Pengertian Administrasi, Unsur, Jenis dan Fungsi

Posted on

Pengertian Administrasi – Hello para pembaca dosenpintar.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai apa itu Pengertian Administrasi menurut para ahli, tujua, fungsi, ciri dan jenis. Yuk langsung aja kita simak artikel  ulasan lengkapnya di bawah ini.

Administasi Adalah

Merupakan usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai tujuan organisasi, dapat dikatakan bahwa administrasi juga punya peranan yang sangat krusial dalam semua aktivitas pada sebuah organisasi

 

Ciri-Ciri Administrasi

  1. Adanya kelompok manusia yang terdiri dari dua individu atau lebih
  2. Adanya kerjasama
  3. Adanya proses
  4. Adanya bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  5. Mempunyai sebuah tujuan

 

Fungsi Administrasi

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Staffing (pengadaan tenaga kerja)
  4. Directing (pengarahan atau bimbingan)
  5. Coordinating (pengorganisasian)

 

Unsur – unsur Administrasi Perkantoran

Penjelasan elemen administrasi

Untuk lebih memahami setiap elemen administratif, kita perlu menguraikannya satu per satu. Berikut penjelasannya:

1. Organisasi

Memahami organisasi adalah tempat pertemuan bagi sekelompok orang untuk bekerja bersama menggunakan sumber daya yang ada. Dalam suatu organisasi ada kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan, disposisi, pembagian tugas dari upaya kolaborasi dalam upaya mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga : Pengertian Organisasi : Ciri, Unsur, Manfaat Dan Pentingnya Organisasi

2. Manajemen

Memahami manajemen adalah proses mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan dalam manajemen adalah memobilisasi semua orang dan mengarahkan semua fasilitas untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

Baca Juga :  √UNIVERSITAS SYIAH KUALA : Peminat Daya Tampung dan Program Studi

3. Komunikasi

Definisi komunikasi adalah kegiatan penyampaian informasi, baik berupa pesan, gagasan, maupun gagasan, dari satu bagian ke bagian lainnya.

4. Kepegawaian

Definisi kepegawaian adalah proses yang terkait dengan regulasi kerja di dalam organisasi. Proses kepegawaian dalam organisasi dimulai dari penerimaan, penunjukan, penempatan, orientasi, arah, pemecatan, promosi, dll.

5. Keuangan

Pemahaman tentang keuangan dalam administrasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan pembiayaan dalam hubungan kerja sama

6. Persediaan

Definisi persediaan adalah kegiatan yang terkait dengan peralatan dan peralatan yang dibutuhkan oleh organisasi. Beberapa kegiatannya adalah perolehan barang, penyimpanan barang dan perusakan barang yang tidak perlu.

7. Administrasi/ Tata Usaha

Definisi tatausaha dalam administrasi adalah kegiatan yang terkait dengan layanan operasi bisnis. Misalnya, rekaman, penyimpanan, pengiriman dan lain-lain. Secara umum, kegiatan administrasi ini disebut “pekerjaan kantor” dan dilakukan di kantor.

8. Hubungan Masyarakat

Memahami hubungan masyarakat atau hubungan masyarakat adalah bagian dari organisasi yang fungsinya untuk berinteraksi, terhubung dan bekerja sama dengan komunitas yang terkait dengan organisasi. Tujuan dari kegiatan humas adalah untuk mendapatkan dukungan penuh dari komunitas untuk organisasi secara sadar dan sukarela.

 

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa orang ahli pada bidang administrasi menjelaskan tentang definisi administrasi, diantaranya adalah :

  • Arthur Grager: administrasi adalah fungsi mengatur layanan komunikasi dan scripting suatu organisasi.
  • Sondang P. Siagian: administrasi adalah semua bentuk proses kolaboratif antara dua individu atau lebih berdasarkan rasionalitas yang dipilih untuk mencapai tujuan yang dipilih sebelumnya.
  • Ulbert: administrasi dalam arti luas didefinisikan sebagai persiapan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis, baik secara internal maupun eksternal, dengan maksud memberikan informasi dan memfasilitasi pemulihan sebagian atau total. Sedangkan pengertian administrasi dalam arti ketat dikenal dengan istilah administrasi.
  • George Terry: administrasi adalah untuk merencanakan, mengendalikan dan mengatur pekerjaan kantor, serta memobilisasi mereka yang menerapkannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  • Edwin Robinson & Willam Lefffingwell : Menjelaskan bahwa manajemen adalah cabang ilmu administrasi yang berurusan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan harus dilakukan.
Baca Juga :  √ Akreditasi UNSRAT 2019 : Fakultas dan Jurusannya

 

Demikianlah artikel tentang Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts: