Pengertian Akuntansi: Fungsi, Tujuan, Jenis-Jenis Serta Siklus Akuntansi

Posted on

Pengertian akuntansi– tentu sudah tidak asing dengan istilah tersebut istilah akuntansi berasal dari bahasa Inggris yaitu“ Accounting” yang mempunyai makna menghitung ataupun mempertanggung jawabkan, pada artikel sebelumnya kita pernah membahas mengenai Pengertian Infalasi: Penyebab dan Jenisnya , untuk artikel kali ini kita akan mangulas artikel mengenai pengertian akutansi baik secara umum ataupun menurut para ahli beserta dengan manfaat, tujuan serta bidang- bidang akutansi, baiklah mari kita bahas materi kali ini.

pengertian akutansi

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Akuntansi merupakan proses pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan, mengelola dan menyajikan informasi, transaksi ataupun kejadian yang terpaut dengan keuangan sehingga bisa di pergunakan oleh pihak lain memakainya dengan mudah di mengerti untuk membantu mengambil keputusan ataupun tujuan- tujuan lain.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pada dasarnya akuntasi terkait dengan data keuangan secara kuantitatif yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Dengan semakin baiknya akuntan yang melaksanakan proses pembuatan laporan keuangan hingga akan semakin baik pula keputusan yang akan di ambil oleh tim manajemen untuk kelangsungan perusahaan.

Berikut beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli:

  1. Samryn( 2011: 3)
    Bagi Samryn, penafsiran akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang dipergunakan untuk mengubah data dari transaksi menjadi informasi keuangan.
    Proses akuntansi ini meliputi aktivitasi pengindentifikasian, pencatatan, penafsiran dan pengkomunikasian kejadian ekonomi perusahaan kepada pengguna informasi keuangan.
  2. AICPA
    Bagi Commite on Terminology of American Institude of Public Accountants( AICPA), pengertian akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi dan kejadian yagn bersifat keuangan dengan cara yang berguna dalam bentuk satuan uang dan penginterprestasikan hasil proses tersebut.
Baca Juga :  Pengertian Koperasi

 

Fungsi akuntansi

Fungsi utama dari akuntansi di dalam perusahaan merupakan untuk mengetahui tentang informasi keuangan yang ada di perusahaan tersebut.

Di dalam laporan akuntansi dapat melihat perubahan keuangan perusahaan yang terjadi di dalam perusahaan yang terkait dengan keuntungan ataupun kerugian.

Akuntansi pula mempunyai peranan untuk memperhitungkan keluar masuknya uang yang terletak diperusahaan sehingga seseorang akuntan wajib bisa memperhitungkan segala pengeluaran yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengembangkan usahanya.

Akuntansi pula mempunyai fungsi yang vital untuk seseorang manajer dalam proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Tujuan Akuntansi

Tujuan akuntansi yaitu memberikan informasi ekonomi dari sebuah kesatuan ekonomi kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

Dalam mempersiapkan laporan keuangan wajib di buat secara akurat agar bisa di manfaatkan oleh pihak yang berkepentingan seperti tim manajemen, pengambil keputusan, pemegang saham, kreditur, dll.

Bidang dan Peran Akuntansi

Akuntan umumnya bekerja di salah satu dari 2 bidang utama. Manajemen akuntan menyediakan data serta analisis untuk pengambil keputusan dalam organisasi dalam rangka untuk membantu mereka menjalankannya. akuntan keuangan membagikan informasi kepada individu dan kelompok baik di dalam dan di luar organisasi untuk membantu mereka memperhitungkan kinerja keuangannya.

Dengan kata lain, akuntansi manajemen membantu Anda menjaga bisnis Anda berjalan sedangkan akuntansi keuangan memberitahu Anda seberapa baik Anda menjalankan itu.

  1. Manajemen Akuntansi
    Akuntansi manajemen memainkan peran kunci dalam menunjang manajer melakukan tanggung jawab mereka. Sebab informasi yang diberikannya dimaksudkan untuk digunakan oleh orang- orang yang melakukan berbagai macam pekerjaan, format pelaporan informasi fleksibel.Laporan disesuaikan dengan kebutuhan manajer individu, serta tujuan dari laporan tersebut merupakan untuk menyediakan relevan, akurat, tepat waktu dalam format yang akan menunjang manajer dalam membuat keputusan.
  2. Akuntansi Keuangan
    Akuntansi keuangan bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan- termasuk keuangan organisasi laporan laba rugi, laporan ekuitas owner, neraca, serta laporan arus- yang cash meringkas kinerja masa lalu perusahaan serta mengevaluasi keadaan keuangan saat ini.Dalam penataan laporan keuangan, akuntan keuangan mematuhi seperangkat seragam ketentuan yang disebut prinsip akuntansi yang berlaku umum( GAAP)- yang prinsip- prinsip dasar untuk pelaporan keuangan yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang disebut Dewan Standar Akuntansi Keuangan( FASB).Pengguna ingin memastikan jika laporan keuangan disusun sesuai dengan GAAP sebab mereka mau memastikan jika informasi yang dilaporkan di dalamnya akurat. Mereka pula tahu bahwa mereka bisa membandingkan laporan yang diterbitkan oleh satu industri dengan yang industri lain di industri yang sama.
Baca Juga :  √Faktor Yang Memengaruhi Permintaan: Pengertian dan Hukunya

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Akutansi beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

Related posts: