Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Posted on

Metode Penelitian – Dalam dunia pendidikan, apakah Anda tahu istilah metode penelitian? Bagi Anda yang sedang melakukan penelitian, Anda setidaknya harus memahami prosedur dan teknik untuk melakukan studi. Pada artikel ini, kita akan mengulas pemahaman tentang metode penelitian, tujuan penelitian, jenis penelitian, dan contoh penelitian.

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Pengertian Metode Penelitian

Metode Penelitian adalah metode yang akan digunakan pada saat penelitian. Metode penelitian ini sering dikaitkan dengan prosedur penelitian atau penelitian teknis. Itu karena ketiga hal ini saling berhubungan.

Metode Penelitian menjelaskan cara melakukan penelitian, sementara prosedur penelitianmenggambarkan alat yang digunakan untuk mengukur atau mengumpulkan data penelitian. Saat ini, sebuah penelitian mencakup prosedur dan teknik penelitian.

Kesimpulannya, metode penelitian adalah teknik untuk memecahkan masalah atau mengembangkan ilmu pengetahuan menggunakan metode penelitian.

Tujuan Penelitian

Objek penelitian adalah kalimat yang menggambarkan hasil yang diperoleh atau diperoleh setelah pencarian. Sasaran penelitian dipisahkan secara eksplisit dan jelas dari sasaran pada saat penelitian.

Beberapa sifat yang perlu dipenuhi agar tujuan penelitian dianggap baik adalah spesifik, terukur, terbatas dan dapat diperiksa dengan memeriksa hasil akhir suatu penelitian.

Tujuan umum dari penelitian ini adalah:

  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cabang ilmu baru di bidang tertentu.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cabang ilmu pengetahuan yang ada sebelumnya.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji kebenaran sains yang ada.

 

Macam-macam Penelitian

Ada beberapa jenis penelitian yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis penelitian.

  1. Penelitian eksplorasi

    Penelitian eksplorasi dilakukan jika studi tidak relevan dengan masalah yang sedang dipelajari. Subjek yang diteliti masih relatif baru dan hasil studi sintesis masih jarang dan dibahas sebelumnya.

  2. Penelitian deskriptif

    Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah sosial yang akan diteliti kemudian. Penelitian ini biasanya menggambarkan masalah berdasarkan indikator yang membentuk dasar ada tidaknya gejala atau masalah yang sedang diteliti.

  3. Penelitian eksplorasi

    Penelitian Explanatopris adalah penelitian yang menentukan apakah suatu masalah sosial memiliki hubungan dengan masalah sosial lainnya atau apakah suatu variabel memiliki hubungan dengan variabel lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan hipotesis yang diajukan oleh para peneliti.

 

Penelitian yang Dibedakan Atas Dasar Kegunaannya

  1. Penelitian murni
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, untuk menguji dan mempelajari hipotesis, atau untuk menguji teori kebenaran.
  2. Penelitian terapan
    Kegiatan penelitian ini dimaksudkan untuk memecahkan atau menemukan solusi untuk masalah dalam masyarakat tertentu. Kegunaan penelitian ini bermanfaat, terutama untuk menyelesaikan masalah yang harus segera diselesaikan.
  3. Penelitian Aksi
    Kegiatan penelitian tindakan ini bertujuan untuk memecahkan masalah dengan mengusulkan tindakan nyata untuk menciptakan solusi yang jelas untuk masalah yang dihadapi.
  4. Penelitian Kebijakan
    Penelitian kebijakan didasarkan pada data yang ada dan dapat dirumuskan dengan kebijakan tertentu. Kebijakan ini dapat berbentuk peraturan, undang-undang, keputusan dan unsur-unsur lain yang terkait dengan hukum.
  5. Penelitian Evaluasi
    Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi program, kegiatan atau bahkan kebijakan untuk campur tangan dalam masyarakat.

 

Perbedaan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif

Metode penelitian kualitatif adalah metode yang berfokus pada aspek pemahaman yang lebih dalam dari suatu masalah daripada pada itu. Penelitian kualitatif adalah penelitian deskriptif yang cenderung menggunakan analisis dan lebih jauh mengungkapkan proses maknanya.

Tujuan dari metode ini adalah untuk memahami secara luas dan mendalam masalah secara rinci tentang masalah yang diteliti.

Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang lebih sistematis, spesifik, terstruktur, dan terencana sejak awal hingga mencapai kesimpulan.

Penelitian kuantitatif menekankan pada penggunaan angka yang membuatnya lebih rinci dan lebih jelas. Selain menggunakan tabel, grafik dan diagram juga sangat mudah dibaca.

Metode kuantitatif ini mendukung beberapa metode, yaitu metode deskriptif, survei, perbandingan, penelitian tindakan, paparan dan korelasi.

Metode Penelitian Kualitatif

Merupakan metode yang berfokus pada aspek pemahaman mendalam tentang suatu masalah daripada melihat masalah untuk penelitian generalisasi. Metode penelitian ini lebih suka menggunakan teknik analisis mendalam, yang melibatkan memeriksa kasus dalam satu kasus karena metodologi kualitatif berpikir bahwa sifat masalah akan berbeda dari sifat masalah lainnya. Tujuan metodologi ini bukanlah generalisasi tetapi pemahaman mendalam tentang suatu masalah. Fungsi penelitian kualitatif memberikan kategori substantif dan hipotesis penelitian kualitatif.

 

Demikianlah artikel tentang Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif,  semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam membuat penelitian ataupun menambah ilmu serta pengetahuannya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts:
Baca Juga :  Tingkatan Manajemen