Belajar : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Teori dan Metode

Posted on

Pengertian Belajar – Halo para pembaca setia dosenpintar.co.id. Sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian literasi dan sekarang selanjutnya pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai Pengertian Belajar,  Tujuan, Fungsi, Teori dan Metode Belajar. Mari langsung aja simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Belajar
 

Pengertian Belajar Secara Umum

Teman-teman pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “belajar” tapi teman-teman tau gak sih definisi belajar secara umum? Jadi belajar didefinisikan sebagai sebuah proses atau usaha yang menjadi dasar dalam pendidikan setiap individu. Belajar dapat membuat individu mengalami berbagai perubahan, baik dalam tingkah laku, pengetahuan, pola pikir maupun keterampilan.
 

Pengertian Belajar Menurut Ahli

Sementara menurut para ahli, pengertian belajar adalah

1. Pengertian belajar menurut Thursan Hakim

Menurutnya belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian manusia dimana perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku, pengetahuan, sikap, ataupun daya pikir

2. Pengertian belajar menurut M. Sobry Sutikno

Sedangkan menurut M. Sobry belajar adalah proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh perubahan dalam dirinya sebagai hasil dari pengalamannya dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

Baca Juga :  Passing Grade Sekolah Kedinasan 2019

3. Pengertian belajar menurut Skinner

Skinner mendefinisikan belajar sebagai suatu proses adaptasi seseorang perilaku yang bersifat progresif(belajar) melalui tingkah laku dengan proses adaptasi.

4. Pengertian belajar menurut Ernest R. Hilgard

Menurut Hilgard belajar ialah proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, dan kemudian menimbulkan perubahan yang keadaanya berbeda dengan sebelumnya, sifat perubahan ini bersifat permanen tidak akan kembali kepada keadaan semula.

5. Pengertian belajar menurut C. T. Morgan

Menurutnya belajar merupakan perubahan yang diakibatkan dari latihan (practice) atau karena pengalaman (experience).

6. Pengertian belajar menurut Hilgard & Bower

Sedangkan pengertian belajar menurut mereka adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap situsasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalan situasi tersebut.
 

Tujuan Belajar

Adapun tujuan dari adanya proses belajar antaralain :

1. Untuk Memperoleh Pengetahuan

Peningkatan pengetahuan serta pemahaman dalam menguasai materi merupakan hasil dari proses belajar. Selain menambah pengetahuan, proses belajar juga akan membuat daya pikir seseorang menjadi lebih baik lagi, sehingga orang tersebut dapat berpikir secara kritis terhadap suatu permasalahan.

2. Menanamkan Konsep dan Keterampilan

Meskipun setiap individu memiliki keterampilan yang berbeda satu sama lainnya, ketahuilah bahwa keterampilan tersebut tidak datang secara tiba-tiba. Mereka harus melalui proses belajar agar dapat mengasah keterampilan tersebut.

3. Membentuk Sikap

Selain dua hal diatas, belajar juga bisa membentuk sikap atau pribadi seseorang. Dengan melalui proses pembelajaran, seseorang mampu menumbuhkan kesadaran dalam dirinya, sehingga membentuk sifatnya seperti sekarang ini.
 

Teori Belajar

Setelah memahami tujuan belajar selanjutnya adalah mempelajari jenis jenis teori belajar yang baik dan benar disini kita akan membahas 3 Teori Belajar yang efektif dan efisien

1. Teori Belajar Kognitivisme

Teori ini menekankan bahwa belajar merupakan suatu proses yang terjadi dalam akal pikiran manusia. Teori ini mengakui pentingnya faktor individu dalam proses belajar tanpa meremehkan faktor eksternal atau lingkungan. Teori ini mengatakan bahwa belajar merupakan hasil interaksi yang terus menerus antar individu dan lingkungan melalui proses asimilasi dan akomodasi.

Baca Juga :  Media Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuan

2. Teori Belajar Konstruktivisme

Sementara teori ini didefinisikan bahwa pembelajaran itu bersifat generatif, yang artinya tindakan menciptakan suatu makna dari apa yang telah dipelajari.  Teori konstruktivisme memahami belajar sebagai kegiatan yang bersifat mekanistik. Teori ini lebih memahami belajar sebagai kegiatan membangun atau menciptakan pengetahuan dengan memberi makna pada pengetahuannya sesuai dengan pengalam.

3. Teori Belajar Behaviorisme

Adapun teori behaviorisme merupakan teori perkembangan perilaku yang dapat diukur, diamati, dan dihasilkan oleh respon pelajar terhadap rangsangan. Teori ini lebih mengutamakan perubahan tingkah laku individu sebagai akibat adanya stimulus dan respon. Yang artinya belajar merupakan perubahan yang dialami individu/seseorang dalam hal kemampuan yang bertujuan merubah tingkah laku.
 

Cara Belajar yang Baik

Lantas jika sudah memahami dan mempelajari teori belajar diatas selanjutnya bagaimana sih cara belajar yang baik dan benar? Berikut adalah langkah-langkah dalam belajar yang baik, antaralain :

1. Pahami dengan baik apa yang perlu Anda pelajari

Kamu harus memahami dan memikirkan terlebih dahulu apa yang harus diutamakan, dengan begitu pola belajar kamu akan lebih teratur, dan target yang ingin dipelajari tercapai secara terstruktur.

2. Atur jadwal belajar Anda

Kamu harus memilih waktu yang tepat untuk jadwal belajar, misalnya waktu ketika kamu sedang dalam mood dan berkonsentrasi penuh untuk belajar. Karena dengan adanya jadwal, kamu bisa belajar lebih teratur dan tidak membuang waktu secara cuma-cuma.

3. Usahakan Anda belajar di tempat yang nyaman

Kamu harus memperhatikan kondisi disekitarmu, apabila dirasa tidak nyaman untuk belajar, kamu bisa  mencari tempat belajar yang lebih nyaman seperti diluar ruangan.

4. Pahami kembali apa yang sudah dibaca atau dipelajari

Untuk dapat lebih memahami materi yang sudah dipelajari, kamu tentu harus mengulang materi tersebut dengan memperhatikan poin poin penting dari materi yang kamu baca dan pahami serta hafalkan.

5. Buatlah ringkasan atau poin penting dari bacaan atau materi Anda

Setelah langkah diatas sudah kamu lakukan, sekarang saatnya membuat sebuah catatan kecil dengan mnuliskan ringkasan/poin penting dari materi yang sudah kampu pahami dan pelajari tadi.

Baca Juga :  Pengertian Deskripsi: Jenis ,Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi

6. Istirahatlah sejenak

Kamu tidak harus belajar penuh 24 jam. Ketika kamu sedang belajar, kamu bisa luangkan sedikit waktu dengan ngemil ataupun beristirahat sebentar agar bisa fresh lagi.

7. Lakukan belajar kelompok atau berdiskusi

Jika kamu adalah orang yang sulit untuk memahami sendiri, kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bersama. Dengan melakukan belajar kelompok, dapat membangkitkan  semangat belajar.

8. Lakukan uji mandiri

Untuk melihat apakah kamu sudah menguasai materi tersebut, kamu bisa melakukan uji mandiri untuk mengukur kemampuanmu terhadap materi yang dipelajari.

9. Tidak begadang

Usahakan agar kamu tidak belajar sambil begadang, karena selain mengurangi fokus kamu juga bisa kelelahan dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

10. Kenali gaya belajar Anda

Kamu harus mengenali gaya pembelajaranmu, karena dengan gaya belajar yang sesuai bisa mempermudahmu dalam menguasai materi.

11. Fokuskan perhatian Anda pada topik yang sedang dipelajari

Supaya bisa menguasai materi yang dipelajari, kamu harus fokus pada topik yang sedang dipelajari. Kamu harus fokus terhadap apa yang sedang kamu pelajari, buang jauh-jauh pikiran yang tidak penting dan menghambat proses belajarmu.

12. Bertanyalah jika tidak paham

Apabila terdapat hal yang masih belum kamu pahami, cobalah untuk bertanya, karena jika kamu hanya berdiam diri saja maka persoalan yang sedang kamu hadapi tidak akan pernah selsesai.

 

Demikianlah artikel mengenai Belajar : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Teori dan Metode semoga artikel dan pembahasan diatas dapat membantu teman-teman dosenpintar.co.id dalam menambah ilmu serta wawasannya. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

 

Related posts: