Pengertian Atletik

Posted on

Pengertian Atletik – Halo sobat dosenpintar.co.id, Pada Artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Pencak Silat, dalam artikel kali ini kita akan membahas artikel mengenai pengertian atletik beserta sejarah dan macam-macam atletik. , Yuk langsung simak artikel berikut.

pengertian atletik
 

Pengertian Atletik Secara Umum

Atletik berasal dari bahasa Yunani, yakni Athlon yang artinya berlomba atau bertanding. Atletik juga memiliki istilah lain yang berasal dari beberapa bahasa, antara lain athletics (bahasa Inggris), Athletiek (bahasa Belanda), Athletuque (bahasa Perancis), dan Ahtletik (bahasa Jerman). Walaupun berbeda, semua ini mempunyai istilah yang sama namun artinya tidak sama dengan istilah atletik di Indonesia.

Dan diIndonesia sendiri, atletik memiliki arti sebagai cabang olahraga (cabor) yang memperlombakan nomor-nomor jalan, lari, lompat, dan lempar.
 

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli pengertian atletik antaralain :

  • Menurut Muhajir

    Pengertian atletik menurut pendapat Muhajir yaitu jenis olahraga yang tumbuh dan bisa berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berlari, melompat, berjalan dan melempar.

  • Menurut Ballesteros

    Sedangkan menurut beliau, atletik merupakan sebuah aktivitas jasmani yang terdiri dari beberapa nomor lomba yang terpisah yang berdasarkan kemampuan gerak dasar manusia misalkan berlari, berjalan, melempar dan melompat.

  • Menurut Sukirno

    Menurut pendapat Sukirno, atletik adalah induk dari semua cabang olahraga (Mother Of Sport) dan merupakan olahraga yang paling tua dari lainnya.

  • Menurut Eddy Purnomo

    Sedangkan Eddy Purnomo mengatakan bahwa atletik merupakan kegiatan atau beraktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan yang dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu adalah lari, jalan, lempar dan lompat.

 

Sejarah Singkat Atletik

Atletik berawal dari kegiatan Olimpiade yang pada waktu itu diselenggarakan di Yunani pada tahun 776 sebelum masehi. Dimana pada saat itu hanya lari atau (stade) yang menjadi satu-satunya olahraga yang diperlombahkan.

Organisasi olahraga atletik dibentuk pada abad ke 19, yang mana pada masa itu terdapat latihan yang sudah diajarkan di sekolah-sekolah di Eropa. Pada perkembangannya pada tahun 1896 olahraga atletik yang mulai diperlombakan pada event kejuaraan Olimpiade yang diikuti oleh berbagai Negara.

Negara Indonesia mulai mengenal dunia olahraga atletik pada awal tahun 1930-an, yaitu ketika Pemerintahan Hindia Belanda yang mulai mengajarkan pelajaran atletik di sekolah. Organisasi atletik pertama kali di Indonesia yang bernama Nederlands Indische Athletik Unie yang bertugas untuk mengadakan pertandingan olahraga atletik.

Kegiatan pendidikan olahraga atletik di Indonesia sempat mengalami vakum karena ada masalah dibekukan pada masa penjajahan Jepang. Namun, pada tahun 1946 dibentuk organisasi yang bernama Persatuan Olahraga Republik Indonesia yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kegiatan olahraga atletik yang ada di Indonesia.
 

Cabang Olahraga Atletik

Berikut adalah cabang olahraga yang termasuk dalam olahraga atletik, antaralain :

1. Olahraga Jalan Cepat

Yang pertama ada olahraga jalan cepat atau biasa disebut sprint. Yaitu olahraga yang mengharuskan atlet bergerak kedepan tanpa hubungan terputus dengan tanah. Dan kaki atlet harus menyentuh tanah secara bergantian. melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut harus lurus dan lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.

