√Pengertian Biologi dan Tingkat Objek Yang Dipelajari

Posted on

Tahukan anda apakah biologi itu? Biologi ialah ilmu tentang makhluk hidup beserta  lingkungannya. Biologi mempunyai cabang tersndiri yang mempelajari lebih sepesifik lagi tentang makhluk hidup. Manyak sekali manfaat dari mempelajari biologi. Dari uraian tersebut, ruang lingkup biologi bisa dikatakan cukup luas.

√Pengertian Biologi dan Tingkat Objek Yang Dipelajari

Kkhidupan di dunia ini dibentuk oleh struktur hierarki yang teratur. Tingkat organisasi kehidupan ini dimulai dari yang sederhana dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, system organ, individu, populasi, komunitas, sampai tingkat bioma.

  • Organisasi fungsional tingkat molekul

Kita mempelajari pelajaran kimia bahwa tingkat meteri terendah ialah proton, neutron dan electron. Partikel proton, neutron dan electron bergabung membentuk atom. Lalu atom-atom berkaitan membentuk molekul, contohnya ialah molekul air, glukosa, protein dan juga DNA. Molekul-molekul ini saling berkaitan dan juga membentuk ikatan yang lebih kompleks penysunan organel pada sel.

  • Organisasi Kehidupan Tingkat Sel

Organel dibentuk dari berbagai jenis molekul yang saling berkaitan. Organel merpakan subnit sel dengan fungsi  spesifik, contohnya ialah ribosom sebagai tempat sintesis protein. Sentesis protein adalah proses penyusunan protein, berbagai senyawa dan juga organel berinteraksi satu sama lain dan mebentuk satukesatuan yang disebut dengan sel.

  • Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

Jaringan merupakan kumpulan sel yang mempunyai bantuk serta fungsi yang sama. Kelompok sel ini mempunyai bentuk juga fungsi yang sama. Berikut ini contoh-contoh haringan pada kehidupan.

  • Jaringan pada hewan

Jaringan pada hewan terdiri dari beberapa jenis. Jaringan-jaringan tersebut diantaranya ialah jaringan epitel, jaringan otot jaringan saraf dan jaringan darah. Jaringan epitel ini terdiri dari sel-sel epitel yang saling berhubungan. Adapun jaringan darah terdiri dari sel-sel darah. Sel darah ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

  • Jaringan pada tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan juga terdiri dari berbagai jenis, jaringan yang terdapat pada rumbuhan diantaranya ialah jaringan epidermis, jaringa pnguat, jaringan pembuluh dan jaringa meristem. Jaringan epidermis merupakan jaaringan yang melapisi permukaan tumbuhan, jaringa pembuluh ini terdiri dari xylem dan juga floem.

  • Organisasi kehidupan tingkat organ dan system organ

Organ merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa jenis jaringan yang bekerja sam guna menjalankan fungsi tertentu. Misalnya ialah jaringan saraf dan juga jaringa ikat menysusn organ otak dan berja sama buna melaksanakan koordinasi.

Baca Juga :  Tut Wuri Handayani : Pengertian, Sejarah, Lambang dan Makna

Contoh organ lalinnya ialah jantung, jantung ini berperan untuk memompa daran, organ paru-paru untuk oksigen dan karbon dioksida, organ mata berfungsi untuk melihat.

System organ merupakan organ yang melakukan fungsi dan tugas saling berkaitan. System pernapasan terbentuk dari kerja sama organ hidung, laring, faring, bronkuks, trakea dan paru-paru untuk manjalankan fungsi respirasi. Pada tumbuhan, pembagian organ untuk yang melakukan spesifik dalam system organ tertentu didak dapa terlihar dengan jelas.

  • Organisasi Kehidupan Tingkat Individu

Individu dapat berupa organisme bersel uniseluler atau multiselules. Bakteri dan protozoa adalah contoh organisme bersen tunggal. Satu bakteri satu protozoa dikatan sebagai saru individu. Manusia pohon kelapa dan tanaman merpakan contoh dari organisme multiseluler.

Individu multiseluler terbentuk dari system orban –sistem organ bekerja sama dalam suatu kesehatan. Setiap system orgam memiliki kebergantungan pada sestem organ yang lainnya. Contohnya ialah pada manusia, system peredaran darah, system pernapasan, system pengeluaran dan system pencernaan, system koordinasi, system gerak dan system reproduksi memiliki saling bergantungan.

  • Organisasi kehidupan tingakt populasi

Indibudu sejenis yang berkumpul di suatu tempat tertentu pada waktu yang sama membentuk tingak  organisasi kehidupan yang disebut sebagai populasi. Murid yang berada disekolahmu juga dinamakan sebagai populasi manusia kumpulan rumput yang ada di halaman rumah juga dapat dikatakan sebagai populasi rumput, kumpulan cacaing tanah juga dinamakan poppulasi cacing.

  • Organisasi kehidupan tingakt komunitas

Di suatu daerah atau tempat pasti terdapat banyak sekali populasi. Perhatikan saja halaman rumah anda, sidana mungkin terdapat populasi rumput, populasi belalang dan populasi cacing bahkan populasi semut. Kumpulan populasi yang menmpati area yang sama dan saling berhubungan disebut komunitas.

  • Organisasi kehidupan tingakat ekosistem

Ekosistem adalah unit fungsional yang mencakup organisme dengan lingkungan yang tidak hidup dalam hubungan saling memengaruhi dan juga saling berinteraksi. Komponen ekosistem terdiri dari produsen, konsumen dan juga pengurai. Contoh pada produsen aialah rumput, dan komsumennya aialah belalang. Dan pengurainya adalah  cacing tanah.

Baca Juga :  √Ciri Protista Mirip Tumbuhan: Pengertian dan Contohnya

 

demikian artikel dari dosenpintar.co.id mengenai √Pengertian Biologi dan Tingkat Objek Yang Dipelajari, semoga artikel ini bermanfaar bagi anda.

 

Related posts: