Pencak Silat: Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Tehnik

Posted on

Pencak Silat – Halo sobat setia dosenpintar.co.id. Pada artikel kali ini saya akan mengulas tuntas mengenai Pencak Silat: Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Tehnik. Oleh karena itu langsung aja sobat simak artikelnya di bawah ini yuk.

pengertian pencak silat
 

Pengertian Pencak Silat

Temen-temen mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Lantas apa sih pencak silat itu?Yaitu salah satu jenis bela diri yang termasuk dalam permainan tari. Istilah Pencak silat sendiri berasal dari dua kata, yakni “pencak” yang memiliki arti gerakan dasar bela diri yang terikat dengan suatu peraturan dan kata “silat” yang merujuk pada istilah seni bela diri ini di kawasan Asia Tenggara.
 

Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pencak silat menurut para ahli antaralain :

  • Menurut Boechori Ahmad

    Menurut beliau pencak merupakan fitrah manusia untuk membela dirinya sendiri. Adapun silat menjadi sebuah unsur yang menghubungkan gerakan serta pikiran.

  • Menurut Hasan Habudin

    Sedangkan menurut beliau, pencak merupakan seni bela diri yang diperagakan secara teratur, sementara silat sendiri merupakan inti sari dari pecak tidak dapat diperagakan. Pencak silat dalam suku Madura diartikan sebagai bergerak tanpa aturan sambil meloncak, dimana pemain berloncat kian kemari seperti kilat.

  • Menurut Soetardjonegoro

    Adapun menurutnya, pencak adalah gerakan yang teratur menurut sistem, waktu, tempat dan iklim dengan selalu menjaga kehormatan masing-masing tanpa melukai perasaan. Sementara silat adalah gerakan yang berhubungan erat denngan rohani, sehinggga menghidup suburkan naluri, menggerakan hati nurani manusia, langsung menyerang kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Sejarah Pencak Silat

Pencak silat pada awalnya berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu dan berperang dengan menggunakan berbagai senjata seperti parang, perisai, dan tombak. Dan bela diri ini diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, Namun belum ditentukan secara pasti siapa penemunya. Pencak silat pun terkenal ke sebagian besar masyarakat rumpun Melayu yang lebih dikenal dengan nama cekak.

Tak hanya di Melayu, pencak silat pun terkenal hingga ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Filipina. Terdapat sejarah mengenai pencak silat yang mengisahkan seorang perempuan yang mencontoh gerakan pertarungan antara harimau dan monyet. Kemudian silat berkembang dari ilmu beladiri, menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah asing.

Hingga pada akhirnya dibentuklah IPSI yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia, dan organisasi ini tercatat sebagai organisasi silat nasional tertua di dunia.
 

Unsur-Unsur Pencak Silat

Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam pencak silat antaralain :

  • Unsur olahraga
  • Unsur kesenian
  • Unsur bela diri
  • Unsur pendidikan mental kerohanian.
  • Unsur persaudaraan menuju persatuan.

 

Tujuan Pencak Silat

Adapun tujuan dari pencak silat adalah

  • Tempat menyalurkan bakat dan minat bagi generasi yang memiliki hobi olahraga terkhusus beladiri.
  • Membentuk masyarakat “Berjiwa Sehat, Berpikir Cerdas, Berprestasi”.
  • Membentuk sikap ksatria pada masyarakat, serta mendidik mereka untuk berani membela kebenaran dan keadilan, disiplin yang tinggi serta tanggung jawab lahir dan batin.
  • Mendorong dan menggerakkan masyarakat agar lebih memahami dan menghayati langsung hakikat dan manfaat olahraga Pencak Silat sebagai kebutuhan hidup.
  • Mendidik generasi muda supaya tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas, serta pengguna obat terlarang.

 

Fungsi Pencak Silat

  • Fungsi pencak silat untuk seni

    Jika dilihat dari sudut seni, dalam gerakan pencak silat terdapat keselarasan serta keseimbangan antara wirama, wirasa, dan wiraga, atau keserasian irama, penyajian teknik, dan penghayatan.

  • Fungsi pencak silat untuk bela diri

    Sementara jika dilihat dari sudut bela diri, pencak silat menggunakan seluruh bagian anggota tubuh dari ujung jari tangan, kaki sampai kepala dengan ataupun tanpa menggunakan senjata.

  • Fungsi pencak silat untuk pendidikan

    Adapun dari sudut pendidikan pencak silat memberikan kemampuan, keterampilan, dan kemantapan dalam mempertahankan dan membela diri terhadap sebuah ancaman bahaya baik dari dalam maupun luar, serta untuk menjamin keselarasan dengan alam sekitarnya.

 

Teknik Pencak Silat

Sikap Kuda-Kuda

Merupakan sikap dasar dan sikap awal dalam pencak silat dimana posisi kaki tertentu dijadikan sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang.

Sikap Pasang

Selanjutnya adalah sikap pasang. Yang mana sikap ini merupakan suatu kesiagaan untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir rangkaian gerakan.

Sikap Tangkisan

Sikap menangkis berguna untuk menahan ataupun menghindari serangan lawan. Dan terdapat beberapa sikap menangkis dalam pencak silat seperti tangkisan atas, tangkisan belah tengah, dan tangkisan luar.

Hindaran dalam Pencak Silat

Berikutnya adalah sikap menghindar, yang tentunya berfungsi untuk menghindari serangan lawan supaya tidak terkena damage.

Pukulan dalam Pencak Silat

Dalam pencak silat, pukulan dilakukan menggunakan tangan kosong sebagai komponennya. Dan segala teknik pukulan yang terdapat dalam seni bela diri pencak silat boleh digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan yang disahkan untuk diserang dalam upaya memperoleh angka.

Tendangan dalam Pendak Silat

Sama halnya seperti pukulan, tendangan juga boleh digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan dalam upaya memperoleh angka.
 

Variasi Pencak Silat

Dalam pencak silat terdapat variasi serta gabungan teknik yang dapat digunakan. Misalnya variasi pencak silat antaralain pada persiapan, pelaksaan, serta pengayaan.
 

Manfaat Pencak Silat

Manfaat yang bisa didapatkan dari seni bela diri pencak silat antaralain :

  1. Melatih kesabaran
  2. Melatih mental
  3. Melatih konsentrasi
  4. Melatih kewaspadaan
  5. Melatih kepekaan
  6. Melatih kedisiplinan
  7. Melatih kontrol
  8. Menambah pengetahuan
  9. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar
  10. Menambah daya tahan tubuh

Demikianlah artikel yang mengulas tentang Pencak Silat: Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Tehnik. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat semua dalam menambah ilmu serta wawasan. Terus pantengin dosenpintar.co.id untuk artikel-artikel lainnya.

 

Related posts:
Baca Juga :  Pengertian Bola Basket, Sejarah, Ukuran Lapangan Tehnik dan Peraturan