2. Cabang Olahraga Atletik Berlari

Berlari adalah bergerak maju cepat kedepan yang mana pada saat tertentu posisi kaki berada di udara dan tidak menyentuh tanah.

Cabang olahraga lari juga dibagi menjadi beberapa nomor lari antaralain:

  1. Lari jarak pendek adalah salah satu dari cabang olahraga atletik yang menuntut peserta untuk berlari dengan secepat dan sekuat mungkin, bertujuan untuk memenangkan suatu pertandingan dengan berbagai macam jarak tempuh, yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m.
  2. Lari jarak menengah adalah aktivitas olahraga yang dilakukan dengan cara berlari pada jarak tempuh 800 m, 1500 m, dan 3000 m yang mengharuskan Anda dapat mengatur kecepatan, stamina, serta nafas pada saat berlari.
  3. Lari jarak jauh merupakan salah satu nomor lari yang mengharuskan para pelari memiliki stamina yang banyak sertak ecepatan dalam berlari dengan jarak tempuh 5.000 m, 10.000 m, dan 42.195 km.
  4. Lari estafet merupakan salah satu nomor lari yang mana beberapa pelari dalam satu tim akan berlari secara bergantian atau beranting.
  5. Lari gawang merupakan salah satu jenis keterampilan lari cepat sambil melewati rintangan (gawang) dalam ketinggian tertentu (1,067 m).

3. Cabang Olahraga Atletik Melempar

Selanjutnya ada pula beberapa jenis olahraga melempar dalam atletik yang mana masing-masingnya menggunakan alat khusus yang dilemparkan sejauh mungkin. Berikut ini beberapa jenis cabang olahraga lempar atletik.

  1. Lempar cakram adalah salah satu nomor lomba atletik yang menggunakan sebuah benda kayu yang berbentuk piring bersabuk besi, atau bahan lain yang bundar pipih dilemparkan.
  2. Lempar lembing adalah salah satu cabor atletik dengan melempar sebuah alat seperti tombak yang bernama lembing sejauh mungkin menggunakan teknik yang baik dan benar.
  3. Lontar martil merupakan ajang kompetisi kekuatan bagi para atlet dalam melontarkan martil untuk mendapatkan jarak yang paling jauh.
  4. Tolak peluru adalah menolak bola yang terbuat dari besi atau semen sejauh-jauhnya menggunakan teknik yang baik dan benar.

4. Cabang Olahraga Atletik Melompat

Dalam atletik olahraga melompat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini penejelasan singkatnya.

  1. Lompat jangkit adalah lompat tiga atau bisa disebut triple jump, karena pelompat harus melakukan gerakan hop, step, dan jump.
  2. Lompat jauh merupakan olahraga yang mengharuskan atlet melompat ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada suatu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh mungkin.
  3. Lompat galah adalah melompat setinggi-tingginya dengan sebuah alat berupa tongkat.
  4. Lompat tinggi merupakan olahraga yang mengharuskan atlet melompat ke atas dengan mengangkat kaki kedepan atas dalam upaya membawa titik berat badan setinggi dan secepat mungkin jatuh (mendarat).

5. Cabang Olahraga Atletik Renang

Renang menjadi salah satu bentuk cabang olahraga yang mudah untuk dilakukan bagi setiap para atlet sehingga dilakukan dengan benar hal ini merupakan bentuk dari kegiatan dari sebuah cabang olah raga atletik.

6. Cabang Olahraga Atletik Taekwondo

Taekwondo masuk dalam salah satu jenis olahraga katergori cabang olahraga atletik. Hal ini tak lain dikarenakan taekwondo memiliki keunikan dan beraneka ragam gerakan sehingga olahraga taekwondo ini banyak sekali diminati oleh seseorang.

Demikianlah artikel mengenai pengertian Atletik dan Sejarahnya. Kami harap artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya

 

Related posts:
Baca Juga :  Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Peralatan, Tehnik dan cara Bermain Tenis Meja