filsafat (28%)

Tafsir Hadits (25%)

Perbandingan Agama (27%)

Tasawuf dan Psikoterapi (29%)

Pendidikan Guru MI (33%)

Siyasah Jinayah (Hukum Politik dan Pidana Islam) (29%)

Muamalah (Hukum Ekonomi Islam) (29%)

Ekonomi Islam (34%)

D3 Perbankan Syari’ah (22%)

Ahwalus Syahsiyah (Hukum Perdata Islam) (31%)

Ilmu Falak (27%)

Baca Juga :  √ Passing Grade UGM ( Universitas Gadjah Mada ) 2019 : Fakultas, Jurusan, Akreditas, Organisasi, Aktifitas

Pengembangan Masyarakat Islam (30%)

Pendidikan Guru RA (21%)

S1 Perbankan Syariah (36%)

Akuntansi Syariah (37%)

demikianlah artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √ Passing Grade UIN Walisongo : Daftar Jurusan, Sejarah Beserta Pengertiannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Passing Grade UNNES 2019 : Program Studi, Sejarah, Pengertian
Baca Juga :  √ Passing Grade UNDIP 2019 : Program Studi, Pengertian, Sejarah
Baca Juga :  √ Passing Grade Institut Seni Indonesia Surakarta ( ISI Solo ) 2019
Baca Juga :  √ Passing Grade UNS 2019 : Fakultas Beserta Jurusannya
Related posts: