Penemu Radio : Guglielmo Marconi

Posted on

Siapakah Penemu Radio – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai siapakah penemu radio, sejarah penemuan radio, biografi sang penemu Guglielmo Marconi, serta perkembangan dari radio. Yuk langsung aja simak artikel mengenai siapakah penemu radio beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Sejarah Penemuan Radio

Radio merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik atau gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut merambat melalui udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium.

Radiasi(gelombang elektromagnetik) memiliki frekuensi 10 hertz sampai beberapa gigahertz, dan radiasi elektromagnetik, gelombang radio ini bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

Gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya terlihat. Sinyal dari gelombang radio tersebut kemudian diubah menjadi audio atau lainnya yang membawa informasi.

Meskipun kata radio itu digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara, namun transmisi gelombang tersebut digunakan buat gelombang radio, televisi, radar ataupun telepon genggam pada umumnya.

Pada tahun 1873 teori perambatan gelombang elektromagnetik dijelaskan untuk pertama kalinya  oleh JamesClerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865.

Pada 1878 orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio adalah David E. Hughes. Ia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. Hughes pun menunjukkan penemuannya ke Royal Society pada tahun 1880, namun hanya dibilang bahwa itu cuma merupakan induksi

Heinrich RudolfHertz pada tahun 1886 dan 1888, menguji teori Maxwell untuk pertama kali melalui eksperimen, menunjukkan bahwa radiasi radio memiliki semua sifat gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian) dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat dirumuskan dalam persamaan derivatif parsial yang disebut persamaan gelombang.

Baca Juga :  Nilai Nilai Pancasila dan Maknanya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sebagian besar pengguna pertama dari radio berasal dari angkatan laut, mereka menggunakan radio untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Pengguna awalnya antaralain angkatan laut Jepang yang bertujuan untuk memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima pada tahun 1901.

Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II; Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania  amerika Serikat menyampaikan Empat belas Pokok PresidenWoodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang.

Transmisi dimulai pada 1920-an, dengan popularitas pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain transmisi, transmisi point-to-point, termasuk program radio dan telepon, menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an.

 

Penemu Radio

Radio pertama kali ditemuka oleh seorang jenius bernama Guglielmo Marconi. Si jenius  ini lahir pada tanggal 25 April 1874 dan wafat pada usiannya ke 63 tahun, yaitu tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia.

Biografi Penemu Radio Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia. Marconi merupakan putra kedua dari Giuseppe Marconi, seorang pria Italia yang kaya raya yang memiliki seorang istri bernama Annie Jameson yang memiliki keturunan Irlandia.

Guglielmo Marconi menikah di tanggal 15 Juni 1927 dengan seorang perempuan bernama Maria Cristina Bezzi-Scali. Setelah menikah mereka dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Maria Elettra Elena Marconi.

IIde mengenai radio ini sendiri setelah mempelajari percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz mengenai gelombang elektromagnetik.

Marconi pun menerima paten atas alat temuannya. Setelah itu Marconi mendirikan sebuah perusahaan dan mulai memproduksi massal alat temuannya dan pertama kali dipasarkan pada tahun 1898.

Baca Juga :  Kapitalisme : Pengertian, Tokoh, Ciri dan Contoh

Pada tahun 1899, temuan Radio Guglielmo Marconi dapat mengirim pesan tanpa melalui Selat Inggris.

Sadar bahwa temuannya masih memiliki banyak kekurangan, Guglielmo Marconi terus menyempurnakan alat komunikasi radio.

Temuannya Radio Guglielmo Marconi tentunya sangat berjasa besar bagi umat manusia. Dibuktikan ketika Radio temuannya dapat memberitakan bagaimana kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut pada tahun 1909.

Perkembangan Radio

Radio hingga kini terus menerus dikembangkan agar dapat selalu digunakan oleh orang banyak.

  1. Radio AM
    Ramdio AM atau Modulasi Amplitudo, menggunakan prinsip dengan memodulasikan gelombang radio dan gelombang audio. Kedua gelombang ini sama-sama memiliki amplitudo yang konstan. Marconi mendapatkan hak paten atas telegraf nirkabel yang menggunakan 2 sirkuit
    Awalnya penggunan Radio AM hanya unutk keperluan telegram nirkabel. orang pertama yang melakukan siaran radio dengan suara manusia yaitu Reginald Aubray Fessenden. Ia melakukan siara radio pertama pada tanggal 23 desember 1900 pada jaak 50 mil (dari Cob Island ke Arlingtons,Virginia). Radio ini sudah tidak banyak digunakan dikarenakan kualitas suara yang buruk.
  2. Radio FM
    Radio FM (Modulasi Frekuensi) bekerja dengan prinsip yang serupa dengan AM. Hanya saja pada radio FM proses modulasi ini menyebabkan perbuahan pada frekuensi. Ketika radio AM umum digunakan. Armstrong pun menemukan masalah yang terletak pada jenis sinyal yang ditransmisikan. Frustasi akan segala kesulitan dalam memperjuangkan sistim FM Armstrong mengakhiri hidupnya secara tragis dengan cara bunuh diri. Namun, sang istri berhasil memperjuangkan hak-hak dari armstrong atas penemuannya. Dan akhirnya pada tahun 1960-an FM menjadi sistim yang benar-benar mapan. Dan hampir 2000 statsiun Radio FM terbesar di Amerika. FM menjadi penyokong gelombang mikro, pada akhirnya FM benar-benar diakui sebagai sistim unggulan pada bidang komunikasi.
  3. Radio Internet
    Penemuan internet mulai mengubah transmisi sinyal analog yang digunakan oleh radio konvensional. Radio internet ( dikenal juga sebagai web radio,radio streaming, dan e radio) bekerja dengan cara menstransmisikan gelombang suara lewat internet. Hampir sama dengan radio konvensional yang menggunakan gelombang pendek (Short Wave). itulah sebebnya banyak kaum ekspatriat yg menggunakan radio internet unutk mengobati rasa kangen pada negara asalanya.
  4. Radio Satelit
    Radio satelit mentansmisikan gelombang audio dengan menggunakan sinyal digital. berbeda dengan sinyal analog yang menggunakan gelombang kontinyu. Sinyal suara ditranmisikan melalui gelombang digital yang terdiri dari kode biner, perusahaan penyedia satelit radio dunia adalah worldspace yang melayani radio satelit di Amerika,Eropa,Asia,Australia,Afrika. Di indonesia, sampai tahun 2002 worldspace telah bekerja sama dengan RRI
  5. Radio berdefinisi tinggi (HD Radio)
    Radio yang dikenal juga sebagi radio digital ini bekerja dengan menggabungkan sistim analog dan digital sekaligus. Dengan begitu memungkinkan 2 stasiun digital dan analog brbagai frekuensi yang sama. Kualitas suara nya pun sama jernihnya dengan radio satelit, tetapi layanan yang ditawarkan gratis. Tetapi untuk bisa menerima siaran radio digital, pendengar harus memiliki sebuah perangkat khusus yang dapat menangkap sinyal digital
Baca Juga :  √Pengertian Sejarah Secara Umum Menurut Para Ahli (LENGKAP)

 

Demikianlah artikel mengenai siapa penemu televisi beserta ulasannya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca dosenpintar.co.id dan sampai kertemu lagi di artikel lainnya.

Related posts: