Pengertian Analisis

Posted on

Pengertian Analisis – Halo sobat dosenpintar.co.id, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan artikel tentang Pengertian Analisis : Fungsi, Tujuan dan Contohnya. Bagi sobat yang penasaran langsung aja yuk simak artikelnya sampai selesai di bawah ini.

pengertian analisis
 

Pengertian Analisis Secara Umum

Pengertian analisis yaitu penjabaran dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai macam bagian komponennya dengan maksud agar kita dapat mengidentifikasi atau mengevaluasi berbagai macam masalah yang akan timbul pada sistem, sehingga masalah tersebut dapat di tanggulangi,di perbaikan atau juga dilakukan pengembangan. Kata Analisis sendiri berasal dari kata analisa, dimana penggunaan pada kata ini mempunyai arti kata yang berbeda tergantung bagaimana sobat meletakkan kata ini.
 

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut pendapat para ahli analisis diartikan antaralain :

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

    Menurut KBBI analisis merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagaiannya serta sebagai penelaahan bagian itu sendiri/antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan juga pemahanan arti secara keseluruhan.

  • Menurut Komaruddin

    Menurut beliau, analisis yaitu suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen agar bisa mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu dengan yang lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

  • Menurut Rifka Julianty

    Analisis menurut Rifka Julianty yaitu sebuah penguraian pada pokok bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

  • Menurut Dwi Prastowo Darminto

    Sementara menurut Dwi Prastowo, analisis diartikan sebagai penguraian atas suatu pokok di berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

  • Menurut Minto Rahayu

    Analisis menurut Minto Rahayu yaitu suatu cara dalam membagi sebuah subjek ke dalam komponen-komponen. Maksudnya melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

  • Menurut Robert J. Schreiter

    Robert J. berpendapat bahwa analisis yaitu membaca teks yang melikalisasikan tanda-tanda yang menempatkan tanda-tanda itu dalam interaksi yang dinamis, serta pesan-pesan yang disampaikan.

  • Menurut Husein Umar

    Adapun menurut Husein analisis didefinisikan sebagai suatu proses kerja dari rentetan tahapan pekerjaan sebelum riset di dokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan

 

Fungsi dan Tujuan Analisis

Adapun fungsi dari analisis sendiri yaitu untuk mengumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Yang mana dapat diterapkan diberbagai jenis lingkungan dan juga keadaan. Analisis akan lebih optimal dipergunakan dalam keadaan kritis serta juga untuk keadaan yang membutuhkan strategi. Karena analisis dapat mengetahui keadaan mengenai lingkungan secara mendetail.

Sementara tujuan dari analisis yaitu untuk mengumpulkan data yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya akan digunakan dalam menyelesaikan krisis atau juga konflik, atau dapat saja hanya digunakan sebagai arsip. Analisis di dalam bidang pendidikan digunakan untuk melakukan sebuah penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.
 

Macam Jenis Analisis

Terdapat dua jenis atau macam analisis, yaitu :

  1. Analisis Logika

    Jenis yang pertama ada analisis logika, yaitu sebuah analisis yang mendasarkan pada suatu prinsip tertentu serta juga berdasarkan pada logika dan juga pembelahan yang jelas antara satu dengan yang lain.

  2. Analisis Realis

    Jenis yang kedua analisis realis, yaitu sebuah analisis yang dalam melakukan proses analisis akan menggunakan urutan benda yakni sebagai dasar pemikiran. Urutan benda tersebut didasarkan pada kesatuan atau juga sifat dasar dari benda itu sendiri.

 

Contoh Analisis

Berikut terdapat contoh analisis yang berkaitan dengan perusahaan. Dalam hal ini yang digunakan adalah analisis SWOT. SWOT merupakan kepanjangan dari strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), serta Threats (ancaman). Dari ketiga unsur ini kinerja dan juga struktur dari perusahaan tersebut akan diteliti satu persatu.

Hasil yang diperoleh dari analisis SWOT dapat digunakan untuk berbagai kepentingan perusahaan. Seperti untuk membantu mengatasi krisis internal atau juga eksternal dari perusahaan sendiri. Hasil dari analisis tersebut juga dapat dijadikan sebagai arsip serta digunakan sebagai pembanding perkembangan perusahaan, sebagai salah satu patokan untuk bisa meningkatkan kinerja kerja dan juga pengembangan produk perusahaan.
 

Perbedaan Analisis dan Analisa

Analisa dan analisis pada dasarnya memiliki makna yang sama dan tidak ada yang salah dari kedua kata tersebut. Tetapi penggunaannya saja yang harus di sesuaikan sehingga bisa menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat sasaran. Mungkin itulah titik perbedaan di antara kedua kata tersebut.

Dalam konteks ini kata analisa merujuk pada makna ketika sedang bekerja, atau bisa juga disebut sebagai kata kerja. Oleh karena itu ketika Anda sedang ingin mengungkap kata ini dalam bentuk pekerjaan atau verbal, yang di gunakan adalah kata analisa. Sementara analisis merupakan kata benda atau biasa di sebut dengan noun dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, jika Anda menyebutkan hasil analisa maka yang di gunakan tentu saja adalah kata analisis.

Itulah artikel yang mengulas tentang Pengertian Analisis : Fungsi, Tujuan dan Contohnya. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts:
Baca Juga :  Lengkap, Arti dan Makna lambang Burung Garuda Pancasila